Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Hati-hati! 5 Dosa Ini Bisa Hilangkan Pahala Puasa Ramadan

092986400 1556790912 iStock 518683040

Madingmu.com – Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan. Berpuasa bukan hanya menahan makan atau minum, melainkan suatu ibadah untuk menahan diri dari segala macam nafsu dan perbuatan dosa. Hal ini juga mencakup lisan, perbuatan, dan hawa nafsu.

Selain bernilai ibadah, Puasa Ramadan juga memiliki tujuan mulia soal perubahan diri untuk menjadi muslim yang lebih baik. Perubahan ini mencakup pengendalian diri, pengorbanan, rasa empati, dan berbuat baik untuk orang disekitar.

Akan tetapi tak bisa di pungkiri kerap kali kita secara tak sengaja melakukan hal-hal yang dianggap dosa. Meski hal itu sepele, dosa ini dapat membatalkan dan merusak nilai pahala puasa itu sendiri. Maka dari itu, penting sekali untuk mengenali hal apa saja sih yang dapat menghilangkan pahala saat puasa Ramadan. Yuk Simak informasinya dibawah ini.

  1. Berbohong Atau Berdusta

63d4bce7a5cd2

Perbuatan ini mungkin terlihat sepele dan mudah untuk terjadi. Baik dilakukan dengan tujuan kebaikan ataupun merugikan orang lain. Namun dalam ajaran Islam, berdusta atau bohong juga termasuk dalam dosa yang bisa memadamkan pahala puasa. Karena kebohongan bisa memantik perbuatan maksiat lainnya.

  1. Ingkar Janji atau Memberi Sumpah Palsu

cara menebus janji yang tidak ditepati

Dosa yang satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Selain itu, dosa ingkar janji atau memberi saksi palsu merupakan dosa yang berlipat ganda. Mengapa? Karena dosa ini bisa memantik 3 hal yang berpotensi menjadi kezaliman.

  • Orang yang ingkar janji atau mengatakan sumpah palsu telah melakukan kebohongan dan tidak menetapi kebenaran yang telah dijanjikan.
  • Memberi kesaksian atau sumpah palsu termasuk dalam fitnah.
  • Saksi palsu bisa berpotensi menindas orang lain yang tidak bersalah.
  1. Gibah

Gibah dalam Masyarakat Perkotaan

Sebagai manusia, tidak dapat di pungkiri bahwa terkadang secara tak sengaja kita akan membicarakan keburukan orang lain atau gibah. Meskipun hal ini sepele, akan tetapi termasuk dalam dosa yang dapat membatalkan puasa lho. Gibah bukan hanya tentang menggunjing orang lain saja.

Selain gibah, ada deretan dosa lisan lainnya yang juga dibenci oleh Allah SWT. Seperti bergunjing, bertengkar, mengutuk, berbicara kasar yang dapat menyakiti perasaan orang lain. Sedangkan dari kacamata sosial, gibah bisa memunculkan kebencian dan iri hati terhadap kebaikan orang lain. Hal ini bisa merusak hubungan dan suatu pertemanan.

  1. Adu Domba dan Fitnah

KNVIifjO27

Fitnah termasuk dalam tindakan keji yang dihasilkan dari lisan seseorang. Karena fitnah bisa menghancurkan kehidupan seseorang. Begitu juga dengan adu domba yang merupakan salah satu dosa besar yang berbahaya. Selain memutus tali silahturami, adu domba dan fitnah juga bisa memicu perang saudara, pertikaian, kezaliman, dan kekerasan.

Fitnah sendiri muncul dari seseorang yang tidak suka dan iri hati atas kebahagiaan dan kesenangan orang lain. Karena masuk dalam dosa besar, perbuatan ini tentu bisa menghilangkan pahala serta membatalkan puasa.

  1. Melihat dengan Syahwat dan Nafsu

3 cara meredam nafsu syahwat menurut imam al ghazali qRG thumb

Esensi dari puasa adalah menahan diri dari segala hal yang dilarang oleh Allah SWT. Hal ini juga termasuk menahan hawa nafsu duniawi dan biologis.

Memandang lawan jenis dengan syahwat atau hawa nafsu bisa menghapus pahala puasa. Karena bisa memicu zina. Maka dari itu, saat berpuasa disarankan untuk tidak melakukan kontak fisik dengan pasangan atau lawan jenis, seperti memeluk, mencium, atau menyentuh bagian tubuh.

Selain berpotensi dapat menghilangkan pahala, bersentuhan dengan lawan jenis juga dapat merusak esensi ibadah dan bisa mendorong munculnya hawa nafsu.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.