Rabu , 26 Juni 2024
HiburanEditor's PickHeadline

5 Manfaat Berpuasa di Bulan Ramadhan

islamic new year decoration with lantern quran

Ramadan adalah bulan suci bagi umat Muslim, di mana sebagian besar umat Muslim berpuasa dan berlomba berbuat kebaikan.

Madingmu.com – Berpuasa adalah kewajiban Muslim yang sudah baligh, berakal, yang sedang sehat jasmani dan rohaninya. Karena hukumnya wajib, maka kamu akan berdosa jika meninggalkannya.

Dari segi keimanan, berpuasa itu banyak manfaatnya loh. Ini dia manfaatnya :

1. Meningkatkan ketakwaan

top view hand holding silver coins

Puasa adalah bentuk pengabdian yang melibatkan menahan diri dari rasa lapar dan haus dari mulai matahari terbit fajar hingga Maghrib.

Takwa sendiri adalah istilah yang sering disebut dalam hal ibadah. Orang yang bertakwa akan mendapat banyak kemuliaan baik di dunia maupun di akhirat. Takwa artinya berupaya membersihkan diri dari dosa yang sebelumnya belum pernah dilakukan, sehingga lahir motivasi dalam diri untuk meninggalkannya.

2. Lebih Qanaah blue mosque istanbul

Qanaah adalah menerima takdir yang diberikan Allah. Meskipun tidak ada larangan untuk menahan lapar di hari-hari lain, Allah meminta hamba-Nya untuk menahan diri ketika berpuasa.

3. Mengelola keinginan kamu

eid al fitr concept with top view tea

Ketika kamu benar-benar mengikuti kewajiban berpuasa selama bulan Ramadan, ini menunjukkan bahwa tingkat keimanan dan ketakwaan kamu sedang dinaikan derajatnya. Kenapa ? tentu saja karena pada saat berpuasa kamu belajar menahan semua rasa keinginan kamu untuk makan, minum dan menahan hawa nafsu juga.

4. Mensyukuri segala pemberian Allah SWT

sunset desert with muslim mosque foreground

Puasa juga membantu kamu mengembangkan empati terhadap orang lain. Kamu dapat merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang fakir yang kelaparan, bagaimana rasanya tidak punya uang membeli makanan, bagaimana rasanya menahan lapar dan haus. Dengan demikian kamu akan merasakan rasa syukur atas nikmat rezeki yang sebetulnya telah Allah berikan lebih dari cukup buat kamu.

5. Tabungan Pahala

tree grows coin glass jar with copy space

Allah SWT akan melipat gandakan pahala Kamu sebanyak 70 kali lipat untuk setiap salat wajib yang kamu lakukan selama bulan Ramadan. Bahkan lebih banyak lagi jika Kamu melakukan hal-hal baik lainnya. Maka dari itu perbanyaklah berbuat baik di bulan Ramadhan ini ya, kebayangkan ada berapa banyak pahala yang akan Kamu terima kalo kamu banyak berbuat baik.

Tujuan dari puasa adalah mengajarkan kita rasa bersyukur atas nikmat rezeki yang telah Allah SWT berikan kepada kita, maka dari itu beribadahlah sebanyak mungkin. Inget yaaa jangan sahurnya ikutan eh puasanya engaa, mana ntar magrib ikutan buka puasa lagi hihi.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.