Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Beberapa “Amalan” Yang Dianjurkan Untuk Dilakukan Oleh Umat Islam Saat Malam Nuzulul Quran

3527131a32992750ab7549be6df46528

Madingmu.com – Malam Nuzulul Quran menjadi salah satu momen penting di bulan Ramadan, di mana Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Lebih tepatnya, Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 Ramadan.

Setiap tahunnya, malam ini diperingati oleh umat Islam dan juga terdapat beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan.

Dilansir dari laman detikcom, terdapat beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan di malam Nuzulul Quran. Apa saja amalan yang dimaksud? Simak informasinya berikut ini!

  1. Membaca Alquran

624d47aed248c banyak keutamaan yang dapat diraih saat membaca al quran terutama di bulan ramadhan 1265 711

Sebagai hari di mana diturunkannya Alquran, maka sudah sepatutnya kita memperingati malam Nuzulul Quran dengan membaca ayat-ayat Alquran. Menurut Kemenag RI, malam peringatan Nuzulul Quran memiliki inti bahwa umat Islam harus bisa mengambil hikmah dari turunnya Alquran dengan membaca, memaknai, dan mengamalkannya.

Sebab, Alquran adalah pedoman hidup bagi Muslim yang akan senantiasa menerangi jalan di kehidupan dunia dan akhirat. Dengan memperbanyak bacaan Alquran di bulan Ramadan, khususnya malam Nuzulul Quran ini, diharapkan umat Islam bisa lebih mencintai Alquran.

  1. Itikaf

49a84007 itikaf nabawi

Itikaf atau kegiatan berdiam diri di masjid dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah SWT juga dianjurkan untuk dilakukan di malam Nuzulul Quran. Itikaf dilakukan dengan memperbanyak ibadah di dalam masjid.

Menurut Baznas, itikaf memiliki banyak manfaat yaitu menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, mengasingkan diri dari godaan dunia, bersilaturahmi dengan masyarakat di masjid, hingga memperoleh pahala yang besar.

  1. Salat Malam

63a730d515196 ilustrasi orang salat tahajud 1265 711

Salat malam menjadi salah satu amalan lain yang bisa dilakukan di malam Nuzulul Quran. Bisa dengan melakukan salat tarawih, salat tahajud, salat witir, dan salat sunnah lain yang dikerjakan pada malam hari.

Dilansir dari laman detikjateng, amalan salat malam di bulan Ramadan akan menjadi wasilah bagi kita dalam mendapatkan ampunan dari Allah SWT atas dosa-dosa yang kita lakukan. Apabila salat malam juga dikerjakan pada malam Nuzulul Quran, tentunya kita bisa mendapatkan pahala yang berlimpah.

  1. Berdoa

ilustrasi berdoa

Malam Nuzulul Quran adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Maka dari itu, kita bisa memanjatkan doa-doa baik di malam ini. Dikutip dari laman CNN Indonesia, berikut adakah beberapa doa yang bisa kita panjatkan di malam Nuzulul Quran.

Doa Memohon Kebaikan Al Quran

اللهم نور قلوبنا بنور هدايتك كما نورت الارض بنور شمسك ابدا ابدا برحمتك يا ارحم الراحمين

Allahumma nawwir quluubana bi tilawatil quran, wa zayyin akhlaa qonna bijaahil quran, wa hassin a’maalanaa bi dzikril quran, wa najjinaa minan naari bi karoo matil quran, wa adkhilnal jannata bi syafaatil quran.

Artinya: “Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Al Quran, baguskanlah amalan kami karena berzikir lewat Al Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafaat Al Quran.”

Doa Memohon Rahmat dari Al Quran

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allahumarhamni bil quran. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohman. Allahuma dzakkirni minhu maa nasiitu wa allimni minhu maa jahiltu. Warzuqni tilawat ahu aana allaili wa athrofannahar, waj’alhu li hujatan ya rabbal alamin.

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan semesta alam.”

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.