Senin , 15 Juli 2024
Editor's PickHeadlineRuang SiswaTerpopuler

Hari Evolusi Serta Teori Charles Darwin Mengenai Seleksi Alam

Charles Robert Darwin by John Collier banner

Madingmu.com – Hari Evolusi diperingati setiap tanggal 24 November setiap tahunnya. Peringatan ini berkaitan dengan teori Charles Darwin mengenai seleksi alam.

Pada tanggal 24 November tahun1859, sebuah teori fenomenal dipopulerkan oleh ilmuwan asal Inggris. Teori itu berjudul On the Origin of Species by Means of Natural Selection. Teori Darwin menjelaskan tentang organisme yang berevolusi secara bertahap, melalui proses yang ia sebut seleksi alam.

Seleksi Alam Menurut Darwin

Darwin mengembangkan ide seleksi alam setelah lima tahun mempelajari tumbuhan, hewan, fosil di Amerika Selatan dan pulau-pulau di Pasifik. Dalam laman National Geographic dijelaskan, pada tahun 1859, Darwin membawa ide seleksi alam ke perhatian dunia dalam buku larisnya, On the Origin of Species.

Seleksi alam ialah proses di mana populasi organisme hidup beradaptasi serta berubah. Individu dalam suatu populasi secara alami bervariasi, yang artinya mereka semua berbeda dalam beberapa hal. Variasi ini berarti bahwa beberapa individu memiliki sifat yang lebih cocok dengan lingkungan daripada yang lain.

Darwin berargumen, bahwa seleksi alam akan menjelaskan bagaimana berbagai macam bentuk kehidupan berkembang dari waktu ke waktu, dari satu nenek moyang yang sama. Seleksi alam dapat menyebabkan spesiasi, di mana satu spesies memunculkan spesies baru dan berbeda. Ini adalah salah satu proses yang mendorong evolusi dan membantu menjelaskan keragaman kehidupan di Bumi.

Perkembangan Teori Darwin

Dilansir dari laman detikNews, buku On the Origin of Species by Means of Natural Selection isi nya menjelaskan tentang kemungkinan-kemungkinan evolusi pada suatu spesies.

Di tahun 1837, Darwin menulis teori evolusi di buku catatan kulit miliknya. Dalam buku yang bernilai miliaran Rupiah itu, Darwin menggambarkan diagram yang menunjukkan beberapa kemungkinan evolusi pada suatu spesies. Kemudian di tahun 1859 ia menerbitkan ilustrasi yang lebih jelas dan berkembang.

Seperti dijelaskan pada situs Assemblies For All, publikasi ilmiah berjudul On the Origin of Species karya Charles Darwin diterbitkan pada tanggal 24 November tahun 1859. Saat ini tanggal tersebut dikenal sebagai Hari Evolusi.

 

Hilangnya Buku Catatan Darwin

Pada tahun 2001 di perpustakaan Universitas Cambridge yang pertama kali mencantumkan buku catatan tersebut dan saat ini buku tersebut berstatus ‘hilang’, hal ini dikarenakan saat setelah dipindahkan dari ruang penyimpanan koleksi khusus agar proses foto buku dapat dilakukan.

Buku-buku itu diyakini telah salah dipindahkan di dalam gedung yang berisi sekitar 10 juta buku, peta hingga manuskrip. Yang salah satunya merupakan arsip paling penting di dunia milik Darwin.

Pustakawan Jessica Gardner merilis pernyataan melalui pesan video. Ia mengimbau publik untuk membantu menemukan dua buku Darwin yang hilang. Pustakawan tersebut menyayangkan buku catatan itu hilang. Pencarian dalam skala luas selama 20 tahun terakhir tidak membuahkan hasil.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan218
Literasi Keuangan54
Ruang Siswa162
Beasiswa305
School lifehack154
Hiburan236
Editor's Pick1649
Terpopuler1601
Opini10
Serba Serbi685




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.