Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ini Dia 20 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan beserta Kandungan Gizinya

Desain tanpa judul 20231109 164609 0000 2245562228

Madingmu.com – Tidak hanya menyegarkan saat dimakan, semangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat semangka yang bisa didapat di antaranya untuk memelihara kesehatan hingga mencegah berbagai penyakit.

Hal ini dikarena kan semangka merupakan buah yang mengandung berbagai sumber nutrisi lengkap. Berikut ini penjelasannya :

Manfaat Semangka :

Mengonsumsi sepotong semangka segar bisa membuatmu mendapatkan banyak manfaat. Mulai dari mencegah asma hingga memelihara kesehatan ginjal.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Orang-orang yang mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi disarankan untuk memakan semangka secara rutin.

Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung.

  1. Mencegah Peradangan

Peradangan pada organ tubuh dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Semangka memiliki kandungan senyawa kolin yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh menciptakan efek santai, dan memperbaiki ingatan otak.

Senyawa kolin yang ada di semangka juga berperan untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal saraf otak dan motorik, serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

  1. Mencegah Asma

Mengutip buku Ensiklopedi Makanan dan Gizi Buah-buahan, manfaat semangka yaitu mencegah penyakit asma. Meski bukan menyembuhkan asma, semangka bisa mencegah tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma.

Kandungan vitamin C nya yang tinggi secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini bisa bermanfaat untuk mencegah gangguan pernapasan.

  1. Mengatasi Sembelit

Semangka memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Sehingga semangka bisa mengatasi masalah sembelit, terutama yang disebabkan oleh kurangnya serat larut dalam usus.

Serat yang terdapat dalam semangka dapat membentuk gel alami pada usus besar. Hal ini berpengaruh pada kelancaran penyerapan nutrisi dan buang air besar.

  1. Memelihara Kesehatan Ginjal

Mengutip buku Manfaat Buah, semangka memiliki kandungan kalium yang bermanfaat untuk membersihkan zat-zat racun pada ginjal.

Semangka juga bisa mengurangi kadar asam urat yang menekan risiko pembentukan batu ginjal.

  1. Menangkal Kanker

Semangka mengandung sumber vitamin C dan zat likopen. Keduanya sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker.

Semangka bisa menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik untuk penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lainnya.

  1. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu jenis kelainan akibat tubuh kekurangan asupan air mineral. Semangka bisa dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan air dan menyegarkan.

Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh lemah, tidak bertenaga hingga kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air dapat membuat ginjal bekerja lebih berat.

  1. Mencegah Sariawan

Timbulnya sariawan bisa disebabkan oleh bakteri di rongga mulut yang kering. Mengkonsumsi semangka bisa memberikan konsumsi air dan vitamin yang akan mengurangi perkembangbiakan bakteri di mulut.

Untuk pencegahan sariawan, kamu bisa mengkonsumsi semangka dengan buah yang memiliki kandungan vitamin C lainnya seperti jeruk atau jambu biji

  1. Mengatasi Nyeri Otot

Semangka mengandung asam amino citruline yang memiliki efek untuk meredakan nyeri otot.

Senyawa ini bisa membuat otot tubuh menjadi lebih santai, sehingga meredakan ketegangan. Inilah yang membuat semangka sangat efektif dikonsumsi atlet setelah melakukan pertandingan.

  1. Membuat Kulit Lembut dan Halus

Tak hanya mencegah berbagai penyakit di dalam tubuh, semangka juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Vitamin A dalam semangka bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab. Tentunya ini akan mencegah kulit terlihat kusam dan kurang nutrisi. Selain itu, vitamin A juga bisa memperbaiki sistem jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit

  1. Melindungi Fungsi Saraf

Semangka juga bisa membantu melindungi fungsi saraf. Buah ini mempunyai kandungan kalium yang bisa membantu mengatur fungsi saraf.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Semangka mengandung senyawa likopen, fungsinya adalah untuk membantu memelihara kesehatan jantung.

Semangka bisa membuat aliran darah dalam jantung menjadi lebih maksimal, memelihara sel dalam tubuh, mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung.

  1. Mengatasi Peradangan

Berbagai jenis senyawa dalam semangka adalah fenolik, triterpenoid, karotenoid, dan flavonoid. Likopen sangat efektif dalam mengatasi peradangan.

Semangka juga mengandung cucurbitacin yang bisa menjadi agen anti inflamasi, sehingga membuat sel tubuh cepat pulih. Senyawa ini juga bisa membantu tubuh membuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Sumber Kolagen Alami

Kolagen merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit. Semangka memiliki vitamin C tinggi yang membantu tubuh menyerap kolagen, sehingga membuat kulit lebih lembut.

Selain itu, semangka yang memiliki kandungan air yang banyak akan memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit.

  1. Memelihara Kesehatan Tulang

Semangka juga sangat efektif dalam membentuk kepadatan tulang sehingga bisa mencegah osteoporosis. Likopen dalam semangka bisa mempertahankan kepadatan tulang dengan mempercepat penyerapan kalsium.

Maka dari itu, semangka sangat baik dikonsumsi untuk diet.

  1. Melancarkan Urin

Orang yang mempunyai masalah saluran diuretik dan ginjal bisa mengkonsumsi semangka untuk terapi alami. Semangka mengandung air yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan aliran urin dalam tubuh.

  1. Mencegah Impoten

Impoten adalah kondisi ketika penis tidak mampu ereksi atau mempertahankan ereksi walau adanya rangsangan seksual.

Buah semangka bisa digunakan untuk obat kuat pria yang dapat menjaga kesuburan. Dengan mengkonsumsi buah ini, maka pria bisa mencegah impoten.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Semangka memiliki vitamin A yang bisa membantu menjaga batang rambut tetap lembab. Sehingga semangka baik untuk menjaga kesehatan rambut.

  1. Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian

Semangka merupakan buah rendah kalori. Kandungan yang dimiliki semangka sangat baik memenuhi kebutuhan gizi seseorang.

  1. Buah untuk Diet

Semangka memiliki kandungan asam amino citruline yang sangat efektif mengatasi lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Senyawa ini didapat dari semangka setelah diubah oleh ginjal menjadi arginin.

Kemampuan senyawa ini akan lebih tinggi ketika sudah menjadi arginin, sehingga menyebabkan tubuh melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan larut dalam saluran pengeluaran.

Kandungan Buah Semangka

Menurut buku Bertanam Semangka, buah semangka mengandung banyak air, yaitu sebanyak 92%. Berikut kandungan zat gizi pada buah semangka per 100 gram.

  • Energi: 28 kal
  • Air: 92,1%
  • Protein: 0,5 gr
  • Lemak: 0,2 gr
  • Karbohidrat: 6,9 gr
  • Vitamin A: 590 SI
  • Vitamin C : 6mg
  • Niasin: 0,2 mg
  • Riboflavin: 0,05 mg
  • Tiamin: 0,05 mg
  • Abu: 0,3 mg
  • Kalsium: 7 mg
  • Besi: 0,2 mg
  • Fosfor 12 mg

Itulah berbagai manfaat yang bisa didapat dari buah semangka. Rajin mengkonsumsi buah bisa untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.