Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ini Dia 8 Jenis Pakaian yang Tidak Boleh Dicuci di Mesin Cuci

63a3e2929f7bb

Madingmu.com – Mencuci menggunakan mesin cuci memang sangatlah mudah dan hampir semua rumah tangga memiliki alat elektronik ini. Terkadang disaat ingin mencuci pakaian, terlebih dahulu tidak memilah pakaian mana yang bisa dicuci dengan mesin cuci dan mana yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, sehingga sering kali memasukkan semua pakaian ke dalamnya.

Dilasir dari laman The Spruce, ternyata ada beberapa pakaian yang tidak bisa dicuci dengan mesin cuci, sehingga dapat mengakibatkan pakaian-pakaian tersebut menjadi cepat rusak dan memudarkan warnanya. Apa saja sih ? simak berikut ini.

  1. Pakaian Berisleting

Pakaian yang memiliki pengait seperti risleting atau kancing tidak disarankan dicuci dengan mesin cuci. Hal ini karena pakaian tersebut dapat tersangkut sehingga merusak mesin cucimu.

Jika kamu ingin mencucinya, kamu bisa mencuci dengan tangan atau membalikkan pakaian tersebut terlebih dahulu. Kamu juga bisa menyimpannya di dalam kantong lalu atur mesin cuci dengan sistem pencucian rendah.

  1. Pakaian Berenda

Pakaian berenda biasanya memiliki kain yang tipis, jika kamu mencucinya dengan mesin cuci, maka pakaian rendamu akan cepat rusak. Sebaiknya hal yang harus kamu lakukan saat mencucinya ialah dengan tangan dan jangan menggosoknya terlalu keras.

  1. Pakaian Bernoda

Pakaian yang bernoda sering kali langsung dimasukkan ke mesin cuci. Namun, kamu harus jeli terlebih dahulu, apakah pakaian bernoda itu bersumber dari alkohol atau bahan mudah terbakar?

Jika pakaian bernoda itu berasal dari alkohol, saat kamu mencucinya dengan mesin cuci, maka akan menyebabkan kebakaran. Kamu bisa mencuci pakaian bernoda dengan detergen antinoda terlebih dahulu dengan tangan, kemudian kamu baru bisa mencucinya dengan mesin cuci.

  1. Pakaian Renang

Pakaian renang dengan bahan dasar nylon atau pun lycra, sebaiknya tidak dicuci mengunakan mesin cuci. Hal ini karena dapat membuat rusak pengaitnya serta menyusutkan pakaian tersebut.

Cara terbaik yang bisa di gunakan saat mencuci pakaian renang adalah dengan air dinginyang sudah dicampur detergen, dengan cara ini dapat mengangkat keringat dan tabir surya pada pakaian renangmu. Ingat, tidak perlu dijemur di bawah sinar matahari langsung, ya.

  1. Pakaian Berenda

Pakaian berenda biasanya memiliki kain yang tipis, jika kamu mencucinya dengan mesin cuci, maka pakaian rendamu akan cepat rusak. Sebaiknya hal yang harus kamu lakukan saat mencucinya ialah dengan tangan dan jangan menggosoknya terlalu keras.

  1. Dasi

Dasi yang sering digunakan oleh CEO perusahaan, ternyata tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Bahan dasar dasi yang terbuat dari sutra, akan cepat rusak jika kamu mencucinya dengan mesin cuci. Hal tersebut dapat mengakibatkan memudarkan warna dan merusak ikatan dasi.

Cara aman untuk mencuci dasi yaitu dengan air dingin yang sudah diberikan detergen lembut, lalu putar-putar sebentar, bilas hingga bersih, dan jemur. Dengan cara ini dasi tidak akan cepat rusak dan warnanya tetap pekat.

  1. Pakaian Berbulu

Pakaian berbulu seperti baju hangat, syal, topi, pakaian peliharaan, bahkan selimut, tidak disarankan untuk dicuci menggunakan mesin cuci. Karena, bulu-bulu yang terdapat pada pakaian tersebut dapat rontok sehingga menghambat saluran mesin cuci.

  1. Kaos Kaki

Kaos kaki yang terbuat dari benang wol, jika dicuci menggunakan mesin cuci dapat membuatnya menjadi longgar dan menyusut. Sebaiknya kamu harus mencucinya dengan tangan.

Dilansir dari laman Soxy, cara mudah mencuci kaos kaki yaitu, siapkan air dengan detergen lembut, diamkan selama 5-30 menit, lalu sikat bagian luar dan dalam, bilas, kemudian kaos kaki siap untuk dijemur.

Sebaiknya kamu memberikannya ke binatu untuk melakukan perawatan khusus pada pakaian-pakaian berbulu, agar mesin cucimu tetap optimal, dan pakaian kesayanganmu tidak rontok.

Itulah delapan pakaian yang tidak baik dicuci dengan mesin cuci. Kamu bisa mencucinya dengan tangan atau pun mendelegasikannya ke binatu profesional.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.