Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Diantara Daging Sapi atau Daging Kambing, Daging Manakah yang Lebih Baik?

2037079120

Madingmu.com – Daging sapi dan daging kambing akan mulai banyak kamu lihat dan konsumsi ketika mendekati Hari Raya Idul Adha yang dilaksanakan beberepa hari lagi.

Dalam hal ini, masih banyak yang memperdebatkan manakah yang lebih baik di antara daging sapi dan daging kambing, terutama dalam hal kesehatannya.

Biasanya, daging sapi lebih disukai daripada daging kambing karena lebih mudah untuk diolah, serta memiliki rasa serta bau yang tidak terlalu kuat seperti daging kambing.

Berikut ini pernjelasan mengenai manakah yang lebih baik antara daging sapi dan daging kambing:

  1. Kolesterol

Kolesterol

Kolesterol menjadi kekhawatiran utama bagi mereka yang ingin mengonsumsi daging merah seperti kambing dan sapi. Kedua daging tersebut ternyata memiliki kandungan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol.

Daging kambing disebut memiliki lemak yang jauh lebih sedikit dibandingkan daging sapi. Daging kambing memiliki jumlah kalori total yang lebih rendah, sehingga mengurangi risiko kolesterol dan kesehatan jantung.

Namun jika kamu memiliki masalah kesehatan jantung yang parah, kamu dianjurkan untuk menghindari semua jenis daging merah dan lebih baik konsumsi  ayam dan ikan.

  1. Manfaat dan Nutrisi

20220603080356 original

Menurut Database USDA, tiga ons daging kambing memiliki sekitar 122 kalori, 0,79 gram lemak jenuh, dan 3,2 miligram zat besi.

Sementara, daging sapi memiliki 179 kalori, tiga gram lemak jenuh, dan 2,9 miligram zat besi. Hal ini menunjukkan bahwa daging kambing lebih baik daripada daging sapi, meski keduanya sama-sama kaya akan zat besi, vitamin B, dan seng.

  1. Harga

rumus harga jual 1280x720 1

Harga menjadi faktor penentu utama dalam hal ini. Daging sapi jauh lebih mahal dibandingkan dengan daging kambing, oleh karena itu banyak yang memilih daging kambing dalam aspek harga.

Namun jika mencari rasa yang lebih luar biasa, maka daging sapi menjadi pilihan untuk dikonsumsi terlepas dari kedua aspek sebelumnya.

Terkait ketiga aspek tersebut, dianjurkan ketika Idul Adha nanti untuk tidak terlalu berlebihan mengonsumi daging sapi atau daging kambing karena bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.