Sabtu , 9 Desember 2023
HeadlineLiterasi Keuangan

Tips Mengatur Pengelolaan Keuangan untuk Remaja

4 1

Madingmu.com – Psikologi mendefinisikan masa remaja sebagai masa pertumbuhan menuju kedewasaan. Seseorang mulai menekuni banyak keterampilan untuk mempersiapkan masa dewasa. Remaja wajib belajar pengelolaan uang.

Kenapa remaja harus menangani uang? Menurut beberapa sumber, remaja harus belajar mengelola uang agar mereka dapat menabung, pandai mengelola dana saat menikah, membuat konsep finansial, melindungi diri dari keadaan darurat, menjadi mandiri, dan banyak lagi.

Para remaja merasa bahwa membahas uang adalah hal yang sulit. Hal ini disebabkan banyak remaja yang masih belum memahami pentingnya mengelola keuangan, orang tua tidak memahami pentingnya mengajarkan keuangan pada anak, dan sekolah tidak membantu remaja memahami keuangan.

Pembiayaan itu sulit. Orang dewasa masih kesulitan dalam mengelola keuangan. Setelah ditunda, seorang karyawan berpenghasilan Rp 80 juta per bulan menjadi “bangkrut” sebab meningkatnya tagihan. Remaja, yang merasa tidak aman, sedang mencari jati diri, dan kehilangan pengetahuan dan pengalaman. Remaja wajib senantiasa belajar manajemen keuangan.

Berikut ini beberapa tips sederhana tentang bagaimana remaja dapat mengatur keuangannya.

1. Biasakan membuat catatan keuangan

Catatlah uang dan pengeluaran. Membuat catatan keuangan, meskipun sederhana, dapat membantu kita melacak berapa banyak yang kita habiskan, apa yang kita beli, pembelian mana yang terlalu besar, dan sebagainya untuk menilai penghematan di masa depan. Untuk evaluasi keuangan di masa depan.

2. Berusaha hidup hemat

Hemat berarti membuat anggaran. Hidup hemat termasuk membawa bekal makanan dari rumah ke sekolah, tidak terlalu sering menghabiskan waktu di mal atau kafe terbaru, tidak membeli barang hanya karena tidak ingin ketinggalan tren atau kalah dari orang lain, dan lain- lain.

3. Manfaatkan diskon dan promosi penjualan

Program diskon dan promo penjualan adalah saat yang tepat untuk membeli. Kenapa? Kita bisa membeli lebih banyak barang yang lebih bagus dengan harga yang lebih murah saat ada promo dan potongan harga. Tentu saja, Kamu bisa menabung atau menggunakan potongan harga tersebut.

4. Hindari belanja berlebihan

Hindari belanja berlebihan karena itu menghabiskan uang. Uang untuk sebulan bisa lenyap dalam hitungan hari. Kunjungan ke pusat perbelanjaan dan situs belanja online dapat menyebabkan pengeluaran yang berlebihan, jadi batasi.

5. Jalan salah bergaul

Remaja bergaul dan mencari teman. Remaja sangat dipengaruhi oleh lingkungannya. Remaja menghargai pemilihan teman. Begitu juga sebaliknya.

6. Jangan mudah terpengaruh selegram

Remaja mengidolakan selebgram saat ini. Sayangnya, banyak dari mereka yang mempromosikan hedonisme dan berlebihan. Untuk” membiayai kehidupan media sosialnya,” para selebriti sering kali berhutang.

7. Harus Berinvestasi

Remaja bisa menabung dengan mudah. Menabunglah dengan disiplin, bukan dengan uang ekstra. Menabung membutuhkan pra- menabung.

8. Hasilkan lebih banyak uang

Tidak hanya orang dewasa yang bisa bekerja. Remaja juga bisa melakukannya, tanpa mengganggu sekolah mereka.

Pekerjaan yang bisa dilakukan remaja, seperti menjadi guru les untuk anak-anak sekolah dasar, dan bidang-bidang pekerjaan lain.

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan211
Literasi Keuangan30
Ruang Siswa107
Beasiswa137
School lifehack91
Hiburan144
Editor's Pick776
Terpopuler740
Opini10
Serba Serbi372

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.