Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Berikut 5 Rekomendasi Ide Bekal Sehat yang Cocok Dibawa saat Piknik,

B600071 Cover sejarah hari piknik sedunia

Madingmu.com – Musim liburan adalah waktu yang tepat untuk merencanakan piknik bersama dengan keluarga atau teman.

Piknik tidak hanya memberikan kesempatan untuk bersantai di alam terbuka, tetapi juga menjadi momen untuk menikmati makanan lezat bersama orang-orang terkasih.

Agar piknik kamu menjadi semakin berkesan, berikut ini adalah beberapa ide menu bekal yang cocok untuk piknik. Menu-menu ini tidak hanya enak dan bergizi, tetapi juga mudah disiapkan dan praktis dibawa.

  1. Sandwich Variatif

sandwich

Sandwich adalah pilihan bekal piknik yang sangat praktis dan bisa disesuaikan dengan berbagai selera. Kamu bisa membuat sandwich dengan roti tawar atau baguette, kemudian mengisinya dengan berbagai bahan seperti daging ayam, daging sapi, telur, keju, sayuran segar, dan saus favorit.

Ide Sandwich:

  • Sandwich Ayam Panggang: Isi roti dengan ayam panggang yang sudah diiris tipis, selada, tomat, mentimun, dan mayones.
  • Sandwich Tuna: Campur tuna kaleng dengan mayones, tambahkan irisan bawang merah dan seledri, kemudian isikan ke dalam roti bersama selada.
  • Vegetarian Sandwich: Isi roti dengan hummus, alpukat, wortel parut, selada, tomat, dan paprika merah panggang.
  1. Salad Segar

612dece2b2de9

Salad adalah pilihan sehat dan menyegarkan untuk bekal piknik. Kamu bisa membuat berbagai macam salad yang penuh warna dan gizi. Untuk kenyamanan, bawa dressing salad terpisah dalam botol kecil dan campurkan dengan salad saat akan dinikmati.

Ide Salad:

  • Salad Hijau: Campurkan berbagai jenis sayuran hijau seperti selada, bayam, dan arugula, tambahkan tomat ceri, mentimun, paprika, dan keju feta. Sajikan dengan dressing vinaigrette.
  • Salad Buah: Potong-potong buah segar seperti semangka, melon, anggur, stroberi, dan kiwi. Taburi dengan sedikit perasan jeruk lemon untuk menambah kesegaran.
  • Salad Pasta: Campurkan pasta yang sudah dimasak dengan potongan sayuran segar seperti paprika, zaitun, dan brokoli, tambahkan daging ayam atau tuna, lalu aduk dengan dressing pasta favorit Anda.
  1. Nasi Bento

640px

Nasi bento adalah bekal yang lengkap dan mengenyangkan. Kamu bisa menyiapkan nasi putih atau nasi merah, kemudian lengkapi dengan lauk-pauk yang disusun rapi dalam kotak bekal.

 Ide Nasi Bento:

  • Bento Ayam Teriyaki: Sajikan nasi dengan potongan ayam teriyaki, telur dadar, sayuran rebus seperti wortel dan brokoli, serta irisan jeruk sebagai penutup.
  • Bento Sushi: Buat sushi gulung dengan isian favorit seperti salmon, alpukat, dan mentimun. Tambahkan edamame dan potongan buah segar sebagai pelengkap.
  • Bento Tahu Tempe: Untuk pilihan vegetarian, sediakan nasi dengan tahu dan tempe yang dimasak dengan bumbu kecap, tambahkan sayuran kukus dan acar timun wortel.
  1. Snack Sehat

Fruit Sandwich 5576 I 3

Selain menu utama, jangan lupa bawa beberapa camilan sehat untuk menemani waktu bersantai kamu. Camilan ini bisa berupa buah-buahan, kacang-kacangan, atau snack ringan lainnya.

Ide Snack Sehat:

  • Buah-buahan Segar: Potong-potong buah seperti apel, pir, anggur, dan jeruk. Letakkan dalam wadah tertutup agar tetap segar.
  • Kacang-kacangan: Campurkan berbagai jenis kacang seperti almond, kacang mede, dan kacang tanah. Bisa juga ditambahkan buah kering seperti kismis atau cranberry.
  • Sayuran dan Hummus: Bawa potongan sayuran segar seperti wortel, seledri, dan paprika, lalu sajikan dengan hummus sebagai saus celup.
  1. Minuman Menyegarkan

lemonede scaled

Jangan lupa untuk membawa minuman yang bisa menyegarkan suasana piknik kamu. Minuman ini bisa berupa jus buah, teh dingin, atau infused water.

Ide Minuman:

  • Infused Water: Campurkan air dengan irisan buah-buahan seperti lemon, stroberi, mentimun, dan daun mint. Diamkan beberapa jam agar rasa buah menyatu dengan air.
  • Teh Dingin: Seduh teh favorit Anda, tambahkan es batu dan irisan lemon atau mint untuk rasa yang lebih segar.
  • Jus Buah Segar: Bawa jus buah segar seperti jus jeruk, jus apel, atau jus campuran beberapa buah. Letakkan dalam botol atau termos untuk menjaga kesegarannya.

Tips Menyiapkan Bekal Piknik

71472 menu bekal siang sehat dan bergizi untuk si kecil

Agar bekal piknik kamu tetap segar dan nikmat, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  • Gunakan Wadah Tertutup: Pastikan semua bekal disimpan dalam wadah tertutup rapat untuk menjaga kesegaran dan kebersihannya.
  • Bawa Pendingin: Jika memungkinkan, bawa cooler box atau tas pendingin untuk menyimpan makanan dan minuman yang perlu dijaga suhu dinginnya.
  • Siapkan di Malam Hari: Beberapa menu bisa disiapkan di malam hari sebelum hari H, seperti memotong sayuran atau memasak lauk-pauk, sehingga pada hari piknik Anda tinggal mengemasnya.
  • Jangan Lupa Alat Makan: Bawa alat makan yang praktis seperti sendok, garpu, pisau kecil, dan tisu basah untuk memudahkan saat makan.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.