Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

 Cuaca Panas Bikin Orang Lebih Susah Berpikir, dari Siswa sampai Tentara

cuaca panas 1

Madingmu.com – Seluruh dunia sedang mengalami gelombang panas, tidak ada perbedaan dalam skenario di Amerika Serikat. Para peneliti sedang mencari tahu efek dari gelombang panas di luar selain kesehatan. Ternyata gelombang panas tidak hanya membuat Kamu sakit secara fisik, tetapi mengganggu fungsi mental.

Kesulitan Kognitif Anggota Militer Amerika 

Sebuah analisis ekstensif tentang bagaimana kondisi lingkungan, seperti panas, dingin, ketinggian, dan permukaan laut, memengaruhi kognisi anggota militer Amerika diterbitkan dalam jurnal Human conditions. Sebanyak 31 studi tentang stres panas dimasukkan dalam penelitian ini.

Baca Juga : Berada di Tengah Gurun, Sekolah di India Ini Bisa Tetap Sejuk Tanpa AC

Menurut temuan studi tersebut, stres panas memiliki efek buruk pada fungsi kognitif, terutama pada suhu yang lebih tinggi dalam waktu yang lama dan selama aktivitas kognitif yang lebih menantang. Hal ini terjadi ketika elemen tambahan, seperti aktivitas fisik, ditambahkan ke efek stres panas. Peserta dalam penelitian ini menunjukkan kinerja yang lebih buruk saat suhu menghangat. Sebagai contoh, pilot helikopter lebih sering menyimpang dari jalur penerbangan mereka dalam satu penelitian stres panas, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan atau insiden yang disebabkan oleh human error.

Panas Merusak Fungsi Mental

Penyelidikan lebih lanjut menemukan bahwa tekanan panas memiliki dampak yang cukup besar pada kapasitas orang untuk melakukan aktivitas kognitif yang menantang. Peserta menunjukkan kinerja yang lebih buruk dalam aktivitas kognitif ketika mereka merasa lebih panas, kurang nyaman, dan lebih gelisah akibat paparan panas. Namun, ada perubahan kognitif yang terlihat selama panas setelah menerima terapi pendinginan, seperti kompres pendingin yang dioleskan pada kulit dan suplemen makanan untuk meningkatkan kognisi.

Penurunan Nilai Akademik

Menurut Psychology Today, kemampuan remaja untuk belajar juga dipengaruhi oleh paparan panas. Sebuah penelitian menggabungkan data dari 12.000 distrik sekolah di Amerika, 58 negara bagian, dan cuaca dengan data kalender akademik. Menurut penelitian tersebut, anak-anak menyimpan lebih sedikit informasi saat cuaca di luar panas. Selain itu, anak-anak di wilayah yang sama yang bersekolah pada saat cuaca lebih sejuk memiliki nilai ujian yang lebih rendah dibandingkan teman-teman mereka yang menghadapi kondisi yang lebih panas menjelang ujian.

 

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com. 

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.