Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

10 Cara Efektif Mengatasi Siswa yang Mengantuk di Kelas

kelas
Sumber: freepik/arrow-smith2

Madingmu.com – Cara mengatasi rasa kantuk karena rasa kantuk dapat menyerang siapa saja kapan saja, bahkan siswa saat berada di kelas. Simak ulasannya dalam tips belajar ini.

Bahkan siswa yang sedang memperhatikan pelajaran di kelas pun terkadang bisa mengantuk. Penyebabnya bisa karena kurang tidur, bosan, makan berlebihan, atau kurang gerak. Tentu saja, hal ini membuat guru khawatir karena mereka khawatir siswa tidak akan sepenuhnya memahami konten yang diajarkan. Jika siswa menjadi sangat mengantuk, mereka mungkin akan tertidur di kelas dengan posisi yang tidak nyaman, sehingga menyebabkan tubuh mereka terasa sakit saat terbangun. Terkadang, pagi hari yang dingin atau hujan pun dapat membuat murid tertidur.

Berikut ini beberapa strategi untuk menangani siswa yang mengantuk di kelas:

  1. Cuci muka Anda terlebih dahulu

Jika Anda melihat ada murid yang mengantuk, mintalah mereka untuk segera mencuci muka. Anak-anak yang mengantuk akan merasa lebih terjaga dan siap untuk belajar lagi karena kemampuan air dingin untuk mendorong pembukaan pori-pori.

  1. Gerakan Tubuh

Materi yang disampaikan guru akan membuat tubuh siswa terasa kaku dan terkesan monoton, yang akan membuat mereka cepat tertidur. Oleh karena itu, ajaklah anak Anda untuk bergerak dengan berdiri atau melakukan peregangan ringan. Tentu saja, menggerakkan tubuh secara merata akan membangunkan siswa yang tertidur kembali ke kesadaran.

  1. Mencicipi Makanan

Memberi mereka pengetahuan untuk menghindari makan berlebihan adalah salah satu cara untuk mengatasi anak yang mengantuk di kelas. Selain tidak baik untuk tubuh, makan berlebihan juga dapat membuat siswa mudah mengantuk. Guru dapat menyarankan anak-anak untuk sarapan sebelum masuk ke kelas dalam jumlah yang tidak berlebihan dan melakukan hal yang sama pada jam istirahat.

  1. Deciding on a Well-Rounded Breakfast Menu

A healthy breakfast menu can help prevent children from nodding off in class. This is crucial because children will fall asleep quickly if their breakfasts are high in sugar and carbohydrates. Give parents and students the knowledge they need to select a breakfast meal with a balanced nutritional intake.

  1. Consume more fruits and vegetables

Teachers at the school might also encourage students and parents to pack a lunch that is higher in vitamins and protein than other heavy items. Preparing lunch for schoolchildren by boosting vegetables and fruits will be more effective than increasing heavy meals, in addition to being nutritious and not making you sleepy.

  1. Rencanakan waktu makan siang di sekolah

Langkah selanjutnya adalah menginstruksikan siswa untuk makan siang di sekolah, baik saat makan siang atau saat istirahat kedua. Siswa tidak boleh mengonsumsi makanan berat saat istirahat pertama karena mereka mungkin sudah cukup sarapan di pagi hari. Siswa harus diingatkan untuk menunggu makan besar jika mereka tidak benar-benar lapar.

  1. Dorong siswa untuk beristirahat dengan cukup

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan anak-anak tertidur di kelas. Guru dapat memberikan kuis kepada siswa tentang jadwal tidur mereka dan apa yang menyebabkan mereka begadang dan mengantuk di kelas. Siswa mungkin mengantuk di kelas karena mereka kecanduan bermain teknologi hingga dini hari atau karena alasan lain.

  1. Bagikan Energizer

Strategi kedua untuk mengatasi anak yang mengantuk di kelas adalah dengan memberikan energi atau aktivitas lain yang dapat membantu mereka mendapatkan kembali fokus. Guru dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti permainan yang menarik perhatian, bernyanyi bersama, dan sejenisnya.

  1. Merekrut Siswa

Salah satu metode untuk mencegah anak-anak tertidur di kelas adalah dengan mengajak mereka berpartisipasi dalam kegiatan. Guru dapat menawarkan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang dibahas, membentuk kelompok diskusi, mengajukan pertanyaan, atau melakukan aktivitas lain untuk mencegah siswa tertidur di kelas jika mereka merasa bosan dengan suasana kelas.

  1. Menciptakan Kegiatan Belajar yang Inovatif dan Menyenangkan

Teknik ini berguna untuk mencegah siswa tertidur dan mencegah mereka menjadi bosan dengan informasi yang disampaikan guru. Pendekatan ini melibatkan pembuatan aktivitas pembelajaran yang menarik, seperti kuis yang mempraktikkan materi atau sesi latihan.

 

Dapatkan notifikasi berita terkini setiap hari dan update berita pilihan dari Madingmu.com.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.