Minggu , 19 Mei 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak! 4 Khasiat Pakai Minyak Zaitun untuk Memasak

minyak zaitun untuk rambut

Madingmu.com – Memasak dengan menggunakan minyak zaitun sering kali disalahpahami dan jarang dilakukan. Padahal, minyak zaitun lebih sehat lho dari pada minyak lainnya karena kandungan nutrisinya yang menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Di samping itu, kamu juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk memasak. Ingin tahu apa saja sih khasiat menggunakan minyak zaitun untuk memasak dan bagaimana cara mendapatkan khasiatnya secara maksimal? Dilansir dari Femina India, berikut ini informasinya!

  1. Mencegah Peradangan

612cb7fd5786d

Peradangan kronis merupakan pendorong utama beberapa penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, radang sendi, kanker, dan lainnya. Namun, antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun, terutama oleochantal, bekerja mirip dengan obat antiinflamasi dan dapat mengurangi peradangan.

Antioksidan lain juga telah terbukti menghambat protein dan gen tertentu yang mendorong peradangan. Selain itu, asam oleat yang merupakan asam lemak yang terdapat dalam minyak zaitun yang dapat mengurangi kadar penanda peradangan.

  1. Mengurangi Stres Oksidatif

sad brunette teenager home article 1619785406

Minyak zaitun, terutama extra virgin olive oil, penuh dengan kandungan antioksidan seperti beta-karoten, lutein, tokoferol, dan fenol hidrofilik, serta mengandung lebih dari 200 komponen dengan aktivitas biologis. Sementara itu, antioksidan diketahui dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, zat yang diproduksi oleh tubuh selama proses seperti metabolisme.

Penumpukan radikal bebas didalam tubuh dapat menyebabkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berperan dalam perkembangan penyakit seperti kanker. Namun, beberapa penelitian menunjukkan, bahwa manfaat menggunakan minyak zaitun untuk memasak dan makan termasuk mengurangi risiko kanker payudara dan mencegah kanker kolorektal.

  1. Untuk Kesehatan Usus dan Hati

090908600 1604645127 world health day healthcare medical concept female doctor with stethoscope holding heart 38391 1020 1

Senyawa fenol dalam minyak zaitun diketahui dapat meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan usus dengan mengubah mikroba di saluran pencernaan. Hal ini telah terbukti bermanfaat bagi penderita kolitis ulserativa, penyakit Chron dan jenis penyakit radang usus lainnya.

Asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat dalam minyak extra virgin olive oil dapat mencegah perubahan seperti peradangan dan resistensi insulin di hati, sehingga mencegah kerusakan hati.

  1. Meningkatkan Kesehatan Otak dan Mental

051017500 1622440622 Nutrisi Penting untuk Otak

Menurut penelitian, mengonsumsi makanan yang diperkaya dengan extra virgin olive oil dapat melindungi pembuluh darah otak, dan mencegah atau memperlambat timbulnya penyakit Alzheimer.

Sementara itu, studi juga menunjukkan, bahwa diet kaya lemak jenuh terkait dengan depresi dan masalah kesehatan lainnya. Di samping itu, minyak zaitun adalah salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal terbaik, yang tidak hanya bagus untuk jantung, tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

Apalagi, menurut sebuah penelitian, nutrisi dalam extra virgin olive oil dapat membantu melindungi sistem saraf dan efektif dalam mengobati depresi dan kecemasan.

Cara Mendapatkan Manfaat Maksimal dari Minyak Zaitun untuk Memasak

minyak zaitun

Perlu diketahui, bahwa semua minyak goreng memiliki suhu dimana minyak tersebut mulai berasap atau rusak. Suhu ini sendiri dikenal sebagai titik asap. Saat minyak dipanaskan hingga titik asapnya, nutrisi yang bermanfaat mulai menurun, dan senyawa yang berpotensi membahayakan kesehatan mulai terbentuk. Karena titik asap minyak zaitun lebih rendah daripada minyak nabati, maka minyak zaitun sering disarankan untuk tidak digunakan dalam menggoreng.

Sementara itu, semua tingkatan minyak zaitun memiliki rasa dan titik asap yang berbeda. Gunakan extra virgin olive oil dan virgin olive oil sebagai saus salad, topping, sandwich, dan tumis ringan. Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun dalam memasak, maka gunakan refined olive oil, pure olive oil, atau pomace olive oil untuk menggoreng dan memasak dengan suhu tinggi.

Dilansir dari detikfood, agar manfaat minyak zaitun tetap maksimal saat dipakai memasak, maka gunakan api kecil. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan minyak zaitun sedikit demi sedikit saat memasak, sehingga minyak zaitun tidak kepanasan dan kehilangan manfaat kesehatannya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.