Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Cara Ampuh Agar Pakaian Cepat Kering di Musim Hujan

young beautiful couple hanging wash clothes grey wall

Madingmu.com – Musim hujan seringkali menjadi masalah untuk urusan mencuci dan mengeringkan pakaian. Kondisi cuaca yang lembap serta basah membuat pakaian sulit untuk kering, bahkan saat di bawah sinar matahari sekali pun.

Pakaian yang lembap serta basah bisa memicu pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga hal ini tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi kamu jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengeringkan pakaian dengan cepat dan efisien di musim hujan, lho!

Dilansir dari laman Lifestyle Clotheslines, Senin (30/10/2023), ada beberapa cara ampuh agar pakaian lebih cepat kering di musim hujan sekali pun.

  1. Susun Strategi Pengelompokan Pakaian

Penting nya untuk mengelompokkan pakaian berdasarkan berat dan ketebalan. Prioritaskan lah pengeringan pakaian yang lebih ringan dan tipis terlebih dahulu untuk memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik.

  1. Maksimalkan Putaran Mesin Pengering

Untuk memastikan pakaian kering lebih cepat ialah dengan memaksimalkan putaran mesin pengering pakaian. Proses ini akan membantu kamu dalam menghilangkan sebanyak mungkin air dari pakaian sebelum kamu menjemurnya.

Selain mengandalkan mesin pengering, kamu juga bisa mencoba metode manual, seperti memeras atau memutar pakaian dengan tangan, melilitnya dalam handuk, atau bahkan menggunakan salad spinner untuk menghilangkan kelebihan air pada baju.

  1. Gunakan Kipas dan Sirkulasi Udara

Dalam cuaca yang lembap, penggunaan kipas, air purifier, atau jendela terbuka bisa membantu dalam menghilangkan kelembaban dan mempercepat proses pengeringan. Jika memungkinkan, gunakan perabot tersebut yang hemat energi agar tidak boros listrik.

  1. Manfaatkan Sumber Panas

Pemanfaatan sumber panas, seperti area pada belakang kulkas atau televisi, bisa membantu kamu untuk mengeringkan pakaian dengan lebih cepat. Akan tetapi saat melakukan hal ini kamu harus berhati-hati agar jaraknya aman dari sumber panas untuk mencegah risiko kebakaran dan kerusakan.

  1. Jemur Pakaian di Dalam Ruangan

Selama musim hujan, menjemur pakaian di dalam ruangan merupakan pilihan yang lebih praktis. Beberapa teknik yang efisien ini bisa kamu terapkan sebagai berikut.

  • Gunakan Jemuran Portabel

Jemuran portabel merupakan investasi yang tepat karena dapat membantu mencegah bau apek pada pakaian dan meningkatkan sirkulasi udara. Jemuran portabel mudah untuk dipindah-pindah, serta bisa dilipat sehingga bisa menghemat tempat saat tidak digunakan.

Pastikan untuk meletakkan pakaian secara rapi di atas jemuran ini untuk memastikan udara bisa bersirkulasi dengan baik sehingga bisa mempercepat proses pengeringan pakaian.

  • Gunakan Gantungan Kaus Kaki

Menggantung pakaian kecil di gantungan kaus kaki bisa membantu kamu dalam mempercepat proses pengeringan tanpa memakan banyak tempat. Pastikan untuk memberi cukup ruang antara setiap pakaian agar udara bisa mengalir dengan baik.

  • Gunakan Hanger atau Gantungan Baju

Menggunakan hanger atau gantungan baju juga bisa membantumu untuk mempercepat proses pengeringan pakaian. Pastikan pakaian tersusun dengan rapi di atas gantungan untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga : Jangan Salah! Ini Cara Jemur Pakaian yang Benar Agar Pakaian Tidak Mudah Rusak, Anak Kost Wajib Tahu

  1. Gunakan Metode Pengeringan Alternatif

Kamu juga bisa mencoba dengan metode pengeringan yang alternatif, yaitu dengan menggunakan alat elektronik, seperti pengering rambut atau setrika. Pastikan untuk memperhatikan jenis kain dan pengaturan suhu agar pakaian tetap aman dari kerusakan.

Itulah beberapa cara ampuh mengeringkan pakaian dengan cepat dan efisien di musim hujan. Mengeringkan pakaian di musim hujan memang bisa menjadi tantangan tersndiri, akan tetapi dengan mengikuti cara di atas, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan lebih mudah.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.