Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Kampus Jurusan Teknik Elektro Terbaik di Indonesia Versi BAN PT

ilustrasi engineer 1 169

 Madingmu.com – Teknik Elektro adalah ilmu yang mempelajari tentang listrik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa akan belajar tentang konsep, desain, pengembangan, dan pembuatan peralatan listrik dan elektronik. Kamu juga akan belajar tentang teknologi pembangkit energi baru, sistem penyimpanan energi, dan metode kontrol hemat energi.

Berikut ini adalah lima kampus yang tidak hanya memiliki akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), tetapi juga memiliki akreditasi luar biasa.

5 Universitas di Indonesia dengan Jurusan Teknik Elektro Terbaik

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Perlu ditekankan bahwa program studi Teknik Elektro di UGM adalah salah satu yang tertua di Indonesia. Keunggulan Teknik Elektro UGM antara lain akreditasi internasional dari ABET (Amerika Serikat) dan IABEE (Indonesia), banyak kerjasama dengan lintas sektor, dan banyak alumni yang menjadi pemimpin di perusahaan-perusahaan ternama.

  1. Intitut Teknologi Bandung (ITB)

Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung ITB dimulai sebagai departemen teknik pada tahun 1947. Accreditation Board for Engineering Technology (ABET) dan Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) telah memberikan akreditasi kepada program studi Teknik Elektro ITB.

Baca Juga: 5 Kampus Jurusan Biologi Terbaik Indonesia Versi BAN-PT

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Teknik Elektro ITS didirikan pada tahun 1960, pada saat pendirian Universitas Negeri Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya, oleh Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia. Teknik Elektro ITS memiliki akreditasi dunia dari ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN QA) dan ASIIN, selain Akreditasi Unggul BAN PT.

  1. Universitas Sebelas Maret

Teknik Elektro UNS memiliki akreditasi dunia “Provisional Accreditation (PA)” dari IABEE di samping sertifikasi Unggul dari otoritas akreditasi nasional. Teknik Elektro UNS didirikan pada tahun 2014 dan menawarkan empat peminatan: Sistem Energi Listrik, Sistem Persinyalan Elektronik, Sistem Mekatronika, dan Sistem Informatika.

Baca Juga: 3 Jurusan Kuliah Dengan peluang Tinggi Bekerja di Luar Negeri

  1. Universitas Brawijaya

Jurusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya telah beroperasi sejak tahun 1978. Proyek Induk Serbaguna Sungai Brantas juga turut membantu berdirinya Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Teknik Elektro Universitas Brawijaya menawarkan tiga peminatan: Sistem Tenaga Listrik (STL), Sistem Kendali dan Elektronika (SKE), dan Sistem Komunikasi dan Informatika (SKI), serta telah mendapatkan akreditasi unggul BAN PT dan akreditasi internasional IABEE.Tenaga listrik (arus tinggi) adalah bidang yang paling populer di Teknik Elektro. Tidak mengherankan jika banyak lulusan Teknik Elektro yang ingin bekerja di industri energi dan tenaga listrik. Namun, peluang kerjanya sangat banyak.

Lulusan Teknik Elektro dibutuhkan di hampir semua industri, termasuk telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, kedirgantaraan, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan layanan, serta bio engineering. Lulusan Teknik Elektro, misalnya, yang bekerja di industri telekomunikasi, memainkan peran penting dalam pengkodean informasi ke dalam sinyal listrik. Selain itu, institusi pemerintah seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga membutuhkan lulusan Teknik Elektro.

Follow Juga: Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.