Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineHiburanRuang SiswaTerpopuler

Apa Ya Lagu Pertama di Dunia?

301667780 130856356325741 112517 20220830024903

Apa Ya Lagu Pertama di Dunia ?

Madingmu.com – Setiap hari ada banyak lagu yang tercipta di dunia ini. Semakin berkembangnya teknologi, lagu-lagu yang pernah tercipta itu bisa dengan mudah kita nikmati dan dengarkan. Lagu itu pun memiliki berbagai macam genre. Mulai genre sedih, bahagia, hingga rock merupakan jenis-jenis lagu yang banyak tercipta dan menarik perhatian para pendengar dunia.

Tapi kamu tau nggak sih apa lagu pertama di dunia? Menurut Trevor Homer dalam bukunya yang berjudul The Book of Origin, dikatakan bahwa lagu pertama yang diciptakan manusia adalah Himne Suriah dengan judul “Hymn to Creation”. Diperkirakan lagu itu dibuat sekitar 3.400-4.000 tahun silam.

Lagu ini ditulis oleh bangsa Sumeria yang tinggal di daerah tenggara Mesopotamia dengan menggunakan bahasa Cuneiform. Bahasa Cuneiform sendiri adalah bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia.

Meskipun lagu pertama di dunia diciptakan oleh bangsa Sumeria, tetapi menurut buku karya Trevor Homer bangsa Yunanilah yang pertama kali menciptakan notasi untuk instrumen dan notasi untuk musik vokal. Notasi musik pertama di dunia pada 470-525 Masehi. Bahkan, mereka juga disebut mengembangkan musik hingga terciptalah lagu pertama di dunia dari Himne Suriah.

Anicius Manlius Severinus Boethius dari Yunani merupakan seorang filsuf yang mengembangkan notasi-notasi musik agar sempurna saat dimainkan. Selain itu, ia juga disebut sebagai pencetus hingga mengembangkan sebanyak 15 huruf dalam alfabet.

sejarah musik 1

Penemuan musik tersebut menjadi tonggak perkembangan nada-nada musik dan lagu hingga memiliki banyak variasi. Penciptaan lagu dari Himne Suriah berjudul “Hymn to Creation” hingga menjadi lagu pertama di dunia pun merupakan faktor Boethius.

Setelah penemuan notasi musik oleh Boethius, dunia musik pun semakin berkembang dan melahirkan musisi-musisi berbakat. Namun pada masa itu, orang-orang di Yunani masih bermain musik dengan cara sederhana. Mereka berkumpul dan beberapa orang di antaranya membentuk ansambel (bermain musik bersama-sama).

Perkembangan musik selanjutnya adalah munculnya penyelanggaraan orkestra pertama di dunia pada tahun 1615 lalu. Orkestra itu menampilkan Giovanni Gabrieli yang mempersembahkan musik bertema Sacrae Symphonie.

Seiring berjalannya waktu dan bertambah majunya perkembangan musik dunia membuat orang-orang semakin kreatif dalam memproduksi lagu. Sehingga sekarang kita sering mendengar lagu lagu dengan berbagai macam genre dan lirik.

 

Penulis: Fazila Ardelia Ramadhani

Sumber: https://www.pramborsfm.com; https://kumparan.com; https://www.popmama.comhttps://indonesiadaily.net

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.