Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Berikut Ini Syarat Masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia, Sekolah Kedinasan Kemenhub

maxresdefault 1

Madingmu.com – Politeknik Perkeretaapian Indonesia berlokasi di Jalan Tirta Raya, Kota Madiun, Jawa Timur. Sekolah kedinasan milik Kemenhub menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit bagi para lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan.

Lulusan Politeknik Perkeretaapian Indonesia bisa bekerja mengabdi di pemerintahan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Tetapi juga perusahaan-perusahaan bidang perkeretaapian nasional maupun internasional. Sehingga lulusan PPI Madiun nantinya bisa berkiprah di tingkat global.

Syarat Masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Bagi siswa yang tahun 2024 yang ingin melanjutkan pendidikan di Politeknik Perkeretaapian Indonesia, perlu tahu apa saja syarat masuknya.

Dilansir dari laman resminya, berikut ini adalah syarat masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia mengacu pada penerimaan sekolah kedinasan Kemenhub 2023:

  • Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg).
  • KTP bagi peserta yang berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb.
  • Ijazah SMA/SMK/MA dan sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA dan sederajat (2 SEMESTER) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12 (dua belas).
  • Dan Surat penyetaraan / persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb.
  • Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kB dengan format .jpg).

Persyaratan lainnya yang diunggah dalam 1 (satu) berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2MB yang terdiri atas :

Jurusan Yang Tersedia dan Kriteria Pendaftaran :

  1. D3 Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial.

  1. D3 Teknologi Elektro Perkeretapian (TEP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi.

  1. D3 Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP)

Jurusan ini terbuka bagi SMA/MA IPA/IPS sederajat, SMK/MAK program keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Bisnis dan Pemasaran, Akuntansi dan Keuangan, Logistik.

  1. D3 Teknologi Mekanika Perkeretaapian (TMP)

Jurusan terbuka bagi SMA/MA IPA sederajat, SMK/MAK program keahlian Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Instrumentasi Industri, Teknik Energi Terbarukan, Teknik Perkapalan dan Teknologi Pesawat Udara (kecuali Aircraft Electricity dan Aviation Electronics).

Itulah informasi mengenai syarat masuk Politeknik Perkeretaapian Indonesia yang perlu dipersiapkan siswa lulusan SMA/MA sederajat.

Informasi lengkap mengenai penerimaan taruna taruni Politeknik Perkeretaapian Indonesia bisa dibaca lewat laman https://sipencatar.dephub.go.id/

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa141
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan185
Editor's Pick1150
Terpopuler1110
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.