Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Ini Dia 3 Kekurangan Work From Home Yang Perlu Kamu Ketahui!

1704505272347

Madingmu.com – Bisa bekerja dari rumah sering kali menjadi keinginan dari banyak orang. Pasalnya, pekerjaan dapat dilakukan dengan santai dengan waktu yang fleksibel. Bekerja dari rumah banyak disebut dengan istilah WFH atau work from home yang mulai banyak dikenal semenjak hadirnya pandemi Covid-19.

Dengan WFH, kamu bisa tetap bekerja untuk mencari penghasilan tanpa harus keluar dari rumah. Meski pun terlihat menyenangkan, ternyata WFH tak semudah yang dibayangkan lho.

Dilansir dari The Economic Times, berikut ini adalah 3 kekurangan dari WFH yang wajib kamu ketahui.

  1. Komunikasi yang Membutuhkan Waktu

komunikasi sinkron

Ketika kamu WFH, segala komunikasi dengan rekan kerja dilakukan secara online. Baik itu melalui pesan, panggilan, maupun e-mail. Tentu nya hal ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan berkomunikasi secara tatap muka.

Kita harus menunggu beberapa waktu untuk menerima respons dari rekan kerja, begitu pula sebaliknya. Hal ini dapat mengganggu efisiensi dari pekerjaan kita. Lantas, yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan memberi waktu khusus untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan rekan kerja kita.

  1. Tidak Ada Batasan dengan Ruang Pribadi

konsep interior tanpa sekat untuk keterbatasan ruang di apartemen pbq

Rumah biasanya tidak didesain untuk kita bekerja, melainkan untuk kita beristirahat, bermain dengan hewan peliharaan, atau berkumpul dengan keluarga. Ketika rumah dijadikan tempat untuk bekerja, maka rasanya menjadi tidak ada batasan antara ruang kerja dengan ruang pribadi. Bekerja dari rumah juga memaksa kamu untuk melakukan pekerjaan di lingkungan yang terbatas.

Hal ini pun bisa mempengaruhi kinerja kamu. Apalagi, terkadang banyak distraksi yang mengganggu fokus terhadap pekerjaan. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan cara membuat ruang kerja tersendiri di rumah yang memberikan kenyamanan untuk bekerja.

  1. Pekerjaan Tidak Terstruktur
depositphotos 344565026 stock photo bearded man fell asleep sitting
Bearded man in white pajamas fell asleep sitting in bed, in the early morning, he worked with a laptop all night and was very tired, at home, in a cozy atmosphere.

WFH dikenal juga dengan fleksibilitasnya dalam bekerja. Akan tetapi, hal ini membawa konsekuensi ketika pekerjaan yang ada menjadi tidak terstruktur. Bahkan, tugas dalam pekerjaan WFH bisa saja terasa tanpa ada hentinya.

Hal ini bisa menjadi tekanan tersendiri bagi kamu. Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengatur dan menyusun prioritas pekerjaan agar lebih terstruktur dan memiliki batasan waktu yang jelas.

Jadi, meskipun dinilai mudah untuk dilakukan, WFH tetap memiliki kekurangan yang dapat mengganggu efektivitas kita dalam bekerja. Namun, semua kekurangan yang ada bisa dihadapi dengan manajemen diri yang baik.

Maka dari itu, kalau kamu mau bekerja secara WFH, pastikan kamu siap dengan tantangannya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.