Selasa , 25 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Begini Tanda Beras di Rumah Sudah Kedaluwarsa, Yuk Cek!

news 94130 1611298724

Madingmu.com – Beras adalah bahan makanan pokok sebagian besar orang Indonesia yang harus selalu tersedia setiap bulannya. Tak heran jika beberapa orang bahkan bisa menyimpan beras berkarung-karung di rumah sebagai stok.

Tapi, yuk coba cek stok berasmu sekarang! Apakah masih layak makan atau sudah kedaluwarsa?

Serupa dengan bahan makanan lainnya, beras juga dapat mengalami perubahan kualitas dan kandungan lho seiring dengan berjalannya waktu. Artinya, beras juga mempunyai batas umur penyimpanan alias bisa kedaluwarsa. Masa kadaluarsa beras tergantung dari jenis beras itu sendiri.

Perhatikan, berikut ini tanda-tanda jika beras kamu sudah kedaluwarsa.

Lama Usia Penyimpanan Beras

beras organikjpg 20240331110534

Dilansir dari laman Healthline, umur penyimpanan beras kering tergantung pada jenis berasnya. Beras merah dan beras hitam misalnya, bisa menjadi tengik lebih cepat ketimbang beras putih. Hal ini lantaran beras merah dan beras hitam tidak melalui proses penggilingan atau dipoles dan memiliki kandungan minyak atau lemak yang lebih tinggi.

Meski begitu, beras dapat disimpan dengan aman pada suhu kamar. Beras putih yang disimpan dalam suhu kamar atau sekitar 26 derajat celcius dapat bertahan sampai 2 tahun, sementara beras merah hanya bisa bertahan 3-6 bulan sejak tanggal pembuatannya.

Ciri-ciri Beras Yang Sudah Kedaluwarsa

maxresdefaultjpg 20220102052631

Beras juga mempunyai tanggal kedaluwarsa yang biasanya tercantum di kemasan beras. Sayangnya, dalam beberapa kondisi, misalnya pada beras curah atau beras kiloan, seringkali tidak ditemui tanggal kedaluwarsa. namun beras tersebut masih bisa dikonsumsi dengan aman setelah tanggal tersebut, terutama jika tidak ada tanda-tanda kerusakan pada kemasan produk.

Sebenarnya cukup mudah lho untuk mengetahui apakah beras sudah busuk. Periksalah kemasan beras yang kamu beli, apakah ada tanda-tanda pembusukan seperti lubang, serangga, kelembapan, atau air yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur. Khusus untuk beras merah, cek apakah terjadi perubahan pada warna, bau tengik, atau tekstur yang berminyak.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Ardiansyah, Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie menjelaskan ciri-ciri beras tak layak makan, di antaranya beras berbau apek, terdapat kutu beras, perubahan warna butir beras, dan beras ditumbuhi jamur.

Bahaya Mengonsumsi Beras Kedaluwarsa

beras foto ricardojpnncom 4vo3l

Jangan menganggap remeh, mengkonsumsi beras yang telah kedaluwarsa ternyata cukup berbahaya, loh. Menurut penelitian dalam jurnal Food Science and Biotechnology (2019), kualitas nutrisi beras bisa menurun ketika kedaluwarsa karena meningkatkan populasi jamur. Beras yang telah terkontaminasi oleh jamur dapat menghasilkan zat beracun berupa mikotoksin.

Jika tertelan, mikotoksin juga dapat menyebabkan gejala keracunan makanan, seperti muntah, mual, sakit perut, dan diare, hingga paling parah meningkatkan risiko kanker dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Populasi jamur tertentu bahkan masih bisa bertahan ketika dimasak.

Cara Menyimpan Beras yang Baik

harga beras putih

Ketahanan umur simpan beras tergantung dari cara penyimpanannya. Untuk mempertahankan kualitas beras agar tahan lama, simpanlah beras di tempat yang kering, bersuhu ruang atau dingin, serta di dalam wadah kedap udara untuk melindungi beras dari kelembapan dan serangga kecil.

Opsi lain adalah mengemas beras dengan cara divakum, sehingga beras bisa tahan lebih lama karena oksigen dan bakteri tidak bisa masuk.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.