Selasa , 25 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHealthcareTerpopuler

Mudah Ditemukan! Ternyata Sayuran Ini Bisa Menurunkan Kolestrol Yang Tinggi!

Artikel 979957728

Madingmu.com – Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. Selain dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga, menurunkan kolesterol juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makan yang sehat, seperti mengonsumsi sayuran.

Namun apakah kamu tau apa sih yang dimaksud dengan kolesterol? Kolesterol adalah zat lilin alami yang diproduksi oleh sel-sel hati. Kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan, seperti daging, kuning telur, udang, dan lain sebagainya.

Kolesterol sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin D, hormon, serta mendukung proses pembentukan sel. Tapi jika jumlahnya terlalu banyak, kolesterol dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan. Terutama, kolesterol jahat atau yang disebut juga low-density lipoprotein (LDL).

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sayuran penurun kolesterol yang bisa didapat dengan mudah sehari-hari.

  1. Bayam

Tak Hanya Lezat Ini X Manfaat Bayam bagi Kesehatan Tubuh 01.jpg

Serat adalah salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol. Serat, terutama serat larut, dapat menurunkan kolesterol dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Bayam termasuk sayuran yang tinggi akan serat. Satu cangkir bayam dapat mengandung sekitar 6 gram serat, yang tentunya sangat bermanfaat dalam membantu menurunkan kolesterol. Inilah alasan mengapa bayam menjadi salah satu sayuran penurun kolesterol yang kerap direkomendasikan.

  1. Brokoli

028108800 1496300267 Brokoli

Sayuran ini mengandung serat larut yang dapat menekan kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, brokoli juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kangkung

6479fd6c38b10

Mengandung serat larut yang berperan dalam menghambat penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

Sayuran hijau seperti kangkung juga mengandung antioksidan yang dapat mengikat asam empedu yang berasal dari kolesterol, sehingga mengurangi akumulasi kolesterol dalam darah.

  1. Timun

066196100 1561538042 Konsumsi Timun untuk Diet Efektifkah By Lyubimova Tatiana Shutterstock

Sayuran penurun kolesterol lainnya adalah timun. Timun mengandung serat tinggi yang dapat memperlambat proses penyerapan lemak di sistem pencernaan, sehingga secara tidak langsung membantu menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

Timun juga mengandung kalium (potasium) dan magnesium yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah

  1. Wortel

ilustrasi wortel sumber vitamin a

Berbicara tentang khasiat wortel, mungkin yang pertama terlintas adalah kesehatan mata. Namun, sayuran oranye ini ternyara juga bisa membantu dalam menurunkan kolesterol loh.

Hal ini berkat senyawa beta karoten BCO1 yang ada pada wortel. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2021 menyebutkan BCO1 adalah senyawa aktif yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah.

  1. Kubis brussel

188 Mengenal Lebih Dekat Brussel Sprout

Kubis brussel sering dianggap sebagai ‘makanan super’ untuk menjaga kesehatan kardiovaskular, termasuk dalam menurunkan kolesterol. Pasalnya, kubis brussel mengandung serat larut tinggi yang mampu mengikat kolesterol saat berada di dalam sistem pencernaan.

Selain itu, kubis brussel juga dapat membantu menyeimbangkan kadar garam dalam darah, sehingga mencegah risiko hipertensi.

  1. Tomat

shutterstock 2016295385 1

Selain kaya akan vitamin, tomat mengandung antioksidan bernama likopen. Likopen adalah senyawa yang memberikan warna merah pada tomat.

Namun tak hany itu, likopen juga dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian menemukan asupan likopen sebanyak 25 mg setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.