Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Atasi Rambut Kering Dengan 5 Cara Sederhana Ini!

closeup portrait woman hands holding dry damaged hair eds having trichology problem
Closeup portrait of woman hands holding dry damaged hair eds, having trichology problem.

Madingmu.com – Salah satu hal menakutkan bagi kebanyakan wanita adalah rambut kering. Bagi wanita rambut adalah makota, sehingga keindahannya harus selalu dijaga. Selain membuat rasa percaya diri menurun, rambut kering dan tidak sehat juga membuat diri menjadi tidak nyaman.

Tapi jangan khawatir, madingmu punya informasi bagaimana cara mengatasi rambut kering tidak sehat dengan cara ini.

1. Hindari keramas berlebihan

lady using shampoo wash clean her hair bathroom with splash shower spray water scaled
Langkah pertama untuk mencegah rambut kering adalah dengan mengurangi frekuensi keramas. Keramas memang membantu menjaga kebersihan rambut, namun terlalu sering melakukannya justru tidak baik untuk ksehatan rambut. Keramas setiap hari hanya akan membuat rambut semakin kering. Jika kamu memang terpaksa harus keramas setiap hari karena kegiatan yang mengharuskan, maka kamu wajib melakukan perawatan tambahan.

Baca Juga: Tips Merawat Kulit Kering Dengan Cara Sederhana

2. Gunakan vitamin rambut

side view woman hair slugging night routine scaled

Sama seperti tubuh, rambut juga memerlukan nutrisi. Selain mengkonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa menggunakan vitamin untuk kesehatan rambut, seperti Vitamin A, B, C, D, dan E adalah beberapa vitamin yang dapat menjaga rambut Anda tetap berkilau.

Konsumsi juga berbagai makanan sehat, termasuk ikan, sayuran hijau, buah-buahan seperti melon dan mangga, kacang-kacangan, dan buah-buahan. Dengan demikian, hal ini tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh tetapi juga membantu menjaga kesehatan rambut.

3. Gunakan minyak zaitun

side view woman hair slugging night routine 1 scaled

Menurut Medical News Today, orang yang memiliki rambut kering dapat menggunakan minyak zaitun untuk mencegahnya. Minyak zaitun mengandung vitamin E dan antioksidan lain yang dapat mengunci kelembapan pada lapisan luar rambut (kutikula) dan memperbaiki kerusakan rambut.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup masukkan setengah cangkir minyak zaitun ke dalam stoples dan panaskan. Setelah itu, berikan pijatan lembut pada area rambut selama beberapa menit sebelum menutupnya dengan air hangat.

Setelah 30-45 menit didiamkan, bilas rambut dengan air. Ulangi proses ini beberapa kali untuk membantu rambut Anda menjadi sehat.

4. Jangan terlalu sering keramas dengan air panas

woman washing head hairsalon 1 scaled
Terlalu sering membilas rambut dengan air panas ternyata dapat menyebabkan rambut mudah kering, lho. Sebab, air panas dapat menghilangkan kelembapan alami pada rambut. Bahkan, dalam kondisi tertentu air panas bisa menghambat pertumbuhan rambut, sehingga mudah kering dan rusak.

Baca Juga: 3 Perawatan High Heels Agar Tidak Mudah Rusak

5. Jangan terlalu sering menggunakan hairdryer ataupun straightener

young pretty woman holding hair dryer straightening isolated white scaled

Salah satu penyebab rambut kering dan rusak adalah pemakaian Hair dryer dan hair straightener (catokan) yang terlalu sering.

Sebaiknya, pakai hair dryer jika memang dalam kondisi yang mendesak sehingga rambut cepat kering. Apabila tidak, kamu bisa mengangin-anginkan rambut agar kering secara alami.

Lalu bagaimana jika berhijab? Meskipun rambut kamu tidak terlihat karena menggunakan hijab, namun tidak ada salahnya kok untuk merawat rambut agar sehat.

Follow Juga: Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1493
Terpopuler1448
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.