Selasa , 23 April 2024
HeadlineEditor's PickSerba SerbiTerpopuler

4 Rangkaian Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

rahasia rambut sehat dan kuat min

Madingmu.com –  Rambut menjadi mahkota bagi perempuan. Sayangnya, masih banyak yang lupa untuk merawat rambut dengan baik. Apa kamu salah satunya?

Mungkin, banyak yang masih berpikir bahwa merawat rambut secara menyeluruh hanya bisa dilakukan di salon kecantikan. Sedangkan, perawatan di rumah hanya cukup dengan keramas saja.

Padahal, kamu bisa lho, mulai membiasakan merawat rambut di rumah. Layaknya merawat kulit tubuh dan wajah, perawatan rambut juga bisa dilakukan di rumah dengan memanfaatkan berbagai produk perawatan rambut yang beredar di pasaran.

Dilansir dari laman luxyhair.com, sebelum memulai perawatan rambut, kamu harus mengetahui dulu jenis rambutmu. Setelah itu, kamu baru bisa memilih produk perawatan yang sesuai. Sedangkan, menurut gisou.com, mengetahui jenis rambut saja tidak cukup, kamu juga harus memperhatikan kondisi rambutmu.

Masalah apa yang sedang dialami rambutmu, harus menjadi perhatian utama. Rambut kering, bercabang, kusut, berminyak, rusak akibat bahan kimia, hingga berketombe, menjadi beberapa masalah rambut.

Kemudian, kamu juga perlu menentukan tujuan perawatan rambut. Misalnya, kamu ingin merawat rambut agar mendapatkan rambut yang lebih sehat, rambut yang berkilau, lembab, bergelombang, hingga rambut dengan kulit kepala yang bersih.

Dilansir dari laman luxyhair.com dan gisou.com, berikut ini empat rangkaian dan tipsnya. Simak dibawah ini.

Membersihkan Batang Rambut dan Kulit Kepala

066647700 1639635109 woman washing head hairsalon

Mencuci rambut atau keramas  adalah perawatan rambut yang sangat mendasar. Keramas membantu dalam membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak berlebih, serta sel kulit mati.

Kamu direkomendasikan untuk keramas hanya dua hingga tiga kali seminggu. Waktu keramas bisa disesuaikan dengan jenis rambut dan aktivitas yang kamu lakukan.

Jika kamu memiliki segudang aktivitas yang menyebabkan banyak keringat, keramas bisa dilakukan tiga kali seminggu. Begitu pula untuk pemilik kulit kepala berminyak. Sedangkan, bagi pemilik rambut kering, keriting dan tebal, keramas hanya cukup dilakukan dua kali seminggu.

Tidak hanya membersihkan batang rambut dengan shampoo, kamu juga bisa memijat kulit kepala perlahan. Cara ini dilakukan untuk membantu oksigen beredar dengan baik di kulit kepala, sehingga rambut jadi lebih sehat.

Melembabkan Batang Rambut

image

Kelembaban alami rambut bisa menghilang ketika kamu keramas, kamu bisa mengembalikan kelembabannya dengan menggunakan conditioner. Apapun jenis dan masalah rambutmu, produk perawatan satu ini wajib untuk dimiliki.

Aplikasikan conditioner dari tengah hingga ujung batang rambut. Gunakan jari untuk menyisir rambut. Lalu, sisir rambut menggunakan sisir bergigi jarang untuk memastikan conditioner terserap dengan baik. Tunggu satu hingga dua menit, sebelum kembali membilasnya.

Kamu juga bisa menggunakan conditioner tanpa bilas, untuk rambut dalam kondisi kering. Tidak hanya menjaga kelembabannya, conditioner bisa menutrisi batang rambut lebih maksimal.

Pastikan kamu memeriksa bahan pada kemasan produk conditioner, ya, Beauties. Hindari bahan sulfat dan silikon. Pilihlah bahan yang ringan dan dapat merawat batang rambut lebih baik.

Melindungi dan Menata Rambut

melindungi rambut dari panas eksternal dengan heat protector

Apabila tidak memiliki banyak waktu luang, biasanya orang akan mengeringkan rambut dengan alat yang mengandung panas. Jika tidak dirawat dengan benar, alat pengering rambut bisa menyebabkan rambutmu kering dan rusak.

Karena itu, kamu harus mengaplikasikan vitamin atau produk serum pelindung rambut. Setelahnya, baru deh, kamu bisa menggunakan alat pengering maupun alat penata rambut yang menggunakan panas.

Kamu juga bisa memilih produk dengan bahan untuk melindungi rambut dari sengatan sinar matahari. Apalagi bagi kamu yang tidak berkerudung dan memiliki aktivitas di luar ruangan. Perawatan ini dilakukan untuk melindungi rambut dari kerusakan akibat panas dari alat penata rambut maupun sinar matahari.

Namun, jika memiliki banyak waktu luang, hindari menggunakan pengering rambut, ya. Kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan handuk microfiber. Serap kelebihan air di rambut, tanpa harus menggosoknya. Lalu, gunakan produk vitamin atau serum, dan biarkan mengering.

Perawatan Tambahan

hair coloring with brush white wall 3039453908

Rangkaian perawatan rambut terakhir yang bisa kamu tambahkan adalah masker rambut dan perawatan kulit kepala. Kamu bisa menggunakan masker setiap satu minggu sekali. Penggunaan masker bisa membantu rambut tampil lebih sehat dan cantik.

Perawatan kulit kepala bisa dilakukan dengan mengaplikasikan produk hair tonic. Biasanya, produk ini memiliki bahan yang dapat menjaga kekuatan akar rambutmu.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.