Jumat , 19 Juli 2024
HeadlineEditor's PickKilas Pendidikan

Apa sih Kurikulum Merdeka itu? Simak Penjelasan dan Tujuannya

kurikulum merdeka

Madingmu.com – Untuk kamu anak sekolahan mungkin kamu pernah dengar mengenai kabar kurikulum merdeka ini. Apakah kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru pengganti Kurikulum 2013?

Sekitar tahun 2022 lalu, Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) RI Nadiem Makarim mengumumkan adanya kurikulum baru  yang asalnya dikenal dengan Kurikulum Prototipe untuk Sekolah Penggerak kini berganti menjadi Kurikulum Merdeka.

Apa sih Kurikulum Merdeka itu?

download 4 1

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang bertujuan untuk mengasah minat serta bakat anak sedari dini. Kurikulum Merdeka memfokuskan pada materi esensial, pengembangan karakter dan kompetensi siswanya.

Kurikulum ini pun telah diuji coba di 2.500 sekolah penggerak. Dan berdasarkan data Kemdikbud Ristek, hingga kini sudah ada 143.265 sekolah yang menggunakan kurikulum merdeka ini.

Dan kini jumlahnya pun semakin meningkat sejalan dengan mulai diterapkannya Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022/2023 mulai dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA.

Baca juga : Maudy Ayunda diterima di 5 Kampus Bergengsi Dunia

 

Lalu kapan mulai diterapkannya?

close up kid learning online

Selama periode tahun 2022-2024 Kemdikbud Ristek merencanakan kurikulum merdeka diberlakukan hanya sebagai pilihan tambahan saja, sebagai pemulihan pembelajaran pasca pandemi.

Namun mulai tahun 2024, diharapkan Kurikulum Merdeka sudah bisa diterapkan secara nasional. Untuk sementara waktu, seluruh sekolah bisa menerapkan kurikulum merdeka secara bertahap sesuai dengan kesiapannya masing-masing.

Pembeda Kurikulum Merdeka dengan Sebelumnya?

Perbedaan dari kurukulum merdeka dan sebelumnya sangat jelas terasa. Pada Kurikulum 2013 siswa harus mempelajari seluruh mata pelajaran (dari tingkat TK-SMP) dan akan ada penjurusan seperti IPA/IPS saat SMA, berbeda dengan Kurikulum Merdeka. Di kurikulum baru ini, siswa tidak lagi belajar demikian.

Kurikulum Merdeka lebih mengutamakan strategi pembelajaran berbasis proyek. Siswa akan menerapkan materi yang sudah dipelajari lewat studi kasus atau proyek. Jadi, pemahaman konsep dapat terlaksana lebih baik.

Kalo kamu lebih suka yang mana nih? Kurikulum merdeka atau Kurikulum sebelumnya ?

Baca juga : Menjaga Tradisi Budaya Nusantara Dalam Implementasi P5BK Dengan “Tema : Bhineka Tunggal Ika” di SMK PGRI Subang

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.