Jumat , 24 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Apa Benda Terkecil yang Bisa Dilihat Manusia? Ini Jawabannya

mata
Sumber:google/Merdeka.com

Madingmu.com – Ada banyak hal yang bisa Anda lihat ketika Anda melihat sekeliling, seperti pepohonan, burung, dan mobil. semua yang bisa dilihat oleh mata telanjang. Anda mungkin bisa melihat Bulan, bintang, dan bahkan planet yang jauh jika Anda melihat ke langit malam. Objek-objek tersebut bisa jadi berada jutaan kilometer jauhnya.

Namun, kita tidak dapat melihat banyak hal yang ada di sekitar kita, seperti bakteri, tungau debu, dan patogen. Benda-benda ini disebut sebagai objek mikroskopis.

Objek Miniatur

Dengan menggunakan mikroskop, manusia bisa melihat benda-benda yang dianggap mikroskopis. Karena keterbatasan mata manusia, seperti yang Anda ketahui, manusia tidak dapat melihat benda-benda yang sangat kecil dengan mata
mereka sendiri. Sebuah objek dapat diperbesar sehingga kita dapat melihatnya dengan menggunakan peralatan seperti kaca pembesar, mikroskop, dan teleskop.

Membuat sesuatu tampak lebih besar daripada yang sebenarnya dikenal sebagai pembesaran. Kaca pembesar memperbesar ukuran gambar yang dikirim ke mata dengan cara membelokkan cahaya pada suatu sudut menggunakan lensa tertentu (atau kombinasi lensa).

Menurut Wonderopolis, meskipun ukuran fisik suatu benda tidak berubah, Anda dapat melihatnya dengan lebih jelas apabila gambar yang dikirimkan ke mata melalui lensa lebih besar.

Baca Juga: 16 Tipe Kepribadian Manusia Berdasarkan Tes MBTI, Kamu Tipe yang Mana?

Objek Terkecil yang Dapat Dilihat oleh Mata Manusia

Lalu, apa objek terkecil yang dapat dilihat oleh manusia? Menurut para ahli, mata normal dengan penglihatan normal dapat melihat objek sekecil 0,1 milimeter dengan mata telanjang dan tanpa menggunakan perangkat tambahan apa pun. Rambut manusia dan kutu adalah objek terkecil yang biasanya dapat dilihat oleh manusia dengan mata telanjang.

Namun, penggunaan mikroskop khusus memungkinkan manusia untuk melihat benda-benda yang sangat kecil yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Saat ini, manusia dapat melihat benda-benda sekecil satu mikrometer, atau 0,001 milimeter, dengan mikroskop konvensional.

Mikrosfer pada Skala Nano: Sebuah Penemuan Baru

Objek sekecil 20 kali lebih kecil dapat dilihat oleh manusia berkat penemuan baru yang disebut mikroskop mikrosfer nano, yang menggabungkan mikroskop konvensional dengan peralatan canggih. Dengan menggunakan teknologi baru yang ampuh ini, para ilmuwan berharap dapat mengintip ke dalam sel manusia dan bahkan menganalisis virus yang hidup secara dekat untuk pertama kalinya. Menurut para ilmuwan, kemampuan untuk menggunakan teknik ini untuk melihat objek yang sangat kecil sekalipun akan diperluas di masa depan.

Secara teoritis, menurut banyak akademisi, tidak ada batasan seberapa kecil benda yang dapat dilihat di masa depan.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan213
Editor's Pick1497
Terpopuler1452
Opini10
Serba Serbi619

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.