Kamis , 23 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

9 Tips Menghafal dengan Cepat, Dengan Metode Yang Benar

young english student learning language using offline work book concentrated reading memorizing

Madingmu.com – Menghafal merupakan kegiatan memasukkan informasi ke dalam otak yang kemudian disimpan di dalam memori. Kegiatan ini sering kali menjadi masalah bagi sebagian besar pelajar di Indonesia maupun pada masyarakat umum dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi menghafal bisa menjadi lebih mudah jika kamu mengetahui triknya dengan benar. Berikut ini tips bagaimana cara menghafal dengan cepat, simak dibawah ini :

1.Pahami Konsep

Kebanyakan orang menghafal dengan mengunakan metode membaca secara berulang-ulang. Akan tetapi metode tersebut akan sia-sia jika kamu tidak dapat memahami konsep dari materi yang kamu baca.

Memahami konsep dapat dilakukan dengan cara membuat poin-poin penting dari materi yang hendak dihafalkan. Daripada menghafal seluruh isi tulisan, menghafal akan menjadi lebih cepat serta efektif apabila kamu memahami konsepnya dengan baik.

2. Buat Mind Map atau Peta Konsep

Jika kamu sudah paham mengenai konsep materi seperti yang telah dijelaskan, maka langkah selanjutnya ialah kamu perlu memvisualisasikan konsep tersebut dalam bentuk gambar.

Menggambar memerlukan kemampuan otak kanan yang melibatkan intuisi, imajinasi dan juga kreativitas. Visualisasi materi dalam gambar akan mempermudah dalam mengingat hafalan. Ingatan tentang gambar akan disimpan di bagian otak kanan, sedangkan tulisan disimpan di otak kiri.

3. Menulis Apa yang Hendak Di Ingat

Daripada hanya sekadar mengingat-ingat, cobalah tuangkan hafalan tersebut ke dalam bentuk tulisan. Menulis dinilai dapat memberikan ruang untuk kamu belajar secara visual. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, gambar atau visual nantinya akan disimpan di otak kanan.

4. Pilih Waktu Terbaik untuk Menghafal

Eran Katz dalam bukunya Secrets of Super Memory yang mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi memori seseorang. Faktor tersebut adalah gangguan, pecahnya perhatian, keadaan fisik yang lelah, pengaruh zat kimia tertentu, dan suasana hati.

Oleh karena itu, saat menghafal kamu terhindar dari distraksi atau gangguan apapun. Buatlah dirimu dalam kondisi yang tenang, nyaman, segar, tidak mengantuk, serta mood yang bagus. Usahakan pula kamu mematikan ponsel saat sedang menghafal, supaya tidak terganggu.

5. Lakukan Hafalan di Tempat yang Sepi

Cara menghafal dengan cepat lainnya yaitu dengan menghafal di tempat yang sepi. Tempat yang sepi dan sunyi akan membuatmu lebih mudah fokus dan berkonsentrasi. Ketika tingkat konsentrasi dalam kondisi yang baik, maka hafalan pun akan lebih cepat masuk ke dalam otak.

6. Menghafal dengan Lagu

Otak kanan cenderung memiliki kemampuan intuitif, imajinatif, subjektif, holistik, sintesis, dan bersifat long term memory (memory jangka panjang). Selain gambar, otak kanan juga menyimpan memori tentang musik atau suara.

Cara menghafal dengan cepat lainnya ialah kamu bisa mengubah materi hafalanmu menjadi sebuah lagu. Agar mudah di ingat gunakan nada pada lagu anak-anak yang cukup familiar, lalu ubah liriknya menjadi materi hafalanmu.

7. Memberikan Jeda Ketika Menghafal

Ketika sedang menghafal, pastikan kamu memberi jeda agar otakmu dapat beristirahat sejenak. Jika proses hafalan dilakukan terus-menerus tanpa jeda, kinerja otak akan menurun. Oleh karena itu, menghafal dengan sistem kebut semalam sangat tidak disarankan.

8. Istirahat yang cukup

Eran Katz dalam bukunya yang diterjemahkan oleh Iryani Syahrir dan Dieni Purwandari tersebut menjelaskan bahwa otak memang dapat diisi dengan informasi dalam jangka waktu yang terbatas.

Apabila kamu mengisi otak dengan informasi secara terus-menerus maka sebagian informasi itu akan tumpah. Akibatnya tidak akan ada materi yang diingat atau dihafal dengan baik.

9. Jadikan Menghafal Sebagai Hal yang Menyenangkan

Jadikan menghafal sebagai hal yang sangat menyenangkan. Salah satu penyebab mengapa kamu sulit menghafal sesuatu adalah karena kamu menjadikannya sebagai beban dan sesuatu yang ditakuti. Anggaplah kegiatan menghafal itu sebagai tantangan baru yang membawa kamu menuju perkembangan diri yang lebih baik.

Itu 9 tips menghafal dengan cepat. Kesulitan menghafal sebenarnya bukan disebabkan oleh otak yang lemah, melainkan karena metode menghafal nya yang kurang tepat.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan215
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa156
Beasiswa293
School lifehack152
Hiburan212
Editor's Pick1493
Terpopuler1448
Opini10
Serba Serbi618

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.