Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Berminat Bekerja Di Perusaan Migas? Pilih 6 Jurusan ini!

download 20

Madingmu.com – Memilih jurusan kuliah bisa menentukan pekerjaan kamu setelah lulus nanti. Indonesia adalah negara yang memiliki keberlimpahan kekayaan alamnya. Pertambangan dan perminyakan adalah dua industri dengan profit yang cukup besar di Indonesia.

Untuk kamu calon mahasiswa, yang berminat untuk bekerja di perusahaan minyak dan gas ( migas). Dikutip dari laman resmi Akupintar, Madingmu share rekomendasi 6 jurusan kuliah yang berpeluang untuk bisa bekerja di perusahaan Migas

Baca Juga : 12 Jurusan Kuliah Yang Sulit Tergantikan Oleh AI (Artificial Intelligence)

1. Teknik Pertambangan

Jika kamu tertarik di jurusan ini, kamu bisa memilih Teknik Pertambangan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung, ataupun Universitas Hasanuddin. Selama berkuliah kamu akan dibekali ilmu mengenai proses pengambilan sumber daya mineral dari bumi dan pemanfaatannya secara efisien dan aman. Setelah lulus kuliah, kamu bakal punya bekal pengetahuan tentang eksplorasi, perencanaan tambang, pengelolaan tambang, pengolahan mineral, reklamasi lahan, manajemen lingkungan, prinsip-prinsip keuangan, maupun manajemen.

2. Rekayasa Minyak dan Gas

Rekayasa Minyak dan Gas (Oil and Gas Engineering) adalah bidang ilmu teknik yang menangani perencanaan, pembuatan, dan pemeliharaan sistem yang terlibat dalam produksi, pengolahan, transportasi, dan penyimpanan minyak dan gas bumi.

Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai pengeboran sumur, instalasi pipa, pengolahan minyak dan gas di pabrik, penyimpanan sementara di tangki-tangki sebelum dikirim ke pembeli, pemeliharaan dan perbaikan sistem, hingga pengelolaan aspek-aspek ekonomi dan lingkungan yang terkait dengan produksi minyak dan gas.

Baca Juga : Jenjang Karir Kuliah Jurusan Ekonomi

3. Teknik Geofisika

Teknik geofisika adalah sebuah metode dalam pengukuran dan analisis sifat-sifat fisik bumi, seperti kepadatan ataupun magnetisasi, dan sifat elektrik bumi. Metode tersebut juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi sumber daya alam, seperti mineral, batu bara, dan gas alam.

Sama seperti alumni Teknik Perminyakan, alumni Teknik Geofisika memang punya peluang kerja yang bagus di industri pertambangan dan perminyakan. Teknik Geofisika ini di antaranya dibuka di Universitas Syiah Kuala, Universitas Lampung, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, atau kampus-kampus yang lain.

4. Teknik Geomatika

Teknik Geomatika memang tidak secara langsung terkategorikan sebagai jurusan pertambangan dan perminyakan. Di jurusan ini mahasiswa akan belajar mengenai teknologi informasi geografis (GIS), penginderaan jauh (remote sensing), dan sistem informasi geospasial (GIS) yang penting dalam pengelolaan sumber daya alam dan konservasi alam dalam industri pertambangan minyak dan gas. Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah salah satu kampus yang membuka Jurusan Teknik Geomatika.

5. Teknik Geologi Jurusan

Jika kamu tertarik berkuliah di jurusan ini, kamu bisa mengambil Universitas Padjadjaran dan bisa menjadi rekomendasi jurusan untuk bekerja di perusahaan migas. Sebagai sebuah disiplin ilmu, Teknik Geologi menggabungkan antara pengetahuan geologi dengan teknik.

Teknik Geomatika adalah ilmu yang mempelajari cara menganalisis struktur bumi dan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya, seperti mineral, batu bara, dan gas alam. Teknik geologi juga mencakup pengelolaan lingkungan dan dampak dari kegiatan eksplorasi sumber daya alam.

Baca Juga : Pilih Salah Satu dari 5 Jurusan Ini Jika Kamu Mau Jadi Astronot

6. Teknik Perminyakan

Kampus yang memiliki jurusan Teknik perminyakan ini adalah UPN Veteran Yogyakarta. Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai cara mengebor, mengeksplorasi, mengolah, dan mengeksploitasi minyak bumi dan gas alam. Aspek teknis yang akan dipelajari, seperti geologi, geofisika, reservoir engineering, drilling, produksi, perencanaan, manajemen operasi lapangan, hingga pengelolaan aset minyak dan gas.

Itu dia 6 rekomendasi kampus dan jurusan untuk kamu yang berminat bekerja di perusahaan migas. Jangan salah! Gaji yang akan kamu terima besar loh kalo kamu bekerja di bidang ini.

Follow Juga : Instagram Madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.