Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

Tips Panjang Umur dan Awet Muda Ala Warlok Jepang, Hindari Makan Ini!

medium shot people sitting table together

Madingmu.com – Selain dikenal dengan budayanya yang unik, warga negara jepang juga memiliki pola hidup yang menyehatkan juga. Salah satunya adalah dengan menjaga pola makan yang menyehatkan, gaya hidup tersebut diyakini dapat membuat orang Jepang berumur panjang. Menurut data, banyak orang Jepang yang dapat hidup hingga lebih dari 100 tahun dan masih dalam kondisi sehat.

Menurut ahli diet Jepang, Michiko Tomioka, beberapa makanan yang paling dihindari dikonsumsi oleh orang Jepang. Dia mengklaim bahwa Jepang memiliki harapan hidup yang tinggi karena praktik ini.

Menurut Michiko, orang Jepang cukup pemilih dalam hal makanan yang mereka makan. Itulah yang juga dilakukan oleh ibu Michiko, yang kini berusia 86 tahun dan dalam kondisi yang baik setelah selamat dari kanker.

Baca Juga : Filosofi Hidup Orang Jepang Yang Bisa Banget Kita Tiru!

Beberapa makanan yang harus dihindari adalah permen. Beberapa makanan berbasis permen memiliki kandungan gula yang tinggi. Michiko menyarankan untuk mengonsumsi pisang beku, cokelat hitam tanpa pemanis, atau puding biji chia dengan madu dan sirup jika Anda ingin menikmati makanan manis.

Selain permen, warga jepang juga menghindari makanan ini untuk alas an Kesehatan :

1. Daging olahan

Daging olahan mengandung garam berkadar tinggi dan lemak jenuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko kanker yang tinggi, seperti kanker kolorektal dan kanker payudara.

Untuk mengganti kebutuhan protein, Michiko menyarankan dan lebih memilih mengkonsumsi tahu.

2. Fastfood

Michiko mengatakan fastfood atau makanan cepat saji bisa lebih mudah menyebabkan kembuh dan lelah. Terlebih, kandungan tinggi garam, lemak trans, dan lemak jenuh pada hidangan tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Jika menginginkan makanan sejenis itu, ia lebih suka mengkonsumsi patty tahu di atas bola nasi merah yang renyah, dengan taburan edamame.

Baca Juga : 5 Universitas Terbaik di Jepang, Nomor 10 Kampusnya Jerome Polin

3. Soda

Terlalu sering mengkonsumsi minuman bersoda dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Pada beberapa kasus, Michiko mengungkapkan konsumsi minuman tinggi gula dapat menghambat konsentrasi dan memicu migrain.

Sebagai gantinya, Michiko lebih suka mengkonsumsi minuman yang menyegarkan dan rendah kalori seperti teh hijau, seperti es matcha atau hojicha yang mengandung lebih sedikit kafein.

4. Sereal yang manis

Dalam penjelasannya, Michiko mengaku anti terhadap hidangan sarapan sereal yang manis. Pasalnya, tinggi gula pada sereal tersebut dapat memicu masalah tekanan darah, penambahan berat badan, peradangan, hingga risiko diabetes. Sebagai alternatif, ia lebih menyukai sarapan sehat seperti natto dengan nasi multigrain.

Baca Juga : Japan live in 2050 – Robot Koki di Shibuya, Mampu Masak Mie Berbagai Rasa

5. Krim keju

Meski produk susu adalah sumber kalsium dan protein yang baik, tapi tidak semua produk keju dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Maka dari itu, Michiko menyarankan untuk menghindari asupan krim keju untuk menekan risiko kolesterol. Sebagai gantinya, ia lebih suka mengkonsumsi kinako yang terbuat dari tepung kedelai dan pasta wijen.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.