Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

8 Kelompok Orang Dengan Kondisi Tertentu Yang Tidak Boleh Konsumsi Kunyit!

093619700 1482384393 turmeric

Madingmu.com – Kunyit adalah salah satu rempah atau bumbu yang dapat digunakan untuk penyedap hidangan. Kunyit memiliki sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan nutrisi utamanya yaitu kurkumin. Kurkumin bersifat anti inflamasi dan antioksidan, serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung atau kardiovaskular. Akan tetapi terdapat sejumlah kelompok orang lho yang tidak boleh mengonsumsi kunyit. Karena dapat memicu atau memperparah masalah kesehatan tertentu. Lantas, siapa saja sih kelompok orang yang tidak boleh mengkonsumsi kunyit?

Berikut ini 8 Kelompok orang dengan kondisi tertentu yang tidak boleh konsumsi kunyit :

  1. Penderita Gangguan Pendarahan

 

Hemofilia 5a1973b242fdd35ee5628124Bagi seseorang yang menderita gangguan pendarahan karena pembekuan darah, sebaiknya hindari untuk konsumsi kunyit. Hal ini dikarenakan konsumsi kunyit dapat memperlambat proses pembekuan darah yang kemudian pendarahan akan semakin parah.

  1. Penderita Batu Empedu

Berbagai Macam Pengobatan Batu Empedu

Dilansir dari MedicineNet, orang yang memiliki masalah kandung empedu seperti batu empedu atau penyumbatan saluran empedu, sebaiknya menghindari mengonsumsi kunyit. Kunyit dapat memperburuk masalah kandung empedu karena kemampuannya meningkatkan sekresi empedu. Jika sekresi empedu terlalu tinggi, batu empedu yang ada akan semakin besar atau semakin keras.

Baca Juga : 4 Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas secara Rutin, Apa Saja Sih?

  1. Penderita GERD

 

abdominal pain 2821941 1920 Seseorang yang mempunyai penyakit refluks gastroesofageal (GERD) atau refluk asam lambung disarankan jangan mengonsumsi kunyit. karena kunyit dapat memperparah gejala yang muncul dari masalah lambung ini. Untuk seseorang yang ingin menjalani prosedur operasi atau pembedahan, sebaiknya menghentikan konsumsi kunyit dua minggu sebelum jadwal pelaksanaan. Hal itu dikarenakan kunyit akan meningkatkan risiko pendarahan selama dan setelah operasi dilakukan.

  1. Penderita Diabetes

blood glucose checks.jpg

Penderita diabetes sebaiknya memperhatikan bumbu yang masuk ke dalam tubuh, khususnya kunyit. dikarenakan asupan kunyit yang dikonsumsi secara disengaja atau tidak disengaja dapat memperparah diabetes. Kurkumin yang terkandung di dalam kunyit diketahui bisa menurunkan kadar gula di dalam tubuh secara drastis.

  1. Orang Yang Konsumsi Obat Antikoagulan

senior woman takes pill with glass water hand 1 1

Seseorang yang sedang meminum obat antikoagulan atau pengencer darah seperti warfarin, clopidogrel, dan aspirin sebaiknya menghindari konsumsi kunyit. Dilansir dari MountSinai, kunyit dapat memperkuat efek dari obat ini, sehingga seseorang akan mengalami pendarahan.

  1. Ibu Hamil

Catat Ini X Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil 01.jpg

Bagi perempuan yang sedang hamil, disarankan untuk menghindari konsumsi kunyit karena dapat memicu stimulan rahim dan dapat menginduksi siklus menstruasi yang dapat membahayakan kehamilan.

Baca Juga : 6 Manfaat Minum Air Rebusan Serai Setiap Hari

  1. Orang Yang Konsumsi Obat Diabetes

SUPLEMENDIABETES

Untuk seseorang yang tengah meminum obat diabetes atau obat kencing manis, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kunyit terlebih dahulu. Karena kunyit dapat memperkuat efek obat ini, yang kemudian meningkatkan risiko hipoglikemia atau gula darah rendah.

  1. Orang Yang Konsumsi Obat Penurun Asam Lambung

042200900 1602564527 Hati Hati Obat Lambung Ini Tak Boleh Dikonsumsi Berkepanjangan shutterstock 755858299

Kunyit dapat mengganggu kerja obat penurun asam lambung, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung. Obat penurun asam lambung yang dimaksud seperti simetidin, famotidin, ranitidin, esemprazol, omeprazol, dan lansoprazol. Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi konsumsi kunyit bagi seseorang yang sedang meminum obat penurun asam lambung.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1149
Terpopuler1108
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.