Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

4 Manfaat Minum Air Rebusan Lengkuas secara Rutin, Apa Saja Sih?

Lengkuas

Madingmu.com –  Lengkuas adalah salah satu jenis rempah-rempah yang berasal dari tanaman Alpinia galanga. Lengkuas populer di kalangan masyarakat lantaran berfungsi untuk menambah cita rasa dalam suatu hidangan. Namun, rupanya lengkuas bisa direbus yang kemudian airnya dapat diminum setiap hari. Air rebusan lengkuas tersebut memberikan sejumlah khasiat yang baik bagi tubuh. Lantas, apa saja sih khasiat minum air rebusan lengkuas setiap hari?

Khasiat Minum Air Rebusan Lengkuas Bagi Kesehatan.

Dilansir dari laman KompasTV  (24/11/2023), berikut ini sejumlah khasiat atau manfaat air rebusan lengkuas yang bisa diminum setiap hari :

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

woman standing with stomach ache presses her hand her stomach scaled

Lengkuas sudah dikenal sejak lama sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan pada tubuh. Air rebusan dari rempah ini membantu mengatasi mual, muntah, dan perut kembung. Tak sampai di situ, air rebusan lengkuas juga mampu merangsang produksi enzim pendukung proses pencernaan yang lebih baik.

  1. Meredakan Peradangan

1693454063492 sakit tenggorokan

Air rebusan lengkuas diketahui memiliki kandungan senyawa aktif seperti gingerol dan galangal alami yang bersifat antiinflamasi. Berkat senyawa itu, air rebusan lengkuas dapat meredakan masalah peradangan di tubuh. Senyawa yang bersifat antiinflamasi itu juga dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Degeneratif

pexels marcus aurelius 4064177 scaled 1

Mengonsumsi air rebusan lengkuas berkaitan dengan penurunan penyakit degeneratif seperti alzheimer dan parkinson. Biasanya, kedua penyakit tersebut banyak diderita oleh seseorang yang sudah lanjut usia atau lansia. Meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan, air rebusan lengkuas dapat menjadi minuman alternatif sehat dalam menjaga kesehatan otak.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

web

Lengkuas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas karena mengandung senyawa aktif. Hal itu juga didukung dengan antioksidan yang terkandung di lengkuas, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sifat antioksidan tersebut kemudian membantu seseorang terhindar dari sejumlah penyakit dan infeksi.

Cara Membuat Air Rebusan Lengkuas

  1. Siapkan 2-3 potongan lengkuas segar yang berukuran sekitar 2 inci.
  2. Cuci bersih dan iris tipis-tipis.
  3. Rebus lengkuas di dalam 2-3 gelas air di panci, tunggu selama 15-20 menit.
  4. Saring air rebusan lengkuas dan nikmati selagi hangat, tambahkan madu atau lemon untuk rasa lebih nikmat.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.