Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

7 Wisata Edukasi di Pangandaran Untuk Liburan, No 4 Banyak dikunjungi.

patung ikan marlin yang menjadi ikon dari kabupaten pangandaran 169

Madingmu.com – Liburan ke Pangandaran tidak hanya dapat menjelajah pantai dan wisata air nya saja. Akan tetapi terdapat banyak wisata edukasi yang cocok dikunjungi saat libur sekolah. Selain harga tiketnya yang terjangkau, wisata edukasi di Pangandaran ini juga sangat asyik dan menarik untuk dikunjungi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangandaran Tonton Guntari mengatakan bahwa ada 7 wisata edukasi yang dapat dikunjungi.

“Ketujuh destinasi wisata itu terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Pangandaran dan masih masuk dalam kawasan wisata,” ucap Tonton, Kamis (16/11/2023).

  1. Aquarium Indonesia

Aquarium Indonesia Pangandaran salah satu akuarium yang mengusung tematik, termasuk curve aquarium terpanjang di Indonesia. Lokasinya berada di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, sejauh 2 Km dari Pantai Pangandaran melalui pintu timur.

Daya tarik dari akuarium di sini seperti, Cylinder Tank, Touch Pool, Curve Aquarium, Feeding Show, Main Tank, Sketch Aquarium, Car Aquarium, Poludarium, Aquascape, Museum Ibu Rempah.

Aquarium Indonesia buka mulai pukul 09.00-16.00 WIB saat weekday dan pukul 08.30-16.30 WIB ketika weekend. Untuk harga tiket dibanderol Rp.40.000,-  saat weekday dan Rp.50.000,- saat weekend.

  1. TWA Cagar Alam Pangandaran

Taman Wisata Alam (TWA) Cagar Alam Pangandaran ini berada di kawasan pantai barat dan timur Pangandaran. Di sana pengunjung dapat melihat keragaman flora fauna dan beberapa situs peninggalan sejarah. Dan di sekitar Pantai Pasir Putih  nya pun merupakan area snorkeling yang cukup baik.

TWA Cagar Alam memiliki daya tarik dari sisi flora fauna, Situs Batu Kalde, Situs Goa Parat, Situs Batu Meja, Goa Jepang, Goa Lanang, Goa Panggung, Pemandian Cirengganis dan Pantai Pasir Putih.

Untuk jam operasional TWA Cagar Alam buka pukul 07.00-17.00 WIB. Harga tiket nya pun saat weekday Rp17.000 (wisatawan lokal) dan Rp212.000 (wisatawan mancanegara). Sementara untuk weekend Rp22.000 (wisatawan lokal) dan Rp312.000 (wisatawan mancanegara).

  1. Perpustakaan Pangandaran

Perpustakaan Pangandaran memiliki kurang lebih 24 ribu koleksi buku yang terdiri dari buku pengetahuan, buku anak, buku religi, komik hingga novel. Adapun fasilitasnya seperti ruang baca anak, ruang baca remaja, dewasa, ruang ibu menyusui, teater edukasi kapasita 80 orang, loker penyimpanan dan taman bermain.

Jam operasionalnya mulai Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB. Berlokasi di Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

  1. Konservasi Penyu Batu Hiu

Tempat penangkaran penyu ini terletak di kawasan wisata Pantai Batu Hiu dan dikelola Yayasan Raksa Bintana. Koleksi penyu yang ada diantaranya penyu sisik dan penyu hijau. Lokasi berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran berada di kawasan objek wisata Pantai Batuhiu.

Untuk jam operasional buka setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB. Harga tiket pengunjung dapat berdonasi sesuai keinginan atau sukarela.

  1. Workshop Mekar Sejahtera Batik

Mekar Sejahtera Batik merupakan salah satu produsen batik tulis dan batik cap bermotif khas Pangandaran. Di sini wisatawan dapat belajar membuat batik tulis dan batik cap.

Untuk jam operasional mulai Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Fasilitas yang tersedia mulai tempat workshop, galeri batik tulis dan batik cap, prosesi pembuatan batik tulis dan batik cap.

Untuk biaya workshop cukup membayar Rp 20.000 per orang dengan media sapu tangan yang dapat dibawa pulang dan Rp 100.000 per orang dengan media kaus yang dapat dibawa pulang. Lokasinya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran.

  1. Workshop Ecoprint Batik Dahon

Batik Dahon Pangandaran dibuat menggunakan pewarna alami yang berasal dari kulit buah dahon, kulit mahoni, dan secang. Workshop Ecoprint Batik Dahon membuat pengunjung dapat belajar membuat batik dengan teknik ponding. Fasilitas yang tersedia lokasi workshop untuk 100 orang, prosesi pembuatan batik, galeri batik dan produk batik.

Workshop ini buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB. Untuk biayanya mulai dari Rp 100 ribu per orang dengan media totebag yang dapat dibawa pulang. Lokasinya berada di Desa Margacinta, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

  1. Museum Nyamuk

Museum Nyamuk Pangandaran merupakan satu-satunya tempat wisata edukasi bertemakan nyamuk yang ada di Indonesia dan dikelola langsung oleh Kementerian Kesehatan RI.

Daya tarik museum tersebut mulai dari Pameran Koleksi Nyamuk, Pengembangbiakan Nyamuk, Laboratorium Kesehatan, Green House, Taman Tompen, Bioskop Edukasi. Untuk jam operasionalnya Senin-Jumat pukul 07.30-16.00 WIB. Untuk harga tiket Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Lokasi berada di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.