Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Bukan di Indonesia Tapi Masih Satu Wilayah, Begini Fakta Papua Nugini

image 20240112122142
The flag of Papua New Guinea was adopted on July 1, 1971. It depicts the Southern Cross and a Raggiana bird of paradise. The designer of the flag was 15-year-old schoolgirl, Susan Huhume, who won a nationwide competition for a new flag design.

Madingmu.com – Papua Nugini merupakan negara yang berbatasan langsung dengan wilayah Indonesia Timur yaitu Papua. Negara ini disebut negara yang masih sedikit dijelajahi baik secara budaya maupun wisata alamnya. Papua Nugini memiliki banyak keragaman, mulai dari budaya, keanekaragaman hayati yang banyak macamnya.

Negara ini juga merupakan negara terbesar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini fakta negara Papua Nugini yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

  1. Satu Pulau dengan Papua tapi Bukan Indonesia

main qimg 34b08c239934d460783f4750191e540e lq

Papua dan Papua Nugini terletak dalam satu wilayah yang sama. Hal ini dikarenakan pada masa penjajahan dulu, wilayah tersebut dikuasai oleh penjajah yang berbeda-beda. Kawasan tersebut terbagi menjadi 3 yaitu Papua sebelah barat dikuasai oleh Belanda, sebelah timur dikuasai oleh Inggris, dan sebelah utara dikuasai oleh Jerman.

Perebutan wilayah pun terjadi, Jerman yang semula mengubah nama pulau tersebut menjadi German New Guinea kemudian berhasil takluk oleh Australia, lalu berganti nama menjadi Papua Nugini. Hingga akhirnya, Papua Nugini meminta PBB membangun negara sendiri dan merdeka pada tanggal 16 September 1975.

  1. Tidak Termasuk Benua Asia

sddefault

Berada sangat dekat dengan Indonesia, namun Papua Nugini juga tidak termasuk benua Asia dan bukan anggota ASEAN. Hal ini dikarenakan letak geografis Papua Nugini berada di Samudera Pasifik. Oleh karena itu, negara ini menjadi kawasan Oseania dan Papua Nugini pun menjadi anggota Pacific Island Forum.

  1. Ragam Bahasa Terbanyak di Dunia

10 negara dengan bahasa terbanyak di dunia indonesia keberapa

Papua Nugini menjadi negara nomor satu dengan ragam bahasa terbanyak di dunia berdasarkan World Economic Forum tahun 2023 lalu. Terdapat 840 bahasa yang dituturkan oleh 8,8 juta penduduk. Bahasa yang disahkan oleh undang-undang yaitu Tok Pisin, Inggris, Hiri Motu, dan Bahasa Isyarat Papua Nugini.

  1. Memiliki Burung Beracun

62f5cbe7081b8 burung hooded pitohui 1265 711

Papua Nugini memiliki burung asli yang disebut dengan Hooded Pitohui. Burung tersebut disebut burung beracun karena menghasilkan senyawa batrachotoxin pada bulu, kulit, dan jaringan lainnya. Racun itulah yang melindungi burung tersebut dari predator dan parasit. Oleh karena itu para pemburu lokal akan menghindari menangkap burung tersebut.

  1. Berbahaya untuk Dikunjungi

fotojetjpg 20210421110124

apua Nugini kerap disebut sebagai negara berbahaya untuk dikunjungi. Hal ini karena masih banyak kejahatan yang terjadi di sana dan banyaknya daerah pedalaman yang rawan untuk dikunjungi. Setidaknya, kamu wajib merasa aman dalam hal apapun ketika berkunjung kesana.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.