Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

7 Tips Scrubbing Wajah Agar Kulit Tidak Iritasi

scrubbing

madingmu.com – Mendambakan wajah cerah dan glowing memang membutuhkan serangkaian perawatan kecantikan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengangkat sel kulit mati adalah dengan cara melakukan scrubbing.

Proses ini dilakukan dengan cara menggosok kulit wajah secara lembut untuk mengangkat sisa makeup, debu, maupun kotoran yang tertinggal di kulit wajah. Namun, melakukan scrubbing di wajah harus dengan hati-hati, lho! Jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan dengan benar, butiran scrub yang digunakan di permukaan kulit bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

Kira-kira gimana sih cara yang tepat untuk scrubbing wajah agar tidak membuat kulit iritasi? Simak informasinya dibawah ini!

  1. Pilih Face Scrub Sesuai Jenis Kulit

Tidak semua produk face scrub cocok digunakan oleh kulit kamu. kamu perlu memerhatikan jenis dan bahan yang terkandung di dalam face scrub tersebut agar produk bekerja maksimal di kulit wajah.

Misalnya, butiran scrub yang besar ditujukan untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak. Sedangkan dengan tipe kulit normal dan kering disarankan untuk menggunakan scrub dengan butiran yang lebih kecil. Hal ini karena tipe kulit memiliki sensitivitas yang berbeda-beda, sehingga di gunakan sesuai dengan kebutuhan kulit.

  1. Pilih Face Scrub Berbahan Alami

Sebelum melakukan scrubbing pada wajah, sebaiknya kamu memilih produk face scrub yang menggunakan bahan alami. Hal ini dilakukan untuk mencegah kulit mengalami iritasi karena bahan-bahan yang digunakan pada produk face scrub. Carilah produk berbahan alami yang ampuh dan bermanfaat bagi kulit wajah. Sehingga kulit wajah dapat merasakan manfaatnya secara langsung.

Salah satu bahan alami yang aktif untuk mencerahkan kulit wajah adalah teh hijau. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi di dalam teh hijau dapat bermanfaat untuk mencerahkan dan mencegah penuaan kulit akibat paparan dari sinar matahari.

  1. Scrub Wajah dengan Perlahan

Rutin melakukan scrub wajah dapat membuat kulit lebih cerah dan glowing. Akan tetapi, jangan sampai kamu menggunakan face scrub terlalu kasar dan kencang ya. Karena dapat memicu iritasi dan membuat kulit rusak. Untuk menggunakan face scrub, kamu hanya perlu menggosoknya secara perlahan dan lembut. Jangan menggunakannya terlalu lama, cukup selama 20-30 detik saja.

  1. Pastikan Wajah Bersih dan Lembap

Sebelum menggunakan face scrub, kamu perlu memastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah membersihkan wajah, hal ini dilakukan agar kotoran, sel kulit mati, dan sisa riasan di wajah dapat berkurang. Kulit yang lembap dapat membantu mengurangi gesekan antara butiran scrub dengan kulit agar tidak terlalu kasar. Karena jika kamu menggunakan face scrub dengan kondisi kulit wajah terlalu kering dapat menyebabkan iritasi.

  1. Jangan Gunakan Scrub Saat Wajah Berjerawat

Kulit wajah kamu sedang breakout saat ingin scrubbing? Sebaiknya ditunda dulu ya, Kondisi kulit yang sedang breakout dan berjerawat dapat membuat kulit jadi lebih sensitif. Akibatnya kulit bisa semakin meradang dan menyebabkan kemerahan pada kulit. Jadi, gunakan face scrub hanya saat kondisi kulit sedang baik-baik saja.

  1. Pakai Pelembap Setelah Scrubbing

Setelah menggunakan scrub, jangan lupa untuk menggunakan pelembap wajah. Pelembap bermanfaat untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah melakukan proses scrubbing. Pelembap juga memiliki kandungan di dalamnya yang bermanfaat untuk menenangkan kulit setelah scrub tadi.

  1. Hindari Scrub Wajah Terlalu Sering

Salah satu faktor penyebab kulit wajah iritasi ialah terlalu sering scrubbing. Penggunaan face scrub berlebihan justru dapat memicu terjadinya kerusakan kulit. Butiran scrub yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dapat merusak lapisan kulit teratas, sehingga wajah jadi lebih mudah iritasi. Oleh karena itu diisarankan agar menggunakan face scrub sebanyak 1-2 kali dalam seminggu agar scrub tidak merusak kulit.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.