Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

7 Tips Hemat Untuk Gen Z, Kantong pun Tetap Tebal Saat Akhir Bulan, No.7 Wajib di Hindari

cara mengatur keuangan

Madingmu.com – Bukan rahasia lagi jika akhir bulan rupanya bisa menjadi “momok” tersendiri bagi sebagian besar orang. Hal ini rupanya disebabkan karena stok uang jajan sudah masuk kategori ujung tanduk. Nggak heran jika banyak orang yang sampai harus makan mie instan di detik-detik akhir bulan.

Keluhan tentang keringnya pada akhir bulan biasanya dilontarkan oleh para Gen Z. Bagaimana tidak, di era teknologi saat ini, godaan soal “membelanjakan” uang tentu saja akan dengan mudah dalam mempengaruhi para Gen Z.

Apakah kamu dalah Gen Z yang pernah mengalami hal seperti itu? Jika iya, kamu tidak perlu khawatir lagi! Karena tipisnya stok uang di akhir bulan ternyata bisa diminimalisir, lho! gimana sih caranya? Berikut ini adalah tips hemat buat Gen Z yang wajib diterapkan agar kantong tidak kering saat akhir bulan.

  1. Buat Anggaran Belanja

Saat awal gajian, kamu harus mencatat terlebih dahulu rencana anggaran selama satu bulan ke depan. Tidak usah terlalu detail, dan setidaknya mencakup 3 hal penting seperti pengeluaran utama, hiburan hingga tabungan.

Sebagai rekomendasi, alokasikan 50% gaji dari total gaji bulananmu untuk kebutuhan pokok (tempat tinggal, tagihan, cicilan, kredit, transport hingga biaya makan. Selanjutnya, alokasikan setidaknya 30% gaji untuk kegiatan hiburan (baju baru dan aneka barang hiburan lainnya. Dan yang terakhir, alokasikan 20% gaji untuk tabungan hingga investasi.

Jika uang sudah dianggarkan saat awal bulan, maka kemungkinan pengeluaran yang akan over budget pun bisa diminimalisir. Hasilnya, akhir bulan kamu akan masih aman dengan kantong yang tebal!!

  1. Catat Seluruh Pengeluaran

Meskipun rencana anggaran sudah dibuat, pastikan kamu untuk mengikutinya, Agar pengeluaran tidak lewat dari rencana yang sudah ada di anggaran, catatlah seluruh pengeluaran. Mencatat pengeluaran bisa membantumu dalam menekan pembelian hal-hal yang tidak di perlukan.

Catatan pengeluaran bulanan ini hendaknya kamu jadikan bahan evaluasi bulanan. Lihat, di mana pengeluaran paling banyak dihabiskan? Dan pikirkan, bagaimana cara meminimalisirnya tanpa menganggu stabilitas kebutuhan yang lain.

  1. Siapkan Daftar Saat Belanja Bulanan

Kamu sering over budget saat belanja bulanan di pasar tradisional atau supermarket? maka kamu harus buat daftar barang yang akan dibeli sebelum belanja. Fokuskan pencarian hanya pada barang yang ingin kamu beli.

Dengan demikian, kamu tidak akan mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak ada dalam daftar. Hasilnya, uang belanja pun jadi lebih aman karena pengeluaran tidak membengkak!

Baca Juga : 5 Cara Mengatur Keuangan Bagi Pelajar

  1. Maksimalkan Promo

Bukan Gen Z namanya kalau tidak tahu promo-promo terkini. Oleh sebab itu, manfaatkan promo tersebut hanya di barang-barang yang memang kamu butuhkan. Jika barang yang promo ternyata bukan kebutuhan yang harus segera kamu beli, jangan ragu untuk mengabaikannya. Percayalah, promo pasti akan datang lagi di bulan berikutnya.

Biasanya, promo menarik akan banyak ditawarkan menjelang tanggal kembar, tanggal gajian hingga peringatan event-event tertentu. Jadi, selalu update promo dan hindari membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan saat promo.

  1. Jangan Buru-Buru Check Out

Di tengah-tengah bulan, kadang seseorang mendadak ingin membeli barang tertentu. Nah, kalau sudah begini, anggaran mana yang akan digunakan? Eits, jangan dulu memikirkan anggarannya! Masukkan terlebih dahulu barang tersebut di keranjang dan tunggu selama 30 hari kedepan.

Apabila dalam 30 hari tersebut kamu ternyata masih membutuhkan barang tersebut, maka itu adalah tanda nya kamu harus membeli barang tersebut. Namun jika dalam 30 hari kehidupanmu masih baik-baik saja tanpa barang tersebut, maka lupakan! Uangnya bisa kamu simpan untuk tabungan biar lebih gendut, kan?

  1. Bawa Bekal Makanan

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan adalah salah satu pengeluaran yang membutuhkan angka cukup besar. Untuk meminimalisir pengeluaran tersebut, maka kamu bisa mensiasatinya dengan membawa bekal makanan.

Untuk itu, kamu harus menyisihkan waktu memasak sebelum berangkat bekerja. Namun jangan khawatir! Kini sudah banyak tersedia di internet ide masak bekal sederhana yang tidak membutuhkan banyak waktu tapi menunya tetap enak dan bergizi.

  1. Hindari Paylater

Pernah dengar istilah paylater? Paylater merupakan bahasa “keren” dari “hutang”. Bedanya, biasanya paylater ini disediakan oleh beberapa platform online. Jika kamu berkomitmen untuk merdeka di akhir bulan, maka hindarilah metode pembayaran ini! Terlebih untuk pembelian barang yang tidak terlalu urgent!

Karena itulah, penting buat kamu untuk menanamkan mindset hanya membeli sesuai kebutuhan dan sesuai kemampuan. Pasalnya, hidup akan lebih nikmat jika dijalankan secukupnya tanpa harus terlilit paylater.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.