Senin , 26 Februari 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

5 Cara Mengatur Keuangan Bagi Pelajar

istockphoto 1025444638 170667a 1 600x381 1

Madingmu.com –  Masalah keuangan bagi pelajar merupakan salah satu masalah yang cukup rumit. Terkadang kamu pun tidak bisa mengelola keuangan dengan baik, sehingga uang jajan yang orangtua kamu beri akan cepat habis untuk membeli sesuatu barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Akan tetapi jika kamu bisa mengelola keuangan dengan baik, kamu pun bisa memanfaatkan uang jajan tersebut untuk membeli sesuatu barang yang kamu inginkan, kamu juga harus bisa mengontrol dan membatasi diri untuk membeli barang yang kamu inginkan. Sehingga kamu tetap bisa mengatur keuangan kamu sendiri.

Kamu pun pasti pernah menginginkan suatu barang dan berniat menabung untuk membeli barang tersebut, kan? Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan dan kamu coba untuk mengatur keuangan kamu.

Disiplin menabung

Uang jajan yang masih tersisa sebaiknya kamu masukkan ke dalam tabungan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kamu supaya tidak memakai uang jajan tersebut. Diperlukan sikap disiplin jika kamu benar-benar berniat dan ingin menabung. Jangan mudah tergoda dengan diskon atau iklan-iklan barang yang kelihatannya lucu padahal tidak benar-benar kamu perlukan.

Catat setiap Alur Uang Jajanmu

Catat pada sebuah buku catatan khusus atau catat di ponselmu mengenai pemasukan dan pengeluaran yang sudah kamu lakukan. Dengan mengetahui alur masuk dan keluar uang jajanmu, kamu jadi bisa memperkirakan berapa lama waktu yang kamu perlukan untuk menabung agar bisa membeli barang impian kamu.

Menjaga Pola Makan

Salah satu cara agar uang jajan kamu tidak cepat habis yaitu dengan cara menjaga pola makan. Apa hubungannya dengan menabung, ya? Jadi, ketika kamu menjaga pola makan, kamu akan berusaha untuk mengurangi jajan di luar rumah. Sehingga kamu bisa membawa bekal sendiri dari rumah untuk makan siang. Dengan begitu, selain pola makanmu terjaga, kamu juga bisa menghemat uang jajanmu.

Baca Juga : Anda Perlu Tahu! 3 Penyebab Gagal Menabung Pada Kalangan Pelajar

Buat Daftar Barang Yang Diperlukan

Saat diberi uang jajan oleh orang tua mu bukan berarti kamu harus menghabiskan dihari itu juga. Namun, bukan berarti kamu harus tabung semua uangnya juga. Kamu memulai dengan membuat daftar barang apa saja yang kamu perlukan setiap harinya, serta jangan lupa untuk cantumkan harganya. Misalnya, dalam sehari kamu perlu membeli perlengkapan sekolah sekian rupiah, membeli cemilan sekian rupiah dan lain sebagainya.

Beli Barang Yang Kamu Perlukan Terlebih Dulu

Setelah kamu membuat daftar barang-barang yang kamu perlukan beserta harganya, kamu harus bisa mematuhi daftar yang sudah kamu buat tersebut. Jangan sampai membeli barang-barang yang ada di luar daftar tersebut, kecuali jika memang barang tersebut benar-benar sangat penting dan kamu sangat butuhkannya secara mendadak. Dengan melakukan hal ini, kamu bisa mengontrol pengeluaran dan memaksimalkan untuk menabung.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan agar uang jajanmu tidak cepat habis begitu saja dan kamu bisa menabung untuk membeli barang yang menjadi incaran kamu.

Follow Juga : Instagram madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa135
Beasiswa226
School lifehack131
Hiburan180
Editor's Pick1115
Terpopuler1074
Opini10
Serba Serbi464

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.