Minggu , 19 Mei 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Viral Penerima KIP Kuliah Bergaya Hedon, Kini Kemendikbud Ajak Warga Untuk Lapor!

image 2023 01 09 121815565

Madingmu.com – Akhir-akhir ini media sosial tengah ramai dengan pemberitaan bahwa ada penerima KIP Kuliah yang bergaya hedonistik. Kini Kemendikbud pun buka suara.

Isu ini pertama kali muncul dalam unggahan mahasiswa penerima KIP Kuliah di sebuah perguruan tinggi negeri di Bandung. Ia terlihat memamerkan gaya hidup mewah seperti berlibur, nongkrong di cafe, hingga memiliki mobil.

Menanggapi unggahan tersebut, Plt. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Abdul Kahar, dalam Instagram resmi @abdul_kahar berharap agar bantuan biaya hidup bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah digunakan dengan bijak. Ia pun mengingatkan agar dana yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sewa tempat tinggal, transportasi, biaya makan sehari-hari, dan kebutuhan penunjang perkuliahan.

Abdul Kahar juga menerangkan jika Perguruan Tinggi dan LLDIKTI harus secara berkala melakukan evaluasi terhadap mahasiswa penerima KIP Kuliah. Evaluasi ini dilakukan berdasarkan indikator tingkat ekonomi keluarga mahasiswa sesuai persyaratan sebagai penerima KIP kuliah.

KIP Kuliah Bisa Dicabut

Penanggung Jawab Program KIP Kuliah, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek, Muni Ika mengatakan bila setelah dilakukan evaluasi dan kondisi ekonomi mahasiswa penerima KIP Kuliah meningkat, bisa diajukan pembatalan dan diusulkan untuk diganti oleh mahasiswa lain yang membutuhkan.

Dalam proses pergantian mahasiswa penerima KIP Kuliah itu, jumlah mahasiswa yang diusulkan sebagai penerima Program KIP Kuliah pengganti tidak melebihi dari jumlah mahasiswa yang diusulkan untuk dibatalkan.

“Calon penerima Program KIP Kuliah pengganti yang diusulkan harus merupakan mahasiswa aktif, dari keluarga miskin/rentan miskin sesuai dengan sasaran prioritas Program KIP Kuliah,” jelasnya dalam laman Puslapdik.

Akan tetapi, mahasiswa penerima KIP Kuliah yang diusulkan untuk dibatalkan, dan mahasiswa pengganti itu tidak melebihi semester 5 untuk program S1/D4 atau semester 3 untuk program D3. Kemudian proses penggantian hanya bisa dilakukan di semester ganjil.

Muni Ika mengajak masyarakat yang menemukan mahasiswa penerima KIP Kuliah dengan gaya hidup tidak sesuai dengan kriteria yang ditentukan untuk melaporkan melalui kanal resmi. Pelaporan dapat dilakukan melalui https://www.lapor.go.id/ atau https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

“Pelaporan dapat dilakukan melalui kanal-kanal resmi, yakni https://www.lapor.go.id/ dan melalui fitur helpdesk atau bantuan di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/,” ucapnya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan214
Literasi Keuangan46
Ruang Siswa155
Beasiswa292
School lifehack152
Hiburan209
Editor's Pick1474
Terpopuler1429
Opini10
Serba Serbi612

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.