Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

7 Manfaat Plank untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Ikuti Cara Ini Kalau Gamau Cedera!

handsome man training gym

Madingmu.com – Latihan menahan beban tubuh atau plank membutuhkan punggung yang lurus untuk jangka waktu yang telah ditentukan. Selain dada, kelompok otot lain yang digunakan dalam plank termasuk lengan, paha, dan bokong.

Olah raga plank dapat membantu meringankan ketidaknyamanan punggung, meningkatkan keseimbangan, mengencangkan perut dan memperkuat otot-otot inti.

Pada dasarnya, plank dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi kunci dari latihan ini adalah menjaga agar dada dan perut tetap sejajar dan tidak menempel di lantai, serta posisi tubuh tegak lurus. Tangan dan lengan bisa digabungkan untuk menopang tubuh. Posisinya juga bisa bergantian ke depan atau ke samping.

Baca Juga : 6 Olahraga Terbaik untuk Meningkatkan Fungsi Pernapasan, Cocok Untuk Kamu yang Punya Napas Pendek

Manfaat dari plank antara lain :

1. Membantu menurunkan berat badan

Planki dapat membantu menurunkan berat badan, menurut situs web Kepolisian Republik Indonesia. Latihan plank secara teratur akan membuat otot-otot yang menjadi tumpuannya menjadi lebih kuat. pada akhirnya berhasil membantu tubuh membakar kalori.

2. meningkatkan kelenturan tubuh

Kelenturan otot akan baik jika tubuh sehat. Hal ini dikarenakan otot yang kaku akan menyulitkan kamu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari yang berat maupun ringan. Plank dapat membantu otot inti menjadi lebih kuat, lebih stabil, dan lebih fleksibel

3. Meregangkan otot perut

Otot perut akan terasa kencang setelah melakukan plank. Hal ini disebabkan karena latihan ini memberikan tekanan lebih pada otot perut. Konsekuensinya adalah otot perut akan lebih kuat.

4. Meningkatkan suasana hati

Latihan apa pun yang melepaskan endorfin akan membantu kita merasa lebih baik. Biasanya, ketegangan di bahu, leher, dan punggung diakibatkan oleh stres. Stres yang terus menerus dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan mental, termasuk depresi dan kecemasan. Oleh karena itu, olahraga sangat penting untuk mengurangi stres. Sikap yang baik untuk menenangkan tubuh adalah plank.

Baca Juga : 20 Negara yang Tidak Memiliki Lautan

5. Meningkatkan Keseimbangan

Dengan melakukan plank otot inti yang bertanggung jawab untuk membantu tubuh seimbang saat mengendarai sepeda atau berdiri dengan satu kaki. Plank akan menahan otot inti dengan kencang. Hal ini membangun stabilitas otot dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

6. Menghindari Cedera

Sulit untuk menghindari cedera saat melakukan squat, angkat beban, dan overhead press tanpa otot inti yang kuat. Saat melakukan latihan-latihan ini, plank dapat membantu membangun otot inti yang kuat. Plank dan olahraga teratur benar-benar dapat menghentikan atrofi otot degeneratif yang disebabkan oleh osteoartritis.

7. Meningkatkan Metabolisme

Posisi plank dapat memperkuat otot perut. Latihan teratur akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan kemungkinan kelebihan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan plank dengan benar. Menurut Very Well Fit, berikut ini adalah cara melakukan plank:

beautiful woman doing fitness exercises scaled
Pertahankan postur tubuh selama 30 hingga 60 detik.

Itulah dia 7 manfaat planking bagi kesehatan fisik dan mental. Selamat mencoba di rumah ya guys! Semoga informasinya bermanfaat ya

Follow Juga : Instagram Madingmu

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.