Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

6 Olahraga Terbaik untuk Meningkatkan Fungsi Pernapasan, Cocok Untuk Kamu yang Punya Napas Pendek

sports tools
Sports tools

Madingmu.com – Olah raga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyehatkan, namun, salah memilih jenis olah raga bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Jika kamu memiliki kondisi paru-paru, seperti asma, bronkitis kronis, kelainan otot dada, dan lain-lain, kamu wajib memilih olahraga yang tidak mengganggu pernafasanmu.

Jika kamu memiliki kondisi tersebut, disarankan untuk memilih olahraga berikut ini :

1. Yoga

Yoga adalah bentuk latihan yang tidak membutuhkan banyak kekuatan jantung. Sebaliknya, yoga menggabungkan latihan pernapasan, fleksibilitas, keseimbangan, dan peregangan. Posisi yoga dapat dimodifikasi agar sesuai dengan kapasitas pernapasan Anda yang unik. Menghindari sesak napas juga sangat aman.

Baca Juga : Tips Panjang Umur dan Awet Muda Ala Warlok Jepang, Hindari Makan Ini!

2. Jalan Santai

Aktivitas fisik yang paling nyaman yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja adalah berjalan kaki. Semua orang bisa mencobanya, termasuk orang dewasa, anak-anak, dan orang tua. Pola pernapasan dapat ditingkatkan dengan latihan semacam ini.

Berjalan dapat meningkatkan kapasitas pernapasan dari waktu ke waktu. Ingat! Jangan memaksakan diri jika memang sudah Lelah, dan jangan lupa untuk memilih area jalan kaki yang nyaman dan jauh dari paparan polusi adalah yang terbaik

3. Latihan Air

Kamu bisa memilih Aerobik air atau berenang merupakan latihan yang bermanfaat bagi orang yang mengalami sesak napas.

Menurut sebuah studi B.J. Medical College, fungsi paru-paru perenang jauh labih baik daripada pelari. Tekanan air yang tercipta saat bernenag dapat melatih diafragma dan otot paru-paru

4. Tai chi

Tai Chi adalah olahraga dari Tiongkok. Saat berlatih tai chi, kamu tidak hanya belajar cara menggerakkan tubuh, tetapi juga cara bernapas yang baik. Tai chi menggabungkan seni dan kebugaran, oleh karena itu gerakannya biasanya lambat dan halus. Dengan olah raga ini kamu dapat memperbaiki postur tubuh, menenangkan pikiran, rileks, dan menjaga keseimbangan dengan melakukan latihan ini.

Baca Juga : Rendah Gula! Metode Baru Simpan Nasi di Kulkas Bisa Awet Hingga Satu Minggu

5. Pilates

Selain yoga, latihan pilates juga dapat digunakan untuk mengembangkan dan memperkuat sistem pernapasan. Pilates, merupakan bentuk modern dari yoga, latihan-latihannya lebih terkonsentrasi pada pembangunan stamina tubuh.

Pilates dapat membantu melatih tubuh, melatih pernapasan dan gerakan yang lebih efektif selama aktivitas yang lebih berat.

6. Latihan pernapasan alternatif

Selain berolahraga, latihan pernapasan sangat penting untuk memperkuat otot-otot pernapasan. Kamu akan mendapatkan lebih banyak oksigen dengan melakukan latihan ini, sehingga pernapasan kamu akan terasa lebih lapang.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.