Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

7 Kebiasaan Sehari-hari dapat Meredakan Stres dan Tingkatkan Kebahagiaan

image

Madingmu.com – Sering merasa stres dan kehidupan terasa tidak berpihak padamu? Mungkin sudah waktunya untuk mengubah kebiasaan sehari-hari yang kita lakukan. Ya, beberapa rutinitas tertentu memang dapat membantu memiliki suasana hati yang lebih baik, meredakan stres sekaligus meningkatkan kebahagiaan di dalam hidup. Kebiasaan itu pun perlu dilakukan secara konsisten demi menciptakan kehidupan yang seimbang serta mendukung kesehatan mental yang lebih baik.

Kebiasaan sehari-hari untuk meredakan stres Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meredakan stres, salah satunya dengan mengubah kebiasaan sehari-hari. Dilansir dari laman CNET, berikut sejumlah perilaku yang dapat membantu kita memiliki kehidupan yang lebih bahagia.

  1. Selalu Bersyukur

Selalu bersyukur merupakan kunci dalam menciptakan pola pikir dan cara pandang yang positif dalam berbagai aspek kehidupan. Cara ini juga dapat membantu kita meredakan stres, mengurangi gejala depresi hingga meningkatkan suasana hati.

  1. Berinteraksi Secara Sosial

Berbagi waktu dengan orang lain terkadang menjadi satu hal yang diperlukan untuk meningkatkan suasana hati yang lebih baik. Cobalah luangkan waktu untuk bersama teman, keluarga dan orang terkasih untuk mengusir rasa kesepian kita. Kehadiran dan keterlibatan kita dalam interaksi sosial dapat mendukung suasana hati yang lebih baik.

  1. Batasi Penggunaan Media Sosial

Keterhubungan kita dengan dunia maya melalui media sosial terkadang bisa memicu stres dan mengurangi kebahagiaan. Menurut penelitian, kebiasaan memantau media sosial yang tidak dibatasi dikaitkan dengan munculnya gejala depresi, kecemasan, perasaan tidak mampu hingga mengganggu kualitas tidur kita.

  1. Mencari Hiburan

Terkadang, tertawa adalah “obat” terbaik untuk meredakan stres dan meningkatkan kebahagiaan. Mulai sekarang, carilah aktivitas atau kegiatan dan membuat kita tertawa lepas seperti menonton acara TV, film favorit hingga berkumpul dengan teman-teman yang suka bercanda.

  1. Menjaga Kesehatan Fisik

Kesehatan mental sangat berpengaruh pada kondisi fisik kita. Untuk itu, pastikan kita memiliki gaya hidup sehat yang dilakukan secara konsisten. Misalnya memastikan waktu tidur yang cukup setiap malam, rutin olahraga hingga mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

  1. Menjadikan Relaksasi Sebagai Rutinitas

Jika merasa aktivitas kita terlalu sibuk dan padat, cobalah meluangkan waktu sejenak untuk melakukan kegiatan yang memiliki efek relaksasi. Salah satunya dengan meditasi. Praktik yang satu ini dapat membantu kita mencapai keadaan tenang dan hening yang pada gilirannya mengurangi tingkat stres dan menjaga suasana hati. Selain meditasi, kita juga dapat melakukan teknik relaksasi lain seperti melakukan kegiatan yang kita sukai, membaca atau mandi. Tujuannya adalah mencapai kondisi tubuh yang rileks, santai dan terbebas dari pikiran mengganggu.

  1. Menulis Jurnal

Menulis jurnal dapat menjadi cara efektif untuk mengatasi gangguan mental seperti kecemasa, stres hingga gejala depresi. Sebuah penelitian di tahun 2018 menemukan, menulis jurnal selama 15 menit per hari secara signifikan membantu mengatasi gejala depresi.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.