Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

6 Tips Yang Bisa Kamu Ikuti Untuk Mengurangi Kemerahan Akibat Jerawat

portrait young woman having problem skin pimple her cheek wearing towel her head having sad expression pointing

Madingmu.com – Banyak perempuan yang seringkali mengalami frustrasi akibat memiliki masalah kemerahan karena jerawat. Kondisi ini menunjukkan bahwa sedang terjadi nya iritasi dan peradangan pada kulit kamu.

Kemerahan pada jerawat sebagian besar berhubungan dengan hormon, karena hormon dapat menentukan berapa banyak minyak yang dihasilkan oleh kulit. Hal ini tentu wajar terjadi pada perempuan, bahkan orang yang rajin menggunakan skincare pun tetap bisa berjerawat loh.

Namun jangan khawatir, kamu dapat mengurangi kemerahan dan peradangan akibat jerawat dengan memilih produk skincare yang tepat, seperti cleansing yang lembut, pelembab hipoalergenik, dan lain sebagainya.

Cara Mengurangi Kemerahan Akibat Jerawat

Untuk mengurangi kemerahan akibat jerawat adalah dengan menggunakan skincare dengan senyawa anti-inflamasi dan menjaga kulit tetap lembut. Hindari menggunakan scrub atau produk yang mengiritasi untuk mengatasi jerawat.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mengatasi kemerahan akibat jerawat, dan bagaimana cara-cara ini bekerja, kamu bisa simak beberapa tipsnya berikut ini !

  1. Acne Patch

Gunakan acne patch jika kemerahan hanya terbatas pada satu atau dua lokasi jerawat mu. Kamu dapat membeli acne patch yang dirancang untuk meminimalkan munculnya jerawat.

Sebagian besar acne patch juga mengandung asam salisilat, niacinamide, vitamin C, atau kombinasi bahan yang dirancang untuk mengurangi munculnya jerawat dan mempercepat penyembuhan.

  1. Cleansing

Kamu dapat mengurangi kemerahan akibat jerawat dengan cleansing. Bersihkan kulit kamu secara rutin dan merata dengan cleansing yang lembut, bebas pewangi, dan nonkomedogenik (tidak menyumbat pori-pori) dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

  1. Es Batu

Jika kamu ingin mengunakan cara alami tanpa mengunakan skincare, mengoles es batu dapat menjadi pilihan. Kompres es yang dilapisi kain atau es batu pada area yang kemerahan, kemudian biarkan selama 10 menit atau kurang.

  1. Gunakan Niacinamide

Pilih lah produk dengan yang mengandung niacinamide untuk skincare rutin yang kamu gunakan. Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang larut di dalam air dan telah terbukti bisa mengurangi peradangan serta kemerahan akibat jerawat. Kamu biasanya dapat menemukannya dalam bentuk serum atau krim

  1. Cari Pelembap yang Hipoalergenik

Gunakan pelembap non komedogenik yang ringan agar kulit tidak menjadi kering. Beberapa yang harus diperhatikan saat membeli pelembap adalah hipoalergenik pada formulasi lotion atau gel, seperti hyaluronic acid.

  1. Salicylic Acid

Oleskan salicylic acid pada noda merah yang teriritasi. Salicylic acid atau asam salisilat merupakan bahan pengelupas yang juga memiliki sifat anti inflamasi (anti kemerahan), anti mikroba, dan anti jamur bila diaplikasikan dengan persentase berkisar antara 0,5 hingga 5 persen.

Kamu dapat menemukan bahan ini di facial wash, toner, serum, scrub, krim pelembap, dan cleansing pads.

Itulah enam tips yang bisa kamu ikuti untuk mengurangi kemerahan akibat jerawat. Jika terjadi pada kamu, jangan khawatir dan coba cara di atas ya.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.