Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineSchool lifehackTerpopuler

Menarik 3 PTN ini Punya Jalur Golden Ticket, Siswa Bisa Diterima Tanpa Tes

kuliah atau kerja pentingnya kuliah walaupun sudah bekerja

Madingmu.com – Pada umumnya, seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) hanya bisa diikuti melalui tiga jalur yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBT), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan jalur mandiri.

Akan tetapi ternyata ada beberapa PTN yang menyediakan jalur khusus bagi mahasiswa berprestasi dan0 bisa langsung diterima tanpa harus mengikuti tiga jenis seleksi tersebut. Cara ini berlaku bagi siswa yang mendapatkan Golden Ticket dari PTN tujuannya.

Golden Ticket ini bisa diraih siswa karena aktif berorganisasi atau menang kejuaraan yang diselenggarakan oleh PTN penyedia jalur. Kampus mana saja yang menyediakan Golden Ticket bagi mahasiswa baru?

Dilansir dari masing-masing laman resminya, berikut ini tiga PTN yang menyediakan Golden Ticket bagi calon mahasiswa baru. Simak dibawah ini!

  1. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Pada 2023, IPB University menyediakan Golden Ticket bagi siswa SMA/sederajat yang mempunyai skill kepemimpinan yakni sebagai ketua OSIS atau anggota OSIS di sekolahnya. Golden Ticket IPB ini diberikan melalui mekanisme Future Agile Leader Program (FALP) 2023, kerja sama pihak kampus dengan Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) IPB University.

Sebanyak 15 siswa terbaik dari program tersebut yang akan menerima Golden Ticket masuk IPB 2024 tanpa tes ini. Sementara itu, 50 peserta terbaik akan menerima keuntungan antara lain webinar, mentoring, social program incubator, hingga leadership camp.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Pada SNPMB 2023, ITS menyediakan jalur khusus Golden Ticket. Jalur ini hanya berlaku bagi calon mahasiswa yang berminat masuk jurusan Desain Produk, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital ITS Surabaya.

Syarat mendaftar Golden Ticket ITS antara lain harus memiliki prestasi tingkat nasional atau intenasional di bidang akademik maupun nonakademik. Selain itu, detikers yang merupakan konten kreator, influencer, dan entrepreneur bisa juga mencoba jalur ini, loh.

Untuk Golden Ticket ITS 2024, siswa bisa mendapatkannya dengan mengikuti lomba Olimpiade Desain Produk Nasional 2023 yang digelar ITS. Siswa terbaik dan terpilih dari ajang ini akan mendapatkan Golden Ticket masuk ITS.

  1. Universitas Airlangga (Unair)

Golden Ticket Unair berlaku bagi siswa berprestasi terpilih yang ingin mendaftar SNBP. Pada seleksi SNPMB 2023, ada dua kategori peraih Golden Ticket ini yakni Platinum dan Gold.

Golden Ticket Platinum didasarkan pada prestasi akademik dari nilai rata-rata rapor, nilai mata pelajaran yang unggul dan bagus, juga indeks tinggi dari sekolah asal siswa.

Sementara itu, untuk siswa yang bisa termasuk kategori Golden Ticket Gold adalah mereka yang memiliki prestasi, misalnya peringkat satu di sekolah, tetapi sekolahnya tidak memiliki reputasi yang cukup.

Apakah kamu tertarik untuk mendaftar PTN lewat jalur Golden Ticket? Semoga berhasil.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.