Kamis , 29 Februari 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Sungai Terbesar Yang Ada Di Indonesia

Sungai Digul

Madingmu.com –  Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang sangat melimpah. Mulai dari daratan sampai dengan perairan, Indonesia juga mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri. Salah satu adalah kekayaan perairan yang ada di Indonesia, yang patut untuk disyukuri adalah sungai.

Sungai-sungai yang tersebar di seluruh penjuru daerah Indonesia, memiliki daya tarik tersendiri. Seperti berbagai kekayaan alam lain yang kerap kali diukur dan dinobatkan berdasarkan kelebihannya, sungai-sungai di Indonesia juga beberapa di antaranya disebut sebagai sungai terpanjang dan terbesar.

Berikut ini adalah 5 sungai terbesar yang ada di Indonesia.

  1. Sungai Kapuas

Sungai yang disebut sebagai sungai terbesar di Indonesia ini terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai Kapuas memiliki panjang mencapai 1.178 km, dan kedalaman mencapai 27 meter. Sungai ini mengalirkan sumber kehidupan dari Kecamatan Kapuas Hulu, yang berakhir di Laut Jawa. Sebagai sungai terbesar di Indonesia, Sungai Kapuas menampung sekitar 700 spesies ikan, yang 12 di antaranya merupakan spesies ikan langka.

Pada bagian hulu Sungai Kapuas, kondisi airnya masih terbilang bersih, karena terlindungi oleh keberadaan hutan hujan. Namun, bagian tengah Sungai Kapuas diketahui sudah tercemar logam berat, karena ada aktivitas pertambangan di sekitarnya. Walaupun demikian, Sungai Kapuas masih dimanfaatkan sebagai sarana transportasi yang vital bagi masyarakat Kalimantan Barat.

  1. Sungai Mahakam

Sungai selanjutnya yang menjadi sungai terbesar kedua di Indonesia adalah Sungai Mahakam. Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Sungai Mahakam memiliki panjang mencapai 920 km, dengan aliran air yang melewati Kutai Barat dan Kutai Kartanegara, sampai Kota Samarinda, kemudian bermuara di Selat Makassar.

Sebagai salah satu sungai terbesar di Indonesia, Sungai Mahakam menjadi tempat hidup ikan Pesut Makassar, yakni salah satu ikan air tawar yang dilindungi karena langka. Seperti sungai lainnya, Sungai Mahakam juga memiliki peran yang penting sebagai sumber air bersih dan prasarana transportasi.

  1. Sungai Barito

Sungai terbesar di Indonesia berikutnya masih terletak di Pulau Kalimantan, yakni di Provinsi Kalimantan Tengah. Sungai Barito bersumber dari mata air pegunungan Muller yang mengalir sampai ke Laut Jawa. Panjang Sungai Barito mencapai 900 km, dengan lebar kisaran 650 hingga 1000 meter, dan kedalaman mencapai 8 meter.

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar sungai, Sungai Barito tentunya memerankan peran penting. Bukan hanya sebagai sumber air bersih utama bagi masyarakat Kalimantan Tengah, sungai ini juga menjadi pusat perekonomian utama bagi masyarakat sekitar. Sebab, masyarakat Kalimantan Tengah memiliki pasar terapung yang berlokasi di sungai ini. Selain menjadi sumber ekonomi masyarakat, pasar terapung ini menjadi salah satu tempat wisata yang sangat populer di antara wisatawan, yang kian menambah nilai Sungai Barito ini.

  1. Sungai Musi

Sungai selanjutnya yang menjadi salah satu dari 5 sungai terbesar di Indonesia terletak di Pulau Sumatera. kamu pastinya sudah tidak asing mendengar nama Sungai Musi, karena keberadaannya yang berada di bawah ikon Kota Palembang, yaitu Jembatan Ampera. Sungai Musi juga turut menjadi salah satu ikon dari yang dikenal dengan makanan pempek ini.

Sungai Musi memiliki panjang mencapai 750 km. Sama seperti sungai-sungai lainnya, Sungai Musi juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat sekitar. Tak hanya menjadi sumber air bersih saja, tetapi Sungai Musi juga dimanfaatkan sebagai prasarana transportasi air di Provinsi Sumatera Selatan.

  1. Sungai Bengawan Solo

Sungai terakhir yang menerima predikat sungai terbesar di Indonesia adalah Bengawan Solo. kamu juga pastinya sudah mengenal sungai yang berada di Pulau Jawa ini, karena keberadaan sebuah lagu karya Gesang, Maestro Keroncong Indonesia, yang diberi judul nama sungai ini.

Sungai Bengawan Solo memiliki panjang mencapai 600 km atau sekitar 300 mil. Sungai Bengawan Solo mengalirkan air dari Provinsi Jawa Barat sampai ke Jawa Tengah. Sungai Bengawan Solo juga menjadi sumber mata air, juga menjadi habitat dari berbagai biota air tawar yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa139
Beasiswa229
School lifehack131
Hiburan183
Editor's Pick1130
Terpopuler1089
Opini10
Serba Serbi466

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.