Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Sedang Berpuasa

1628487363919 cara menjaga berat badan ideal

Madingmu.com – Puasa adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim yang ada di seluruh dunia. Selama bulan puasa, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam.

Selain sebagai ibadah, puasa juga memiliki manfaat kesehatan, termasuk membantu dalam menjaga berat badan. Akan tetapi bagi beberapa orang, menjaga berat badan tetap stabil saat puasa bisa menjadi tantangan tersendiri.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu menjaga berat badan tetap stabil saat puasa.

  1. Rencanakan Menu Makanan

Setelah berpuasa sepanjang hari, seringkali kamu akan merasa tergoda dengan makanan yang tinggi lemak dan yang manis-manis. Hal ini bisa menjadi tantangan utama bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Oleh karena itu agar tidak tergoda dengan makanan-makanan tersebut, lebih baik kamu rencanakan dahulu menu makanan sejak sehari sebelumnya. Lebih baik pilih makanan berserat dan protein tinggi, seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, dan kacang-kacangan.

  1. Mengatur Porsi Makanan

5 tips mengatur waktu dan porsi makan menurut ahli gizi

Pastikan kamu makan dalam porsi yang seimbang. Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa. Cobalah untuk mengatur porsi makanan dengan menggunakan piring kecil atau mangkuk yang kecil. Hal ini akan membantu kamu dalam mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi.

Jika masih merasa lapar setelah makan, sebaiknya kamu menunggu beberapa saat sebelum mengisi piring lagi. Dalam beberapa kasus, tubuh memerlukan waktu untuk menerima sinyal kenyang

  1. Perbanyak Minum Air Putih

5ce370fcb6930 berdampak buruk kurangi minum air putih saat sahur 1265 711 1

Saat berpuasa, kamu tidak bisa minum pada siang hari sampai waktu berbuka. Akan tetapi kamu tetap bisa menjaga kebutuhan air selama puasa, dengan menggunakan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas air putih saat makan malam, dan 2 gelas air putih saat sahur.

Dilansir dari laman Times of India, menjaga cairan dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit tubuh sehingga mengurangi masuknya asam dalam tubuh yang disebabkan karena puasa sepanjang hari.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

B300529 Cover Olahraga Ringan saat Berpuasa

Bulan puasa bukan menjadi penghalang untuk berolahraga. Agar tidak lemas, sebaiknya pilih  olahragaringan, misalnya seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Tetap aktif selama puasa akan membantu kamu dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menjaga berat badan tetap stabil.

  1. Jaga Pola Tidur Selama Berpuasa

dce765ccb5e9358cfeddbe8d2eba5bde scaled

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malamnya. Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan dan penurunan metabolisme tubuh. Tidur yang cukup akan membantu tubuh kamu dalam memulihkan energi dan mempertahankan berat badan yang stabil.

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.