Kamis , 25 April 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

10 Tips Mengatasi Rasa Ngantuk Saat di Tempat Kerja Ketika Sedang  Berpuasa

ngantuk 169

Madingmu.com – Nggak terasa bulan suci Ramadan telah tiba. Menahan diri untuk tidak makan dan minum merupakan tantangan umum yang biasa dirasakan oleh umat muslim selama bulan Ramadan.

Tapi ada pula lho kendala terbesar yang kerap dialami oleh kebanyakan orang saat berpuasa yaitu menahan rasa kantuk saat bekerja di siang hari. Hal itu terjadi lantaran waktu tidur yang berubah, dan harus bangun di waktu dini hari untuk menyantap sahur.

Jika dibiarkan, rasa kantuknya bisa sangat mengganggu, bahkan bisa menghambat pekerjaan dan mempengaruhi produktivitas harian. Apalagi pada jam-jam tertentu yang rentan terhadap serangan kantuk.

Lantas, bagaimana caranya agar tidak mengantuk di siang hari dan bisa tetap beraktivitas normal? dilansir dari laman CNN Indonesia, berikut ini beberapa tips mengatasi rasa kantuk di tempat kerja selama bulan puasa.

  1. Atur Waktu Tidur di Malam Hari

sleepy woman reaching holding alarm clock

Di bulan Ramadan, pastinya akan ada sedikit perubahan jam dan pola tidur dibandingkan dengan hari biasanya. Hal ini lantaran, kamu harus bangun dini hari untuk makan sahur.

Untuk menjaga kualitas tidur dan mencegah ngantuk datang di esok harinya, hindari tidur larut malam atau begadang. Kamu disarankan untuk tidur lebih cepat dari biasanya, dan bisa bangun saat sahur tanpa rasa malas dan terhindari dari rasa ngantuk saat di tempat kerja.

  1. Berwudhu

634f6ed2dd0b6 ilustrasi wudhu 1265 711

Salah satu cara ampuh dalam mengusir kantuk di siang hari ialah dengan berwudhu memakai air keran yang dingin. Aliran air yang membasuh wajah mampu membuat tubuh lebih segar dan rileks.

Dengan membasuh air di bagian lain seperti lengan dan kaki, ternyata juga bisa meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini mampu mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel dalam tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

764231B5 9B41 47B9 BB2C 0F476A88FC39

Makanan yang dikonsumsi saat sahur ternyata berpengaruh penting terhadap energi tubuh saat menjalani ibadah puasa, lho!

Pilihlah makanan sehat untuk menu sahur yang kaya akan nutrisi, karbohidrat kompleks, lemak sehat dan mineral. Disarankan untuk mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan telur. Pastikan juga cukup minum air putih agar dapat menghidrasi tubuh dan tidak kekurangan cairan selama berpuasa.

Kemudian sebaiknya hindari makanan tinggi garam, berlemak, dan digoreng. Jenis makanan tersebut bisa jadi salah satu alasan mengapa tubuh mudah terasa lemas dan mengantuk di siang hari.

  1. Mandi Air Dingin

230210140451 432

Memulai hari dengan mandi air dingin ternyata bisa lho membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat. Suhu air yang dingin dapat melancarkan sirkulasi darah dan memberikan energi pada tubuh untuk memulai aktivitas harian.

Untuk meningkatkan rasa segar, kamu bisa mengguyur bagian wajah terlebih dahulu dengan air dingin sebelum memulai mandi. Bisa dipastikan tubuh menjadi lebih segar dan mencegah rasa kantuk.

  1. Hindari Terlalu Banyak Diam

091311000 1587545159 close up photo of woman in yellow shirt 3761026 1

Niat hati ingin menyimpan energi saat sedang berpuasa dengan tidak banyak bergerak dan mengurangi aktivitas. Nyatanya, justru membuat tubuh terasa lebih lemas dan mengantuk.

Ada baiknya jika kamu jangan terlalu diam. Kamu bisa kembalikan energi dengan hal yang sederhana, seperti berbincang sejenak dengan rekan di tempat kerja. Carilah topik sederhana dan ringan yang menarik untuk dibahas, tapi bisa juga membahas soal kerjaan.

Dengan mengobrol bersama rekan kerja bisa membantu kamu mengalihkan perhatian dan mengurangi rasa ngantuk saat di kantor.

  1. Lakukan Peregangan

600e8c297d6ec

Duduk seharian di depan layar komputer dan kurang bergerak cenderung akan membuat seseorang lebih mudah dilanda rasa kantuk. Saat tanda-tanda mengantuk sudah mulai muncul, kamu bisa coba beristirahat sejenak dengan melakukan peregangan sederhana untuk melemaskan otot-otot agar tidak kaku.

Selain itu, kamu bisa berjalan selama beberapa menit sembari menghirup udara segar untuk mengembalikan energi agar semangat bekerja. Dengan cara seperti ini, aliran darah akan lancar dan dapat meningkatkan asupan oksigen ke otak sehingga mampu mengusir rasa ngantuk.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

olahraga ringan scaled 1

Meskipun sedang berpuasa, tidak ada alasan untuk malas dalam berolahraga. Pilihlah jenis olahraga dengan intensitas dan risiko yang lebih rendah seperti berjalan kaki atau yoga.

Gerakan sederhana yang dilakukan dapat meningkatkan sirkulasi darah, serta memberikan tambahan energi dan terhindar dari kantuk di tempat kerja. Kamu bisa menjadwalkan olahraga ke dalam rutinitas rutin selama Ramadan yang bisa dilakukan setelah sahur atau mendekati waktu buka puasa.

Dan jangan sampai tinggalkan salat ya karena setiap gerakannya ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

  1. Mencari Sinar Matahari

015731900 1605668925 kaitlin duffey WWCBW 3G5HI unsplash

Kurangnya pencahayaan di ruang kerja juga dapat menyebabkan rasa ngantuk saat berpuasa. Kondisi ruangan yang redup, mata dapat menangkap sinyal untuk segera istirahat dan tertidur.

Sebaiknya nyalakan lampu ruangan dengan pencahayaan yang cukup terang atau carilah sinar matahari langsung di luar ruangan. Selain dapat menghangatkan tubuh, sinar matahari juga dapat merileksasi tubuh dan meningkatkan semangat.

  1. Tidur Siang Sejenak

image 2

Menyiasati kantuk yang sudah tidak tertahankan lagi kamu bisa memanfaatkan jam istirahat makan siang untuk tidur sejenak. Tak perlu terlalu lama, cukup hanya 30 menit saja. Sebab, tidur terlalu lama juga malah bisa membuat tubuh menjadi terasa lebih lemas dan tidak bersemangat setelahnya.

Seorang spesialis penyakit dalam dan pakar gangguan tidur dari Amerika Serikat, dr. Barry Krakow, menyarankan untuk tidur selama 5-25 menit saja untuk tidur siang dan tubuh akan kembali berstamina

  1. Usahakan Tidak Tidur Setelah Sahur

Bahaya Tidur Setelah Sahur bagi Kesehatan 1200x675 1

Kebanyakan orang akan kembali tidur setelah makan sahur karena merasa masih ngantuk. Mulai sekarang, ada baiknya kebiasaan itu perlu dihindari karena akan berpengaruh pada produktivitas kamu.

Lebih baik dilanjutkan dengan kegiatan lainnya yang bermanfaat seperti salat subuh, olahraga ringan, atau bersih-bersih. Jadinya, kamu akan lebih produktif dan terhindar dari rasa kantuk saat berpuasa.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan40
Ruang Siswa153
Beasiswa280
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1373
Terpopuler1332
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.