Jumat , 19 Juli 2024
Editor's PickHeadlineLiterasi KeuanganTerpopuler

5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa Baru Agar Hemat Uang Bulanan

13 mengatur keuangan se 1698859233

Madingmu.com – Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa baru merupakan sebuah peralihan dari saat masih pelajar di sekolah menjadi mahasiswa. Apalagi, kamu harus tinggal sendiri jika kuliah di universitas yang berada di luar kota. Mau tidak mau, kamu harus belajar mandiri, mengatur kehidupanmu sendiri, termasuk dalam mengatur keuangan.

Jika kamu masih bingung bagaimana tips mengelola uang, baik untuk biaya sehari-hari ataupun untuk keperluan kuliah, 5 tips atur keuangan untuk mahasiswa baru ini bisa kamu terapkan, Simak infonya berikut ini.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tips Menetapkan Rencana Keuangan Jangka Panjang Bagi Para Freelancer!

  1. Membuat Anggaran

Dilansir dari laman India Todays, kamu bisa memulai dengan memahami sumber pemasukan keuangan, baik dari kiriman orang tua, pekerjaan paruh waktu, atau beasiswa. Kamu juga harus mencatat pengeluaran bulanan, termasuk biaya sekolah, makanan, transportasi, hingga kegiatan rekreasi.

Setelah itu, kamu bisa mengalokasikan jumlah pada setiap pengeluaran. Jangan lupa untuk memastikan total pengeluaran agar tidak melebihi dari pemasukan. Kamu harus bisa menyesuaikan kebiasaan pengeluaran uang belanja agar tetap sesuai anggaran.

  1. Mencatat Semua Pengeluaran

Meski terkadang malas untuk dilakukan, akan tetapi mencatat setiap pengeluaran sekecil apapun sangatlah penting. Kamu bisa menggunakan aplikasi pencatatan keuangan atau spreadsheet untuk melacak pengeluaran uang belanja.

Hal ini bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi pola pembelanjaan di bulan berikutnya dan kategori-kategori yang bisa dikurangi. Dengan mencatat pengeluaran, kamu juga akan jadi lebih sadar untuk tetap berhemat dan tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu.

Baca Juga: Menarik! Ternyata 5 Pekerjaan Ini Paling Laris Bagi Mahasiswa yang Sedang Kuliah di Korea Selatan

  1. Mempersiapkan Dana Darurat

Penting untuk selalu menyisihkan uang untuk dana darurat. Dana darurat menjadi pegangan untuk situasi yang tidak terduga misalnya biaya pengobatan. Kamu bisa simpan sebagian kecil dari sumber pemasukan, seiring waktu dana ini akan banyak dan memberi keamanan finansial dan ketenangan pikiran. Hidup tidak dapat diprediksi, dan memiliki dana darurat dapat memberikan jaring pengaman dalam situasi yang tidak terduga seperti biaya pengobatan atau perbaikan mobil.

  1. Manfaatkan Diskon Pelajar

Berdasarkan penelitian yang ditulis di laman Business and Industry, mahasiswa baru 18% lebih banyak memiliki pengeluaran lebih dibandingkan dengan mahasiswa lama. Oleh sebab itu kamu bisa mencari info merek yang memberikan diskon pelajar. Kamu akan mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah sehingga kamu bisa lebih menghemat uang bulanan.

  1. Menabung

Menabung juga bisa dilakukan sebagai cara dalam mengatur keuangan. Meski jumlahnya tidak besar, namun kamu bisa menentukan nominal yang pasti setiap bulan untuk menabung. Kamu akan merasa aman beberapa bulan kemudian ketika memiliki tabungan. Kamu juga bisa memikirkan anggaran pengeluaran yang harus dikurangi untuk menyisihkan sedikit tabungan.

Itu dia tips mengatur keuangan untuk mahasiswa baru. Jika kamu mempunyai cara tersendiri dalam mengatur keuanganmu share yuk sobat madingmu.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.