Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

Bosen Liburanmu Gitu-gitu Aja? 8 Ide Aktivitas Seru ini Bisa Kamu Lakukan!

liburan di masa pandemi

Madingmu.com – Bulan Mei ini kita punya banyak hari libur. Bagi sebagian besar orang, tentu saja hari libur menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi untuk kamu yang memiliki aktivitas dan kesibukan yang melelahkan.

Selain beristirahat sejenak, ada beberapa ide aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat liburan ini loh, Bahkan aktivitas ini bisa kamu lakukan tanpa harus mengunjungi pusat perbelanjaan atau mall yang pastinya akan penuh sesak saat liburan. Tunggu apa lagi, yuk lihat rekomendasinya!

  1. Gabung ke Silent Book Reading

Ide ini sangat cocok buat kamu yang ingin banget menuntaskan target baca. Pasalnya, dengan bergabung di kelompok silent book reading, kamu bisa baca buku bareng-bareng secara fokus sehingga kamu tidak mudah tergoda untuk menanggapi distraksi seperti mengecek media sosial, tiduran, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, dengan membaca buku bareng-bareng, kamu juga bisa bertemu dengan orang lain yang memiliki minat yang sama denganmu sekaligus menambah wawasan soal jenis-jenis buku lain yang dibawa oleh peserta silent book reading. Keuntungan tambahannya dengan ikut komunitas ini yaitu kamu hanya perlu baca buku saja dan tidak perlu untuk menceritakan isi bukunya langsung dengan peserta lainnya.

  1. Mengunjungi Museum

ca7fe026cbd83664acbae306b303c523 scaled

Siapa sangka museum juga bisa menjadi destinasi wisata yang cocok buat kamu kunjungi saat liburan ini? Sebelum berangkat, sebaiknya kamu lakukan riset terlebih dahulu, mulai dari lokasi museum di sekitarmu, cara membeli tiketnya, dan jam operasionalnya.

Museum adalah salah satu tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar tentang berbagai topik, contohnya seperti sejarah kemerdekaan atau sejarah dari tempat tersebut.

Bonusnya lagi, museum biasanya memiliki bangunan yang sangat terawat dan bersih, jadi cocok banget ‘kan untuk tempat foto-foto bareng teman sambil belajar hal-hal baru?

  1. Journaling

67E1532A 8B2F 4339 9301 6F0F637D7E10

Akhir-akhir ini journaling juga kembali digemari banyak orang dan sering dibagikan hasil-hasil journaling tersebut di media sosial. Desain-desainnya yang cantik, colorful, dan menggunakan stiker yang memanjakan mata tentu membuatmu tergoda untuk membuatnya juga.

Nah, mumpung lagi liburan, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk journaling. Jangan khawatir harus beli stiker dengan jumlah banyak, soalnya kamu bisa memanfaatkan majalah-majalah bekasmu yang tak terpakai lagi di rumah untuk mendekorasi journalmu.

Isi journal ini juga bebas tergantung keinginanmu. Namun, agar kamu lebih terarah, kamu bisa menggunakan beberapa tema berbeda setiap minggunya. Tidak hanya bikin kamu makin kreatif, journaling juga akan membuatmu jadi lebih mindful, tenang, menuangkan isi hati, dan membantumu memahami diri sendiri dengan lebih baik.

  1. Crocheting

directly above view of woman hands holding crochet hook and crocheting with ribbon yarn 1249259826 c0645bc7105d4af886a1ac0fd3ea87ff

Buat kamu yang sering scrolling media sosial seperti X atau Instagram, tentu sering melihat beberapa akun yang membagikan aktivitas crocheting. Yup, aktivitas ini ternyata lagi tren nih, Beauties.

Selain mengasah kreativitas, aktivitas crocheting juga membantumu untuk lebih mindful, menenangkan pikiran, sekaligus meredakan kecanduan kamu untuk terus scrolling di media sosial.

Kalau kamu bosan crocheting di dalam kamar, kamu juga bisa melakukannya di teras rumah, taman dekat rumah, atau bahkan di kafe bareng-bareng sama teman-teman. Seru banget kan?

  1. Membuat Collage Menggunakan Majalah Bekas

059828200 1547123531 headline

Collage adalah suatu teknik membuat karya seni visual yang menggunakan berbagai bahan dengan berbagai bentuk dan warna yang nanti akan membuat suatu karya yang indah dan cantik.

Selain itu, membuat karya collage juga bisa digunakan sebagai art therapy bagi kamu yang mungkin masih takut untuk membuat suatu karya seni. Untuk membuat karya collage, kamu hanya memerlukan majalah yang sudah tidak terpakai, gunting, dan lem.

Kamu bisa menyusun berbagai warna, bentuk, dan material lalu digabung dengan beberapa kalimat atau kata yang diambil dari majalah untuk menggambarkan perasaan yang sedang ingin kamu bagikan.

Membuat collage juga bisa dilakukan bersama teman-temanmu loh. Kamu bisa kumpul bareng dengan sahabat terdekatmu, membuat collage dengan tema atau isu tertentu, misalnya global warming, climate change, fast fashion, dan sebagainya.

  1. Berlatih Memasak

cicipi sebelum dihidangkan

Memasak adalah keterampilan hidup yang penting untuk kamu kuasai. Jika di hari biasa kamu selalu beralasan tidak punya waktu untuk mulai belajar memasak, maka masa liburan seperti ini tidak boleh kamu lewatkan untuk mencoba berlatih. Kamu bisa mulai dengan resep sederhana seperti membuat masakan untuk sarapan.

Selain itu, kamu juga bisa mulai mencoba beberapa masakan sederhana seperti sayur sop, sayur bayam, dan aneka masakan dengan bahan utama telur. Jika kamu merasa bosan untuk belajar sendiri, kamu bisa mengajak saudara yang dekat denganmu atau sahabatmu yang pintar memasak agar proses belajarmu semakin seru.

  1. Berkebun

0a3accd17d060f87eaff7ba6d9bacc85

Selain membakar kalori, menyehatkan tubuh dan membersihkan paru-paru karena bisa bernapas lebih dalam langsung di luar rumah, berkebun juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan kecemasan yang sedang kamu alami. Oleh karena itu, berkebun jadi aktivitas yang sangat tepat buat kamu di liburan ini.

Kamu bahkan tidak perlu untuk membeli biji atau benih. Kamu hanya perlu mengumpulkan biji-bijian dari buah atau sayuran yang biasa kamu konsumsi, cuci lalu keringkan, dan tanam di wadah yang sudah diberi tanah.

Tidak hanya menyehatkan, dengan berkebun kamu juga bisa segera meraih hasilnya sehingga tidak perlu lagi beli buah atau sayur di pasar. Win-win solution, ‘kan?

  1. Piknik ke Taman

B600071 Cover sejarah hari piknik sedunia

Di saat liburan tentu pusat perbelanjaan penuh dengan banyak orang. Ada yang ingin menonton film, belanja, menikmati kuliner baru, atau untuk hangout bersama teman-teman.

Namun, jika kamu merasa bosan atau malas kesulitan mencari parkir di mall, kamu bisa mencoba untuk berkumpul bersama teman-teman atau sahabat di taman. Di taman kamu bisa membawa board games atau permainan kartu truth or dare untuk membantumu mengenali sahabat dengan lebih baik.

Selain itu, kamu dan teman-teman juga bisa membawa berbagai jenis makanan yang nanti bisa dimakan bareng-bareng saat di taman nanti.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.