Rabu , 19 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Sungai Terbesar di Indonesia yang Dinamai Sesuai Asal Daerahnya

916815529

Madingmu.com – Indonesia memiliki banyak sekali sungai yang mengalir dari Sabang sampai Merauke. Namun, berikut ini adalah sungai-sungai yang paling panjang dan terkenal!

1. Sungai Kapuas

61e2b92a18c20

Dengan panjang 1.143 kilometer, sungai ini merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Kalimantan dan Indonesia. Sungai Kapuas merupakan salah satu sungai permanen di Indonesia, yang berarti debit air tahunannya konstan.

Sungai yang terletak di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat ini juga dikenal dengan nama Sungai Kapuas Buhang atau Sungai Batang Laue. Wilayah Kapuas Hulu inilah yang memunculkan istilah Kapuas. Sungai Batang Lawai adalah sebutan yang ingin diberikan oleh Kesultanan Banjar.

Hal ini dikarenakan, sebelum mengalir ke wilayah Pontianak, sungai ini juga melintasi wilayah Kabupaten Melawi.

Sekitar 700 jenis ikan yang berbeda memiliki habitat alami di sungai yang panjang dan luas ini. Ikan-ikan ini termasuk beberapa spesies yang tidak umum dan terancam punah. Banyak penduduk setempat yang masih menangkap ikan dengan tangan di sungai ini.

Selain ikan, Sungai Kapuas juga terkenal dengan deposit emasnya. Karena itu, ada penambangan emas di sekitar sungai ini. Sangat disayangkan bahwa air sungai telah terkontaminasi. Di sekitar Sungai Kapuas sebenarnya masih terdapat pepohonan yang menghijau.

Tahukah Anda bahwa Kalimantan Tengah juga merupakan rumah bagi Sungai Kapuas? Sungai di wilayah ini bermuara di Laut Jawa dan memiliki panjang sekitar 610 kilometer.

Baca Juga : Julukan Kota-Kota Di Indonesia, Apa Julukan Kotamu?

2. Sungai Mamberamo

sungai mamberamo papua

Sungai Mamberamo di Papua adalah sungai besar kedua di Indonesia. Dengan hulu di Pegunungan Jayawijaya dan bermuara di Samudera Pasifik, sungai ini memiliki panjang sekitar 1.102 kilometer.

Nama sungai ini berasal dari bahasa Dani, yaitu dari kata mambe (besar) dan ramo (air). Julukan sungai ini berasal dari fakta bahwa sungai ini memiliki aliran air tertinggi di Indonesia.

Kedalamannya sekitar antara 8 hingga 33 meter dan menjadi rumah berbagai jenis tanaman dan hewan dapat ditemukan di hutan di dekatnya.

Masuk akal jika sungai terluas di Indonesia ini dijuluki sebagai “Amazon-nya Indonesia”.

Beberapa suku terpencil mendiami lembah Sungai Mamberamo. Mereka juga mendapatkan makanan mereka dari sungai.

Pemerintah Indonesia pernah berniat membangun proyek pembangkit listrik tenaga air di daerah sungai ini pada tahun 1998. Namun, inisiatif tersebut tidak jadi dilaksanakan.

Sungai Mamberamo adalah salah satu sungai di dunia yang tidak terpengaruh oleh aktivitas manusia.

Baca Juga : Pandawara Group! Lima Sekawan Pahlawan Kebersihan

3. Sungai Barito

569903da6fe72ae78c31b27dd47df807

Selain itu, Sungai Barito, yang berada di Kalimantan Selatan, adalah salah satu sungai terbesar di Indonesia. Sungai ini membentang sepanjang 1.090 kilometer. Sungai ini berasal dari Pegunungan Schwaner, dan Laut Jawa menjadi muaranya.

Kedalamannya mencapai 8 meter, dan lebarnya berkisar antara 650 hingga 1.000 meter. Setelah Sungai Mamberamo, sungai ini juga merupakan sungai terlebar kedua di Indonesia.

Sungai Negara dan Sungai Martapura adalah dua anak sungai utama dari sungai ini, yang terbagi menjadi beberapa anak sungai yang lebih kecil.

Sungai Amandi, Sungai Tapi, Sungai Berabai, Sungai Batang Alai, Sungai Balangan, dan anak-anak sungai lainnya adalah beberapa di antara sekian banyak anak sungai yang membentuk Sungai Negara.

Baca Juga : Apakah Gelato Sudah Pasti Halal? Kamu Wajib Tahu

4. Sungai Mahakam

541b2637 4002 4a61 94bb e19d04f5b95d 169

Sering dengar Pesut Mahakam? Disinilah rumahnya! Sungai Mahakam adalah sungai besar berikutnya di Indonesia yang tidak jauh dari Kalimantan. Sungai ini melintasi Kalimantan Timur dan memiliki panjang sekitar 920 kilometer. Sungai ini membelah kota Samarinda menjadi dua bagian.

Sungai ini berfungsi sebagai sarana transit dan juga sumber mata pencaharian masyarakat sekitar, sama halnya dengan Sungai Kapuas. Bahkan, pesut Mahakam, salah satu jenis mamalia air tawar yang terancam punah, menjadikan sungai ini sebagai rumah.

Karena aktivitas di Sungai Mahakam mempengaruhi habitatnya, mamalia ini dianggap terancam punah. Udang dan ikan kecil yang menjadi sumber makanan utama mereka juga semakin sulit didapat karena masih banyak nelayan yang menangkapnya.

Selain sebagai habitat alami Pesut Mahakam, sungai ini juga menjadi habitat alami baru 147 spesies ikan dan 298 spesies burung. Beberapa di antara spesies tersebut merupakan hewan yang dilindungi karena juga terancam punah dan langka.

Baca Juga : 5 Trick Jago Public Speaking

5. Sungai Batanghari

BATANGHARI

Sungai Batanghari adalah sungai penting berikutnya di Indonesia, yang terletak di pulau Sumatera.

Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Sumatera Barat, membentang sepanjang 800 kilometer. Sungai ini memiliki lebar antara 300 hingga 500 meter. Sedangkan kedalaman maksimumnya adalah 7 meter.

Sumber hulunya adalah Gunung Rasan, dan Selat Malaka adalah tempat bermuaranya ke laut. Sungai-sungai lain, termasuk Batang Gumanting, Batang Bangko, dan Batang Momong, bermuara ke Sungai Batanghari.

Sungai ini, seperti halnya Sungai Kapuas, merupakan sumber emas dan sering ditambang. Itulah sebabnya penambangan emas di daerah sekitar sungai ini mulai menimbulkan kerusakan.

Sungai Batanghari dilaporkan muncul dalam catatan sejarah Kerajaan Melayu, yang merupakan kekuatan penting pada saat itu.

Pada saat itu, kerajaan Sriwijaya dan Dharmasraya mengembangkan pusat perdagangan yang sangat penting dan kuat di sepanjang hilir sungai ini.

Follow Juga : Instagram madingmu

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.