Senin , 24 Juni 2024
Editor's PickHeadlineHiburanTerpopuler

5 Pulau Unik Yang Bisa Kamu Temui di Indonesia

Pulau Samalona Mungil

Madingmu.com – Indonesia tidak hanya dikenal dengan pulau-pulaunya yang cantik dan eksotis. Ternyata ada beberapa pulau unik yang tak biasa tersebar dari Sabang sampai Marauke.

Bukan hanya bentuknya saja yang unik, pulau di Indonesia juga memilik keunikan yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Mulai dari pulau yang dihuni ratusan kucing, hingga pulau yang berbentuk menyerupai lumba-lumba.

Penasaran kan ada pulau apa saja, berikut ini 5 pulau unik yang bisa kamu temui di Indonesia.

  1. Pulau Lumba-lumba, Nusa Tenggara Timur

25a9892872f8c0ab2d7b87b68d14d4cf

Sesuai namanya, pulau ini memiliki bentuk menyerupai hewan menggemaskan dan tercerdas di Bumi, yaitu Lumba-lumba. Pulau Lumba-lumba merupakan sebuah pulau terumbu karang yang terletak di lepas pantai utara Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bentuk unik pulau ini akan sangat jelas jika kamu melihatnya dari ketinggian. Uniknya, di sekitar pulau ini juga dihuni oleh beberapa lumba-lumba, lho. Pas banget, kan, sama dengan namanya.

Bentuk pulau nya pun sangat indah dan hal ini mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara, sehingga pulau ini menduduki peringkat sepuluh besar pulau terunik di dunia.

Tidak hanya di Indonesia ternyata pulau berbentuk Lumba-lumba juga dapat ditemukan di Italia lho, yakni Li Galli.

  1. Pulau Dea-Dea, Sulawesi Barat

kucing

Pulau Kucing tidak hanya bisa kamu temukan di negara Jepang, ternyata bisa kamu temukan di indonesia juga lho, pulau ini terletak di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pulau ini Bernama Dea-Dea, pulau Dea-Dea dihuni oleh ratusan kucing yang menggemaskan.

Menariknya lagi, kucing benar-benar menjadi ‘penjaga’ pulau tersebut, karena bebas dari manusia. Pulau Dea-Dea menjadi surga bagi para kucing, karena semua kucing yang hidup di pulau ini hidup dan berkembang biak tanpa campur tangan manusia.

Gerombolan kucing ini memang sudah berkembang biak sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga setiap tahun populasinya terus meningkat.

  1. Pulau Kumala, Kalimantan Timur

Resizer 16967239842731

Nama pulau ini mungkin saja belum terlalu familiar di telinga kamu. Akan tetapi pulau yang terletak di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, ini memiliki keunikan yang tak akan kamu temukan di tempat lain, lho.

Bernama Pulau Kumala, pulau ini sangat unik karena hanya berisi wahana permainan. Layaknya di taman bermain seperti Ancol, di pulau ini pula kamu bisa menjumpai beragam wahana permainan, seperti jet coaster, bombom car, komedi putar, go-cart, kereta mini, hingga kereta gantung.

Menariknya lagi kamu juga bisa menemukan Sky Tower setinggi 75 meter, di mana kamu bisa melihat lanskap Kota Tenggarong dari ketinggian. Karena keunikannya itu, pulau ini dijuluki sebagai “Ancolnya” Kutai Kartanegara.

  1. Pulau Maratua, Kalimantan Timur

Maratua1 1200x675 1

Masih berada di Kalimantan Timur, kamu bisa menemukan pulau unik lainnya, yaitu Pulau Maratua. Terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, pulau ini memiliki bentuk yang unik. Apabila dilihat dari ketinggian, bentuk pulau ini mirip dengan tapal kuda.

Tak hanya itu, Pulau Maratua juga terkenal dengan keunikannya, yaitu memiliki pantai dalam dan pantai luar yang menjadi satu dalam area pulau. Selain keunikannya tersebut, Maratua yang masuk dalam gugusan Kepulauan Derawan juga terkenal akan keindahan bawah lautnya yang memukau.

Untuk mencapai pulau ini, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup lama, yaitu sekitar tujuh jam. Tiga jam perjalanan di daratan dan empat jam perjalanan di laut dari Kota Berau, Kalimantan Timur, menuju ke Maratua. Meski memakan waktu lama dalam perjalanan akan tetapi pulau Maratua selalu menjadi tempat pemberhentian bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Kepulauan Derawan.

  1. Pulau Satonda, Nusa Tenggara Barat

taman nasional moyo satonda ntb foto menlhkgoid 169

Pulau Satonda terletak di Desa Nangamiro, Kecamatan Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Pulau satonda terkenal dengan keunikannya, yakni memiliki danau yang airnya sangat asin, bahkan melebihi asinnya air laut lho. Danau di pulau ini terbentuk akibat dari letusan gunung api purba.

Ketika berkunjung ke danau ini, ada hal yang unik lagi, yaitu terdapat pohon batu harapan. Konon katanya batu-batu yang digantung pada pohon tersebut merupakan harapan-harapan dan doa dari para wisatawan yang berkunjung kesini.

Selain mitosnya yang unik tersebut, Pulau Satonda juga dikenal dengan keindahan bawah lautnya.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.