Rabu , 26 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Minuman Alami Bantu Turunkan Berat Badan, Cocok dijadikan Pendamping Diet

jus untuk diet 2

Madingmu.com – Cara utama untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur pola makan atau rutin olahraga. Selain itu kamu juga bisa menambah beberapa konsumsi makanan atau minuman pendamping diet untuk membantu menurunkan berat badan.

Selain dari usaha mengikuti metode dari diet tertentu, melakukan defisit kalori, sampai rutin olahraga, beberapa minuman alami juga dapat dijadikan pendamping diet yang aman dikonsumsi secara rutin. Bahan-bahan alami yang digunakan juga tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh saat dikonsumsi untuk jangka panjang.

Selain untuk menunjang program diet yang sedang kamu jalani, beberapa minuman alami berikut ini juga dapat dikonsumsi sebagai minuman herbal untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Jus Buah dan Sayuran

Menu sehat yang harus dimasukkan ke dalam daftar menu harian ialah jus buah dan sayuran. Hal ini juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang kurang suka mengkonsumsi buah dan sayur ketika dimakan secara langsung.

Dengan dijadikan jus kamu akan lebih mudah dalam mencerna buah dan sayuran dan mendapatkan berbagai manfaat baik dari kandungan vitamin, mineral, dan serat yang ada pada jus dan sayuran.

Kandungan serat pada buah dan sayur bisa membantu dalam memberi efek kenyang lebih lama pada perut. Sehingga dapat membantu mengurangi asupan kalori harian. Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung pada buah dan sayur juga berfungsi untuk meningkatkan kinerja organ tubuh dan menjaganya tetap berfungsi dengan baik.

Beberapa buah dan sayur yang sering dijadikan menu diet adalah alpukat, pisang seledri, mentimun bayam, dll. Kamu juga bisa mengkreasikan dengan mencampur beberapa buah dan sayuran untuk dijadikan jus.

  1. Teh Hijau

Teh hijau sudah sangat sering digunakan sebagai minuman pelangsing alami. Kandungan antioksidan pada teh hijau yang tinggi dapat berfungsi untuk membantu meningkatkan metabolisme serta proses pembakaran lemak pada tubuh.

Kandungan lain yang sangat bermanfaat untuk mendukung program diet adalah kandungan polifenol yang ada dalam teh hijau. Polifenol ini berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus yang akan membantu memecah lemak tubuh.

Cara menyajikannya yaitu kamu cukup menyeduh teh hijau tanpa gula dengan air hangat. Jika tidak terlalu suka rasa pahit yang dihasilkan dari teh hijau, kamu bisa menggunakan madu atau stevia untuk pengganti gula.

Kamu bisa mengkonsumsi teh hijau satu kali dalam sehari. Mengkonsumsi teh hijau di pagi hari atau sebelum tidur sangat bagus untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

  1. Air Kelapa

air kelapa sering sekali dijadikan sebagai minuman pengganti ion tubuh. Air kelapa asli yang tanpa ada campuran apapun memang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Kandungan elektrolit pada air kelapa juga dapat membantu untuk menghidrasi tubuh. Dan sangat cocok untuk diminum saat tubuh merasa lelah atau setelah kehilangan banyak cairan.

Air kelapa pun cocok dijadikan sebagai minuman pendamping saat diet karena mengandung rendah kalori. Kandungan air kelapa juga dapat menurunkan kadar lemak dan kolesterol pada tubuh. Air kelapa juga mengandung magnesium yang bantu menstabilkan kadar gula darah sehingga dapat menurunkan resiko penyakit obesitas dan diabetes.

  1. Infused Water

Infused water adalah minuman sehat alami yang di buat menggunakan manfaat dari sari buah. Cara pembuatannya pun sangat mudah, kamu bisa menggunakan buah-buahan seperti lemon, jeruk nipis, timun dan daun mint yang dipotong tipis kemudian dimasukkan ke dalam wadah berisi air putih.

Agar infus water lebih segar kamu bisa menggunakan air dingin atau menaruhnya di dalam kulkas sebelum diminum. Diamkan selama kurang lebih 2 sampai 3 jam agar sari buah keluar dan menyatu dengan dalam air.

Karena bahan dasar utamanya adalah air putih dan buah-buahan maka aman untuk dikonsumsi kapanpun. Manfaat air putih dan vitamin serta mineral yang terkandung dalam buah-buahan memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Rutin mengkonsumsi infused water terbukti dapat membantu menurunkan berat badan, daripada ketika tidak mengkonsumsi infused water.

Baca Juga : Manfaat Jus Timun Bisa Turunkan Berat Badan Secara Cepat, dan Simak Cara Membuatnya

  1. Jamu Herbal

Sejak zaman dahulu Manfaat ramuan jamu herbal tradisional sudah dipercaya memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya adalah dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Beberapa jenis rempah yang biasa dijadikan jamu untuk menurunkan berat badan adalah jahe dan kunyit. Keduanya bahan ini mengandung zat besi dan fosfor yang sangat dibutuhkan tubuh.

Kandungan zat besi dan fosfor berfungsi untuk memecah protein dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Fungsi utama dari zat besi sendiri adalah untuk membantu proses pembakaran lemak dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Semua minuman pendamping alami di atas memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Minuman ini juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.