Selasa , 23 April 2024
Editor's PickHeadlineKilas PendidikanTerpopuler

4 Tahapan Persiapan Daftar Kuliah di LN, Untuk Siswa Kelas 10 Bisa Mulai dari Sekarang

young students sitting studying outdoors while talking

Madingmu.com – Pendaftaran kuliah di luar negeri cukup berbeda dengan di Indonesia. Jika kamu berminat untuk mendaftar kuliah di luar negeri, ada beberapa tahapan yang perlu kamu pahami terlebih dahulu.

Hampir setiap negara di dunia memiliki sistem masuk kuliah yang berbeda-beda. Sistem pendaftaran di Indonesia akan berbeda dengan Amerika ataupun Inggris. Di Amerika dan di Inggris, siswa perlu mengikuti tes bernama Scholastic Aptitude Test atau SAT. Tes ini menguji kemampuan matematika dan literasi siswa dengan rentang skor 400-1.600.

Selain SAT, kamu juga perlu menyiapkan International English Language Testing System (IELTS) atau Test of English as a Foreign Language (TOEFL) yang merupakan tes kemampuan bahasa Inggris.

Meskipun memiliki syarat yang berbeda dengan di Indonesia, bukan berarti mustahil untuk mengejar pendidikan ke luar negeri. Menurut Kezia Auralya dari lembaga persiapan studi luar negeri, Schoters, ia membeberkan tahapan mendaftar kuliah di luar negeri. Simak berikut ini :

Panduan Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

  1. Waktu Memulai

Persiapan untuk berkuliah di luar negeri bisa kamu mulai sedini mungkin. Jika kamu sudah menduduki bangku SMA, kamu bisa menyiapkan pendaftaran sejak di kelas 10.

Di kelas 10 atau kelas 11, kamu bisa mendulang berbagai macam prestasi. Kezia mengungkapkan bahwa jika kampus di Amerika mempertimbangkan kegiatan sosial dan organisasi.

“Kegiatan sosial sangat penting,” ujarnya dalam Times Higher Education (THE) Talk Global Study Fair Jakarta, di Pullman Central Park, Jakarta, Minggu (29/10/2023).

  1. Cek Waktu Pendaftaran

Kampus di Amerika membuka pendaftaran di akhir tahun, yaitu bulan Agustus hingga Desember. Berbeda dengan kampus yang ada di Indonesia yang membuka pendaftaran pada awal tahun.

  1. Siapkan Syarat-syarat

Pada umumnya, kampus di Amerika dan Inggris memiliki lima syarat umum, yaitu IELTS/TOEFL, SAT, esai, interview, dan kurikulum. Apabila kamu memiliki kurikulum yang berbeda dengan standar yang ditetapkan kampus, kamu bisa meminta sekolah untuk mengkonversi nilai.

  1. Buat Esai

Kuliah di luar negeri juga mensyaratkan esai. Esai memiliki empat unsur penting, yaitu profil diri, alasan memilih kampus dan negara, alasan memilih jurusan, dan rencana jangka panjang. Dari esai tersebut kampus bisa mengenal kandidat lebih dalam termasuk kepribadian dan motivasi nya.

Menurut Kezia “Itu empat poin besar yang harusnya ditulis saat menulis esai, khususnya motivation letter,”.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan213
Literasi Keuangan38
Ruang Siswa153
Beasiswa278
School lifehack146
Hiburan203
Editor's Pick1363
Terpopuler1320
Opini10
Serba Serbi570

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.