Jumat , 21 Juni 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

5 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Membuat Rambut Kamu Rontok!

013543600 1625126603 rear view combing healthy long straight female hair isolated gray 231208 1619

Madingmu.com –  Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang mempengaruhi penampilan kita. Akan tetapi rambut kita bisa saja mengalami kerusakan dan kerontokan akibat banyak faktor, seperti stres, pola makan, penyakit, produk rambut, dan lain-lain.

Apakah kamu tahu bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata juga berdampak buruk pada rambut kita? Ini dia beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari agar rambut kamu tetap sehat dan tebal!

  1. Menggosok Rambut dengan Handuk

shutterstock 1498177856 79fca05ec751a0b5b5750d448fd45f3b

Menggosok rambut dengan handuk setelah mandi adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang, hal ini di anggap bisa membuat rambut cepat kering. Padahal, hal ini bisa merusak kutikula rambut dan membuatnya kusut dan rapuh.

Kutikula rambut adalah lapisan luar yang melindungi rambut dari kerusakan. Jika kutikula rambut rusak, rambut akan mudah patah dan rontok. Untuk mengeringkan rambut, sebaiknya tekan-tekan rambut dengan handuk secara lembut, atau biarkan rambut kering secara alami.

  1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

050943200 1580292604 Mengikat Rambut Terlalu Kencang dan Lama Bikin Sakit Kepala shutterstock 591373067

Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat rambut tertarik dan putus. Hal ini bisa merusak folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut baru.

Selain itu, mengikat rambut terlalu kencang juga bisa menyebabkan sakit kepala, ketegangan otot, dan luka pada kulit kepala. Jika kamu suka mengikat rambut, sebaiknya gunakan ikat rambut yang halus dan longgar.

  1. Menyisir Rambut Basah

menyisir rambut 1636949831 11 2021

Rambut basah adalah rambut yang paling mudah terkena kerusakan. Rambut basah lebih mudah tertarik, melar, dan putus saat disisir. Jika kamu menyisir rambut basah, kamu akan menarik rambut dari akarnya dan menyebabkan rambut rontok.

Cara terbaik yaitu tunggu sampai rambut setengah kering atau benar-benar kering sebelum menyisirnya. Jika kamu harus menyisir rambut basah, gunakan sisir bergigi jarang dan mulai dari ujung rambut.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Kurang Bergizi

056656600 1512727609 487077896

Makanan yang kamu konsumsi juga mempengaruhi kesehatan rambut kamu. Rambut memerlukan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, rambut kamu akan kekurangan zat-zat penting, seperti protein, zat besi, vitamin, dan mineral. Hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi lemah, tipis, dan rontok.

Untuk menjaga kesehatan rambut, sebaiknya konsumsi makanan yang seimbang dan bervariasi, yang mengandung protein, zat besi, vitamin A, B, C, D, E, dan biotin.

  1. Menggunakan Alat Styling Panas

young pretty woman holding hair dryer straightening isolated white scaled 1

Menggunakan alat styling panas, seperti catokan, blow dryer, atau curling iron, bisa memberikan efek yang cantik pada rambut, tetapi juga bisa merusak rambut jika digunakan terlalu sering atau terlalu lama. Panas yang berasal dari alat-alat tersebut bisa mengurangi kelembapan rambut dan membuatnya kering, kusam, dan rapuh.

Panas juga bisa merusak protein rambut, yang merupakan komponen penting untuk kesehatan rambut. Jika kamu ingin menggunakan alat styling panas, sebaiknya gunakan produk pelindung panas, atur suhu yang rendah, dan jangan menempelkan alat pada rambut terlalu lama.

Follow Juga : Instagram madingmu 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.