Selasa , 5 Maret 2024
Editor's PickHeadlineSerba SerbiTerpopuler

17 Makanan Khas Jawa Barat Paling Favorit, No.5 Banyak Peminatnya!

151 makanan khas jawa timur

Madingmu.com –  Jawa Barat dikenal sebagai salah satu wilayah dengan jumlah destinasi wisata alamnya yang menakjubkan. Gak cuma itu lho, banyak pula pilihan kuliner nikmat dan sedap sebagai daya tariknya.

Kalau berencana liburan ke Tanah Pasundan, pastikan kamu mencicipi kuliner khasnya. Nah, berikut 17 makanan khas Jawa Barat yang wajib kamu coba.

  1. Nasi timbel

Nasi timbel terbuat dari beras bagolo atau beras merah dan dimasak dengan daun pisang. Penggunaan daun pisang, membuat aroma nasi timbel begitu sedap. Dalam penyajiannya  nasi timbel, umumnya terdapat daging, tahu, dan sambal.

  1. Karedok

Karedok dinilai sangat unik. Makanan ini terdiri dari beragam sayuran yang disajikan mentah dengan siraman saus kacang.

  1. Batagor

Batagor adalah kependekan dari bakso tahu goreng. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri dan biasa dinikmati dengan bumbu kacang yang legit.

  1. Surabi

Surabi paling enak dinikmati selagi hangat. Kudapan ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan tungku, lalu disajikan dengan kuah kinca.

  1. Seblak

Seblak rasanya pedas dan gurih. Makanan khas Jawa Barat ini terbuat dari kerupuk basah yang dimasak bersama ceker, bakso, macaroni, dan sayuran. Bumbu khasnya ada kencur, bawang merah, dan cabai rawit.

  1. Peuyeum

Peuyeum sangat terkenal di Bandung. Makanan ini terbuat dari ketela yang difermentasi dengan cita rasa manis dan asam. Kamu bisa memakannya langsung atau digoreng.

  1. Nasi tutug oncom

Nasi tutug oncom terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng. Bisa dinikmati dengan ayam goreng, tahu, tempe, dan lalapan.

  1. Ayam bakakak

Ayam bakakak terbuat dari ayam yang diberi bumbu khas Sunda. Cara membuatnya, dipanggang sampai matang, lalu disajikan dengan sambal merah atau hijau.

  1. Cuanki

Cuanki sebetulnya mirip bakso khas Malang. Bedanya, ada tambahan aci di dalamnya sehingga kenyal saat dikunyah. Dijamin menggoyang lidah banget.

  1. Mi kocok

Mi kocok sangat terkenal, bahkan selalu dicari wisatawan saat ke Bandung. Isiannya berupa mi kuning, taoge, bakso, dan kikil yang disiram kuah kaldu sapi.

  1. Lotek khas Bandung

Penampakan lotek sekilas mirip nasi pencel khas Jawa Timur. Namun, jika diperhatikan bumbunya berbeda.

Bumbu lotek memakai terasi, bawang putih, dan kencur. Dalam pembuatannya, sayuran yang telah direbusdiulek bersama bumbu kacang. Agar lebih lengkap, lotek kerap disajikan dengan bala-bala atau makanan sejenis bakwan.

  1. Cireng

Makanan khas Jawa Barat selanjutnya adalah cireng atau aci digoreng. Bahan utamanya adalah tepung kanji yang dicampur air dan diberi bumbu. Bila sudah jadi adonan, barulah cireng digoreng garing. Rasanya gurih dengan sensasi garing diluar dan lembut di dalam.

  1. Combro

Kalau pernah coba jemblem khas Jawa Timur, kira-kira begitulah tampilan combro. Bedanya, combro berisi tumis oncom sehingga terasa gurih. Sementara itu, jemblem diisi gula aren yang manis. Bahan dasar kedua adalah singkong parut yang dibentuk lonjong, diberi isian, lalu digoreng.

  1. Dorokdok

Dorokdok merupakan camilan renyah khas Jawa Barat. Snack ini terbuat dari kulit sapi yang diris tipis, dikeringkan, digoreng, lalu diberi bumbu penyedap. Rasanya gurih dan bertekstur garing. Siapkan air saat menikmati dorokdok, sebab camilan ini bisa membuat tenggorokan kering.

  1. Cimol

Lanjut, ada cimol, kudapan populer khas Jawa Barat yang banyak disukai anak-anak. Camilan ini berasal dari kanji yang dibulatkan dan digoreng kering. Ukurannya kecil sehingga dapat dimakan sekali suap. Biasanya, cimol disajikan hangat bersama bubuk cabai agar enak.

  1. Tahu Sumedang

Berbeda dari tahu umumnya, tahu Sumedang mempunyai rasa cenderung gurih, gak berisi, dan bertekstur lembut meski digoreng kering. Selain enak dijadikan camilan, makanan khas Jawa Barat ini juga pas untuk lauk pendamping nasi.

  1. Rengginang

Terakhir, ada rengginang, makanan khas Jawa Barat yang berasal dari ketan. Bentuknya pipih dengan cita rasa gurih manis. Teksturnya rengginang renyah dan garing sehingga cocok dijadikan lauk nasi. Rengginang banyak dijumpai di pusat oleh-oleh makanan tradisional, ya.

Itulah beberapa makanan khas Jawa Barat yang paling populer dan favorit. Mana yang jadi favoritmu?

Follow Juga : Instagram madingmu 

 

 

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori Konten

Kilas Pendidikan212
Literasi Keuangan34
Ruang Siswa140
Beasiswa234
School lifehack134
Hiburan184
Editor's Pick1150
Terpopuler1109
Opini10
Serba Serbi473

Subscribe MadingMu

Dapatkan informasi terupdate dari MadingMu




madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia.
Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

madingmu-white

Madingmu adalah portal digital ajang kreasi dan edukasi anak muda Indonesia. Dibangun oleh PT Madingmu Sukses Bersama sebagai inisiasi kolaborasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.